Burnout pada Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Samsuddin Samsuddin

Abstract


Terapis anak berkebutuhan khusus merupakan salah satu profesi yang rentan terhadap burnout. Tidak lain karena pekerjaan ini berkenaan dengan besarnya keterlibatan emosional yang dapat menimbulkan tekanan yang cukup besar dalam diri pemberi pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran burnout, terjadinya burnout, dan dampak burnout pada terapis anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang berusaha untuk menggambarkan atau melukiskan objek yang akan diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga terapis anak berkebutuhan khusus dengan kategori usia 20 hingga 30 dan empat orang informan terdiri dari orang tua klien dan rekan kerja terapis.Hasil dari penelitian ini secara umum dapat dilihat bahwa gambaran burnout subjek terdiri dari kelelahan emosional, penarikan diri dan rendahnya hasrat pencapaian prestasi diri. Adapun penyebab terjadinya burnout pada subjek meliputi karakteristik individu, lingkungan kerja, dan keterlibatan emosional dengan penerimaan pelayanan atau klien. Sedangkan dampak yang dialami mencakup, dampak pada diri sendiri, dampak pada orang lain dan dampak burnout mempengaruhi efektifitas dan efisiensi terapis.

Full Text:

PDF

References


Cresswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and re-search design: Choosing among five traditions. Thousand: SAGE Publications.

Greenberg, J., Baron, R. A., & Grover, R. A. (1993). Behavior in organizations: Understanding and managing the human side of work. New York: Prentice Hall

Gunarsa, S. D. (2004). Dari anak sampai usia lanjut: bunga rampai psikologi anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Gunarsa, S. D., & Gunarsa, N. S. D. (2008). Psikologi perawatan. Jakarta: Gunung Mulia.

Handojo, Y. (2002). Petunjuk praktis dan pedoman materi untuk mengajar anak normal, autis dan perilaku lain. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Leatz, C. A., & Stolar, M. W. (1993). When Works Gets to be Too Much, world Executives Digest. New York: McGraw Hill Companies

Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Depok: LPSP3 UI.

Maslach, C. (1998). A multidimensional theory of burnout. Theories of organizational stress. Oxford University Press.

Maslach, C., & Leiter, M. P. (2008). The truth about burnout: How organizations cause personal stress and what to do about it. San Francisco: John Wiley & Sons.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (terjemahan Tjetjep Ro-hendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Rema-ja Rosdakarya Offset.

Pastore, D. L., & Judd, M. R. (1993). Gender differences in burnout among coaches of women’s athletic teams at 2-year colleges. Sociology of sport Journal, 10 (2), 205-212.

Pines, A., & Aronson, E. (1989). Career Burnout: Causes and Cures, New York: The Free Press, A Division of Macmillan, Inc.

Rahman, U. (2007). Mengenal burnout pada guru. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 10 (2), 216-227.

Sihotang, I.. N. (2004). Burnout Pada Karyawan Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Lingkungan Kerja Psikologis Dan Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi, 1 (1), 9-17

Tarwaka, B. S. & Sudiajeng, L. (2004). Ergonomi untuk Kesehatan, Keselamatan Kerja & Produktivitas. Surakarta: Uniba Press.

Ubaydillah. (2008). Menangani Masalah Burnout di Tempat Kerja. Jakarta: Prestasi Pustakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id