Kecemasan dan Strategi Coping Istri yang Menjadi Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga di Samarinda

Setya Ninik Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kecemasan apa saja yang dialami oleh seorang istri menghadapi kekerasan dalam rumah tangga dan strategi coping apa yang dilakukan istri terhadap tindak kekerasan dalam rumah tangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sedangkan subjek penelitian ini adalah tiga sukarelawan ibu rumah tangga yang berdomisili di Samarinda dengan proses pengambilan data dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa subjek peneliti yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangganya baik secara fisik dan psikis mengalami kecemsan kategori tingkat tinggi. Subjek penelitian yang mengalami kecemasan dapat dilihat dari gejala-gejala yang nampak seperti gejala psikis yakni gugup, rasa tidak tenang, khawatir yang berlebihan, takut, tidak nyaman, merasa terancam dan gejala fisik yakni jantung berdetak kuat, sering berkeringat dingin, pusing, gemetar mual dan pucat. Secara keseluruhan proses yang dialami sebagian besar subjek penelitian dalam mengahadapi kecemasannya yaitu dengan membangun fungsi ego yang lebih dominan sehingga, pemilihan strategi coping menjadi lebih efektif, subjek menggunakan kedua bentuk strategi coping yaitu problem focused coping (PFC) dan emotion focused coping (EFC) yang disesuaikan dengan masalah yang ada, dua dari tiga subjek peneliti mengambil tindakan seperti subjek memutuskan bertahan dalam rumah tangganya dengan lebih mengambil nilai-nilai positif, sedangkan satu dari ketiga subjek lebih menginginkan untuk bercerai dari suaminya, dengan pertimbangan-pertimbangan yang melatarbelakangi keputusan tersebut ialah, suami jarang pulang sehingga subjek merasa tidak terdapat kejelasan status perkawinannya lagi dan tidak dinafkahi lahir batin lagi.

Full Text:

PDF

References


Carver, C. S., Scheier, M. F., & Weintraub, J. K. (2005). Assessing coping strategies: a theoretically based approach. Journal of personality and social psychology, 56 (2), 267-283.

Chaplin, J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. (terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Balai Pustaka.

Durand, V. M., & Barlow, D. H. (2006). Intisari psikologi abnormal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Folkman, S., Lazarus, R. S., Gruen, R. J., & DeLongis, A. (1986). Appraisal, coping, health status, and psychological symptoms. Journal of personality and social psychology, 50 (3), 571-579

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1991). Stress, Appraisal and Coping. New York: Spinger Publishing Company, Inc.

Lubis, N. (2010). Melawan Rasa Takut. Yogyakarta: Gara Ilmu.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif eds. Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. (terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Nurhayati, S. R. (2005). Atribusi kekerasan dalam rumah tangga, kesadaran terhadap kesetaraan gender, dan strategi menghadapi masalah pada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga. Jurnal Psikologi, 32 (1).

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development. McGraw-Hill.

Rahardjo, W. (2007). Penganiayaan Emosional Dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga: Sebuah Potret Buram Kehidupan Berkeluarga. Jurnal Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Rasmun, N. M., & Kep, M. (2004). Stres, Koping Dan Adaptasi. Jakarta: CV Sagung Seto.

Semiun, Y. (2006). Kesehatan mental 2. Yogyakarta: Kanisius.

Safaria, T. (2005). Autisme: pemahaman baru untuk hidup bermakna bagi orang tua. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Edisi 6 (terjemahan Shinto B. Adelar & Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i1.3280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id