Does Hardiness Act as A Mediator in The Relationship between Social Support and Academic Stress?
Abstract
Final-year students often experience high academic pressure, especially during the process of writing their thesis. In such situations, social support and hardiness are important factors that can help students manage academic stress. This study aims to examine the effect of social support on academic stress with hardiness as a mediating variable among students who are currently writing their thesis at Universitas Medan Area. This research employed a quantitative method using the Structural Equation Modeling (SEM) approach based on Partial Least Squares (PLS). The sample consisted of 250 students selected through purposive sampling. The instruments used were the adapted versions of the Academic Stress Scale (ASS), the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), and the Revised Academic Hardiness Scale (RAHS). The results showed that social support had a negative effect on academic stress (β = -0.318, p < 0.05), hardiness had a negative effect on academic stress (β = -0.496, p < 0.05), and social support had a positive effect on hardiness (β = 0.440, p < 0.05).
Mahasiswa tingkat akhir menghadapi tekanan akademik yang tinggi terutama saat menyusun skripsi. Dalam situasi tersebut dukungan sosial dan hardiness menjadi faktor penting yang dapat membantu mahasiswa mengelola stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik dengan hardiness sebagai variabel mediasi pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Medan Area. Penelitian ini diterapkan dengan metode kuantitatif menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS). Jumlah sampel sebanyak 250 mahasiswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari Academic Stress Scale (ASS), Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), dan Revised Academic Hardiness Scale (RAHS) yang telah diadaptasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial berpengaruh negatif terhadap stres akademik (β = -0.318, p < 0.05), hardiness berpengaruh negatif terhadap stres akademik (β = -0.496, p < 0.05), dan dukungan sosial berpengaruh positif terhadap hardiness (β = 0.440, p < 0.05). Selain itu, hardiness terbukti memediasi secara signifikan hubungan antara dukungan sosial dan stres akademik (β = -0.218, p < 0.05). Temuan ini menegaskan bahwa dukungan sosial dan hardiness memainkan peran penting dalam menurunkan tingkat stres akademik mahasiswa tingkat akhir.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Abdollahi, A., Abu Talib, M., Yaacob, S. N., & Ismail, Z. (2015). The Role of Hardiness in Decreasing Stress and Suicidal Ideation in a Sample of Undergraduate Students. Journal of Humanistic Psychology, 55(2), 202–222. https://doi.org/10.1177/0022167814543952
Agustin, S. I., Dimala, C. P., & Wulandari, C. R. (2023). Can Self-Efficacy Serve as a Mediator Variable of Hardiness to Cheating Behavior in College Students? Apakah Efikasi Diri Dapat Berperan sebagai Variabel Mediator Dari Hardiness terhadap Perilaku Menyontek pada Mahasiswa? Jurnal Imiah Psikologi, 11(2), 247–253. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i2
Akbari, R., & Khalatbari, A. (2025). The Mediating Role of Perceived Social Support and Mindfulness in the Relationship Between Psychological Hardiness and Distress Tolerance Among Students. Journal of Adolescent and Youth Psychological Studies, 6(2), 79–89. https://doi.org/10.61838/kman.jayps.6.2.10
Amelia, T., Yanti, A. R., & Farouk, E. (2023). Peran Dukungan Sosial Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(2), 330–334. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/index
Anggraeni, A. D., & Hidayati, D. S. (2024). Dukungan sosial teman sebaya dan resiliensi dengan stres akademik pada mahasiswa rantau tahun pertama. Cognicia. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/cognicia/article/view/29740
Angreani, S. (2020). Lingkungan Kerja dan Dukungan Sosial Terhadap Kejenuhan Kerja. Jurnal Imiah Psikologi, 8, 441–450. https://doi.org/10.30872/psikoborneo
Apriliana, D. N. (2021). Strategi Koping dan Stres Akademik Mahasiswa Dalam Melaksanakan Kuliah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Imiah Psikologi, 9(1), 89–96. https://doi.org/10.30872/psikoborneo
Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi selama pandemi covid 19. Character Jurnal Penelitian Psikologi. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/39116
Azizah, L. N. (2016). Hubungan Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi UIN Malang Angkatan 2015. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Azwar. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar.
Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: The Perception of Academic Stress Scale. In Health Psychology Open (Vol. 2, Issue 2). SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.1177/2055102915596714
Creed, P. A., Conlon, E. G., & Dhaliwal, K. (2013). Revisiting the Academic Hardiness Scale: Revision and Revalidation. Journal of Career Assessment, 21(4), 537–554. https://doi.org/10.1177/1069072712475285
Danu, L., Takaeb, A. E. L., & Toy, S. M. (2024). Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Kesehatan Masyarakat UNDANA. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah …. https://journal.literasisains.id/index.php/sehatmas/article/view/3526
Dewi, R. P. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dengan Pengambilan Keputusan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. InSight, 19(2).
Elik, H., Gustaf Tupen Ama, R., & Nenitriana Bete, R. S. (2024). Dukungan Sosial Orang Tua, Hardiness Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. 5(1), 304–313. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Ernawati, L., & Rusmawati Lilis. (2015). Dukungan sosial Orang tua dan Stres Akademik Pada Siswa SMK Yang Menggunakan Kurikulum 2013. Jurnal Empati, 4(4), 26–31.
