Pembentukan Identitas Diri dan Gambaran Diri (Self Body Image) pada Remaja Putri Bertato di Samarinda

Uswatun Hasanah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pembentukan identitas diri dan citra diri pada remaja putri yang di tatto di samarinda. Subjek dalam penelitian ini adalah, gadis bertato di samarinda, sebanyak tiga orang, dengan usia kategori (15-18 tahun). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Data diambil dengan wawancara mendalam yang menggunakan identitas diri dan indikator variabel citra tubuh, data yang diambil dari penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, subjek dalam penelitian ini bahwa perempuan dengan tato memiliki citra diri positif, juga didukung oleh beberapa faktor identitas diri, yaitu genetik, subyektif, psikososial timbal balik dan status eksistensial. Yang mendukung gadis-gadis muda dengan tato memiliki citra diri yang positif.

Full Text:

PDF

References


Duffy, K. G., & Atwater, E. (2005). Psychology for living.Adjustment, growth, and behaviortoday (Eight edition). New Jersey: Prentice-Hall

Erikson, E. H. (1994). Identitas dan Siklus Hidup Manusia; Bunga Rampai (terjemahan Agus Cremers). Jakarta: PT. Gramedia.

Olong, H. A. K. (2006). Tato. LKIS Pelangi Aksara.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2005). Buku ajar fun-damental keperawatan: konsep, proses, dan praktik. Jakarta: EGC.

Sarwono, S. W. (2004). Psikologi remaja (Edisi ke-2). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Stuart, G. W., & Sundeen, S. J. (1997). Stuart and Sundeen's mental health nursing: Principles and practice. Elsevier Health Sciences.

Schwartz, D. J., Phares, V., Tantleff‐Dunn, S., & Thompson, J. K. (1999). Body image, psycho-logical functioning, and parental feedback re-garding physical appearance. International Journal of Eating Disorders, 25(3), 339-343.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id