Hubungan Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi dengan Kualitas Pelayanan Karyawan

Ayumi Marwiastri

Abstract


Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) adalah Perusahaan Listrik Negara, yang mendapat sorotan publik pada kualitas layanan karyawan yang menurun dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disiplin Tenaga Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kualitas Layanan Karyawan. Penelitian ini terdiri dari variabel dependen, yaitu kualitas layanan karyawan, dan dua variabel independen, yaitu disiplin kerja dan budaya organisasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan PT. PLN Persero Samarin-da yang berjumlah 63 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kualitas Layanan Karyawan dengan F = 0,816, = 0,026, dan p = 0,044. Kemudian hasil regresi bertahap menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara disiplin kerja dan kualitas layanan karyawan dengan beta = 0,001, t = 0,005, p = 0,099. Maka budaya atau kualitas layanan tidak ada korelasi dengan beta = -0,163 t = -1,235 p = 0221.

Full Text:

PDF

References


Alwi, S. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Keunggulan Kompetitif (Edisi Per-tama), Yogyakarta: BPFE.

Arief. (2007). Pemasaran Jasa dan Kualitas Pela-yanan, Malang: Bayu Media Publishing

Beal, R. M. (2000). Competing effectively: envi-ronmental scanning, competitive strategy, and organizational performance in small manufac-turing firms. Journal of small business man-agement, 38 (1), 27.

Buku Pedoman Perilaku. (2010). Jakarta: PLN (Persero)

Burke, M. J., Chan-Serafin, S., Salvador, R., Smith, A., & Sarpy, S. A. (2008). The role of national culture and organizational climate in safety training effectiveness. European journal of work and organizational psychology, 17 (1), 133-152.

Djaenuri, A. (2007). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Institut Ilmu Pemerintahan.

Hadi, S. (2000). Metodologi Research (Jilid I). Yogyakarta: Andi Offset.

Handoko, T. H. (2004). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, S. P. (2004). Manajemen sumber daya manusia (edisi revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jaworski, B. J., & Kohli, A. K. (1996). Market ori-entation: review, refinement, and roadmap. Journal of Market-Focused Management, 1 (2), 119-135.

Kristiadi, J. (2008). Demokrasi dan Etika Bernega-ra. Yogyakarta: Impulse.

Laksmi. (2011). Budaya Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mangkunegara, A. A. P. (2000). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar, A. S. (2001). Psikologi industri dan or-ganisasi, Jakarta: UI Press

Nitisemito, A. S. (2002). Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi ke-3). Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Pribadiyanto, N., & Mudiantoro. (2004). Analisi faktor-faktor orientasi pasar yang mempengaruhi kualitas layanan dan rele-vansinya terhadap kinerja perusahaan pada PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Wilayah Jawa Tengah. Jurnal Studi Manajemen Or-ganisasi, 1 (2), 50-60.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Offset.

Triguno, G. S. (2000). Budaya Kerja. Jakarta: PT Golden Terayon Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id