Goff, A. M. (2009). Stressors, academic performance, and learned resourcefulness in baccalaureate nursing students. ProQuest Dissertations Publishing.
Hair et all. (2021). Classroom Companion: Business Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R AAWorkbook.
Hamzah, R., Kunci, K., & Kuliah, B. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59–67.
Hariaty, Elita, V., & Dilaluri, A. (2023). Gambaran Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP), 11.
Hasbi, & Alwi. (2022). Kontribusi Dukungan Sosial terhadap Hardiness pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. In Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa (Vol. 2, Issue 2).
Hayati, & Wibawanti. (2022). The Influence Of Hardiness Personality And Coping Strategies On Burnout In Workers During The Covid-19 Pandemic. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/PsikologiKreatifInovatif/issue/archive38
Imami, Y. U., Novasyra, A., Utami, N., Alamsyah Lubis, I., & Artikel B S T R A K, H. A. (2022). STRESS LEVELS OF STUDENTS FACULTY MEDICINE ISLAMIC UNIVERSITY NORTH SUMATRA BATCH 2021 DURING COVID-19 PANDEMIC. https://jurnal.fk.uisu.ac.id/index.php/stm
Iri’, Y. K., Setyorini, T. D., & Lekahena, F. (2024). Hardiness as a Predictor of Job Readiness in Final Year Students. Jurnal Imiah Psikologi, 12(2), 152–157. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i2
Kamtsios, S., & Karagiannopoulou, E. (2015). Exploring relationships between academic hardiness and academic sterssors in university undergraduates. https://www.researchgate.net/publication/272447155
Kuntari, R. D., Satriadi, S., & Septiani, M. I. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Hardiness Terhadap Stress Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Perkuliahan Online Saat Pandemi. Arjwa: Jurnal Psikologi, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.35760/arjwa.2023.v2i2.7713
Kurnia, A., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Hardiness dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Imiah Psikologi, 9(3), 657–666. https://doi.org/10.30872/psikoborneo
Kurniawati, W., & Setyaningsih, R. (2022). Manajemen Stress Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi.
Martinez, A. A., Latorre, A. A., Masluk, B., Santos, G. S., Calavera, M. A. S., & Recio, R. (2023). Social support as a mediator in the relationship between technostress or academic stress and health: analysis by gender among university students. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1236825
Musabiq, S. A., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress Dan Dampaknya Pada Mahasiswa Description Of Stress And Its Impact On Students. InSight, 20(2).
permenristekdikti_nomor_44_tahun_2015_snpt. (n.d.).
Pertiwi, D., Ardiansyah Sembiring, M., Latiffani, C., Sistem Informasi, P., & Royal Kisaran, S. (2023). JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi PENGARUH APLIKASI DIAGNOSA STRES AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE HYBRID BAGI MAHASISWA STMIK ROYAL. 3(2), 81–88. https://doi.org/10.33330/jutsi.v3i2.2220
Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Jurnal Imiah Psikologi, 8, 738–749. https://doi.org/10.30872/psikoborneo
Purnasari, K. D., & Abdullah, S. M. (2018). Harga Diri Dan Kematangan Karier Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Self Esteem And Career Maturity In Final-Year Undergraduate Students. InSight, 20(1). https://student.cnnindonesia.com/edukasi,
Putri, S. A., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Taruna Tingkat Ii Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. In Jurnal Empati, Oktober (Vol. 6, Issue 4).
Rachman, A., & Indriana, Y. (2015). Hardiness Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Ditinjau Dari Tingkat Optimisme.
Ramdhani, & et all. (2018). Psikolgi Untuk Indonesia Tangguh dan Bahagia. Gadjah Mada university Press.
Risana, & Kustanti. (2020). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Departemen Teknik Sipil Universitas Diponegoro. In Jurnal Empati (Vol. 9, Issue 5).
Said, N., Puspitasari Sari, I., Maritho Lauchan, A., Sheillawany, A., Resita, A., Febrian, A., & Aisyahfira Wijaya, A. (2024). Hubungan Tingkat Stress Dan Eating Disorder Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa Akhir.
Sarajar, D. (2016). Pengaruh Pelatihan Self-Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. In InSight (Vol. 18, Issue 2).
Sarifah, S., & Edwina, N. T. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Disiplin Kuliah Dengan Minat Mengikuti Kuliah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta. InSight, 17(2).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Sulistiani, W., Fajrianthi, & Febrian, K. I. (2022). Validation Of The Indonesian Version Of The Multidimensional Scale Of Perceived Social Support (Mspss): A Rasch Model Approach. In Jurnal Psikologi (Vol. 21, Issue 1).
Yuda, M. P., Mawarti, I., & Mutmainnah, M. (2023). Gambaran tingkat stres akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. repository.unja.ac.id. https://repository.unja.ac.id/52106/
Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165 Journal. https://jpsy165.org/ojs/index.php/jpsy165/article/view/84
Zamroni. (2015). Prevalensi Stres Akademik Mahasiswa. 12(2), 51–57.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v13i3.21419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ni’matir Rafika Ma’sum, Siti Aisyah, Nina Siti Salmaniah Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id