Hubungan Sense of Humor Guru dalam Mengajar di Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa di Sma Negeri 1 Sangatta Utara

Hafzah Hafzah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara selera humor guru dalam pengajaran di kelas dengan motivasi belajar siswa di SMA 1 Sengata Utara. Penelitian terdiri dari dua variabel, variabel dependen dan variabel bebas Motivasi, Sense of Humor. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala rasa humor guru dan skala motivasi belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sengata Utara sebanyak 91 dengan menggunakan metode simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik adalah korelasi product moment (korelasi product moment). Penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara selera humor dengan motivasi siswa dengan r = 0443 dan p = 0.000.

Full Text:

PDF

References


Apte, M. L. (2002). Humor and Laughter: An anthropological approach (4th ed.). London: Cornell University Press.

Brophy, J. (2004). Motivating Students to Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Charles, C. M., & Senter, G. W (2005). Elementary classroom management (4th ed). USA: Pearson Education Inc.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2004). Educational psychology: Windows on classroom. New Jersey: Person Education.

Elliott, S., & Littlefield, J. (1995). Educational psychology: Effective teaching, effective learning. New York: McGraw-Hill.

Hadis, A. (2006). Psikologi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh motivasi belajar dan kegiatan belajar siswa terhadap kecakapan hidup siswa. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2 (1), 12-16.

Martin, R. A. (2001). Humor, Laughter, and Physical Health: Methodological issues and reseach finding. Psychological Bulletin, 127, 504-519.

Nilsen, D. L. F., & Ellison, R. (2000). Humor in Twentieth century British Literature: A Reference Guide. United States: Greenwood Publishing Group.

Pintrich, P. R (2003). Motivation and Classroom Learning. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Pralina, A. (2005). Hubungan Antara Sense of Humor dengan Penyesuaian Diri di Asrama pada Remaja Kelas I SMA Pangudi Luhur van Lint Muntilan (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Sanata Dharma, Yogyakar-ta.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2004). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sarwono, W. S. (2011). Psikologi Remaja (Edisi Revisi Cetakan 14). Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thorson, J. A., & Powell, F. (2004). Successful Beginnings for College Teaching: Engaging Your Students from The First Day. Journal Atwood Publishing, 2 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i4.3516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id