Kecerdasan Emosi dan Penyesuaian Diri pada Remaja Awal di Panti Asuhan Uswatun Hasanah Samarinda

Lusiawati Lusiawati

Abstract


Remaja selalu dianggap sebagai usia yang masih tidak stabil dan mudah dipengaruhi oleh lingkungan mereka. Ada beberapa kebutuhan psikologis di dalamnya, terutama yang tinggal di panti asuhan. Mereka diharapkan dapat mengembangkan kepribadian yang sehat, karena selama mereka tinggal di panti asuhan mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk mendukung perkembangan mental mereka. Sedemikian rupa, mereka dapat mempertahankan kecerdasan emosional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kecerdasan emosional remaja dan penyesuaian diri mereka selama mereka tinggal di panti asuhan. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan dan menggambarkan subjek yang akan diteliti berdasarkan hasil wawancara mendalam. Ada empat Subjek dalam penelitian ini. Mereka remaja yang tinggal di panti asuhan. Hasil penelitian adalah bahwa subjek yang mampu beradaptasi dengan perilaku persepsi realitas, kemampuan untuk menangani stres dan kecemasan, serta citra diri yang positif akan memiliki kecerdasan emosi yang positif pula. Ditunjukkan oleh manajemen perilaku mereka dan kontrol emosi yang baik, mampu berpikir positif ketika dihadapkan pada situasi yang kurang menyenangkan, mudah beradaptasi dan mampu membina hubungan interpersonal yang baik dengan, peka terhadap perasaan diri dan orang lain sehingga penyesuaian diri itu dapat berjalan dengan baik, sedangkan subjek yang mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri, ditunjukkan oleh perilaku pemahaman yang buruk dari perasaan yang dirasakan. Jika ada masalah, subjek cenderung diam dan ketika dihadapkan pada situasi yang tidak nyaman, subjek menjadi bosan. Dalam interaksi sehari-hari mereka di panti asuhan, subjek tampaknya tidak memiliki rasa percaya diri sehingga menciptakan hubungan interpersonal yang buruk dengan orang lain.

Full Text:

PDF

References


Bahaudin, T. (1999). Brainware Management: Gen-erasi Kelima Manajemen Manusia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Elias, J., Tobias, S. E., & Friediander, B. S. (2002). Cara-Cara Efektif Mengasah EQ Remaja (Mengasuh dengan cinta, canda dan disiplin). Bandung: Kaifa.

Extremera, N., & Fernández-Berrocal, P. (2006). Emotional intelligence as predictor of mental, social, and physical health in university stu-dents. The

Spanish journal of psychology, 9 (1), 45-51.

Gerungan, W. A. (1996). Psikologi Sosial. Bandung. Eresco.

Goleman, D. (1999). Emotional Intelligence. Jakar-ta: PT. Gramedia.

Hall, L. E., Haggerty, D. J., Cooper, J. T., Golden, C. J., & Dornheim, L. (1998). Development and validation of a measure of emotional in-telligence. Personality and individual differ-ences, 25, 167-177.

Halonen. J. (1997). Human Adjustment. Medison Brown & Benchmark.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Ke-hidupan (terjemahan Istiwidayanti). Jakarta: Erlangga.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. (terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Mönks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2006). Psikologi perkembangan: pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: UGM Press.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development. McGraw-Hill.

Pemerintah Indonesia. (2002). Undang-undang Re-publik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 ten-tang Perlindungan Anak. Lembaran Negara RI Tahun 2002. Sekretariat Negara.

Runyon, R.P., & Haber, A. (1984). Psychology of Adjustment. Illinois: The Dorsey Press.

Sahuleka, J. M. (1977). Panti Asuhan sebagai Suatu Lingkungan bagi Perkembangan Anak. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Indo-nesia, Jakarta.

Schneiders, A. A. (1964). Personal Adjustment and Mental Health. New York: Holt, Reinhart & Winston Inc.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkem-bangan Remaja. Edisi 6 (terjemahan

Shinto B. Adelar & Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2007). Remaja. Jilid 2 Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id