Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda

Endang Dwi Astuti

Abstract


Setiap rumah tangga memiliki kebutuhannya sendiri, dimana kebutuhan ini memiliki fungsi dan manfaatnya. Pembelian barang yang tidak berdasarkan kebutuhan tidak terlalu baik untuk kebutuhan rumah tangga. Artikel ini menceritakan tentang perilaku konsumen dalam membeli barang pada ibu rumah tangga di Samarinda. Mengumpulkan beberapa informasi dengan menggunakan wawancara dan observasi sesuai dengan pendekatan kualitatif. Data kemudian dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman. Dari penelitian, ada beberapa data yang ditemukan dari empat mata pelajaran. Subjek-subjek ini umumnya melakukan pembelian barang berdasarkan model yang menarik, diikuti dengan pembelian tanpa perencanaan; membeli barang berdasarkan pertimbangan harga dan tidak menguntungkan, membeli barang mahal akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi, membeli barang yang sama dengan merek yang berbeda, membeli barang untuk menjaga penampilan pribadi, serta membeli barang untuk menjaga simbol status.

Full Text:

PDF

References


Anshori, D. S., Kosasih, E., & Sarimaya, F. (1997). Membincangkan Feminisme: Refleksi Mus-limah Atas Peran Sosial Kaum Wanita. Ban-dung: Pustaka Hidayah.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan psikologi kon-sumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nina, F. & Koentjoro. (2009). Keranjingan Ber-belanja pada Wanita Bekerja. Jurnal. 7 (1). 48-57.

Firdausi, W. (2010). Pengaruh Absensi Ibu dalam Keluarga terhadap Kenakalan Remaja di Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang

Frankel, L. (2006). Nice Girls Don’t Get Rich 75 Kesalahan Perempuan dalam Mengelola Uang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fromm, E. (1994). Escape from freedom. Macmil-lan.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyal-itas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kholilah, K. (2008). Perilaku konsumtif masyarakat pengunjung pasar kaget di Wisata Belanja Tugu Gajayana Malang (Doctoral disserta-tion). Universitas Islam Negeri Maulana Ma-lik Ibrahim, Malang.

Kusuma, A. R., & Afdliah, R. (2019). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Maha-siswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 17-30.

Majalah Cita Cinta. (2012). Kartu Kredit Memuas-kan Nafsu Belanja Saya. Jakarta: PT. Bina Fa-vorit Press.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualita-tive Data Analysis (terjemahan Tjetjep Ro-hendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif eds. Revisi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya Offset.

Sadat, A. M. (2009). Brand Belief Strategi Mem-bangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.

Saebani, B. A. (2008). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sumartono., & Djabar, H. B. (2002). Terperangkap dalam iklan: meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Alfabeta.

Tanuwidjaja, W. (2008). 8 Intisari Kecerdasan Fi-nansial. Yogyakarta: Media Pressindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id