Kecemasan dan Problem Focused Ibu Hamil dalam Menjelang Persalinan Anak Per-tama di Loa Kulu Kalimantan Timur

Auni Marhama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kecemasan dan problem focused coping wanita hamil sebelum melahirkan anak pertama. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah empat anak pertama ibu hamil dengan kategori tujuh sampai sembilan bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan empat subjek mengalami beberapa kecemasan sebelum melahirkan anak pertamanya, perasaan mereka mengalami suka suasana hati yang tidak menentu yang disebabkan oleh emosi tidak stabil, ketegangan, perasaan tidak aman dan konflik yang dialami oleh dirinya sendiri. Subjek untuk menemukan solusi dari masalah itu dengan manajemen kecemasan yang disebut coping. Salah satu dari coping ini adalah coping yang berfokus pada masalah yang memiliki aspek-aspek seperti keaktifan diri, perencanaan, kesabaran, pengendalian diri dan dukungan sosial untuk in-strumental. Jadi, gambaran umum dari subjek menunjukkan bahwa kecemasan yang dialami selama kehamilan dapat diselesaikan dengan pemecahan masalah secara langsung.

Full Text:

PDF

References


Arief, N. (2008). Kehamilan dan Kelahiran Sehat. Yogyakarta: Dianloka.

Carver, C. S., Scheier, M. F., & Meintraub, J. K. (1989). Assessing Coping Strategies: Theori-cally Based Approach. Journal of Personality and Social Psychology. 56 (2), 267-283.

Dariyo, A. (1998). Kepercayaan Diri dan Kecema-san Menghadapi Kelahiran Bayi Pada Per-empuan Hamil Pertama. Jurnal Ilmiah Psikologi. ARKHE, (5), 105-114.

Folkman, S. (1984). Personal control and stress and coping processes: a theoretical analysis. Jour-nal of personality and social psychology, 46 (4), 839.

Folkman, S., & Lazarus, R. S. (1985). If it changes it must be a process: study of emotion and coping during three stages of a college exam-ination. Journal of personality and social psy-chology, 48 (1), 150.

Kartono, K. (2008). Ganguan-Gangguan Psikis. Bandung: Sinar Baru

Koncara, E. L. (2009). Perubahan Psikologis Pada Masa kehamilan. Diakses 8 Maret 2013, dari http://www.scribd.com/doc/14440500/perubahan-psikologis-pada-masa kehamilan.

Kushartanti, W., Soekamti, E. R., & Sriwahyuniati, C. F. (2004). Senam hamil: menyamankan ke-hamilan, mempermudah persalinan. Yogya-karta: Lintang Pustaka.

Mandriwati, G. A. (2008). Penuntun belajar asuhan kebidanan ibu hamil. Jakarta: EGC.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualita-tive Data Analysis. (terjemahan Tjetjep Ro-hendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif eds. Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Stuart, G. W., & Sudden, S. J. (1995). Buku saku keperawatan jiwa Edisi Ke-3 (terjemahan Achir Yani S Hamid). Jakarta: EGC.

Taylor, S. E. (1995). Health Psychology (3th ed). New York: McGraw-Hill Inc.

Wulandari, P. Y. (2006). Efektivitas senam hamil sebagai pelayanan prenatal dalam menurunk-an kecemasan menghadapi persalinan per-tama. INSAV, 8 (2), 144.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i3.3327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id