The Dynamics of Family Background and Bullying Behavior among Senior High School Students in the Era of the Merdeka Curriculum
Abstract
Bullying remains one of the recurring issues in school environments and requires attention in the implementation of the Merdeka Curriculum. This study aims to analyze the influence of family background on bullying behavior among high school students in Samarinda. A descriptive mixed-method approach was employed, with data collected through observation, questionnaires, and interviews. The research was conducted from January to May 2024 in four schools: SMAN 16, SMA Budi Luhur, SMAN 3, and SMK Negeri 14 Samarinda. The findings show that most students come from intact families, with percentages ranging from 70.4% to 93.7%. Nevertheless, bullying behaviors were still identified, including pushing peers (3.7%–32.9%), mocking with derogatory nicknames (14.8%–34.2%), and engaging in physical violence (2.8%–10.5%). These results indicate that family background is not the dominant factor influencing students’ bullying behavior. This study implies the need for more comprehensive prevention strategies involving schools, families, and the social environment to create a safe learning climate while simultaneously strengthening students’ character education.
Bullying masih menjadi salah satu permasalahan yang sering muncul di lingkungan sekolah dan perlu mendapat perhatian dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh latar belakang keluarga terhadap perilaku bullying pada pelajar SMA di kota Samarinda. Penelitian menggunakan pendekatan pendekatan mix methode yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Kegiatan Penelitian dilakukan pada Januari-Mei 2024 di empat sekolah, yaitu SMAN 16, SMA Budi Luhur, SMAN 3 dan SMK Negeri 14 Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar siswa berasal dari keluarga lengkap dengan presentase 70,4% hingga 93,7%. Meskipun demikian, perilaku bullying tetap ditemukan, seperti mendorong teman (3,7%-32,9%), mengejek dengan julukan buruk (14,8%-34,2%), serta melakukan kekerasan fisik (2,8%-10,5%). Data ini menunjukkan bahwa latar belakang keluarga bukanlah factor dominan yang mempengaruhi perilaku bullying siswa. Penelitian ini berimplikasi pada perlunya strategi pencegahan yang lebih komprehensif dengan melibatkan sekolah, keluarga, dan lingkungan social dalam menciptakan iklim belajar yang aman sekaligus memperkuat Pendidikan karakter siswa.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
hmad, N. (2021). Analisis perilaku bullying antar siswa terhadap pembentukan karakter siswa di SDN Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , November, 150–173.
Aluf, W. Al. (2024). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Memperkuat Karakter pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1211–1223. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7275
Apriliana, A., & Utami, D. A. (2023). Hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan pada mahasiswa keperawatan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 11(1), 33–40.
Ayies Devin Seftian, Puri Haraz Alifia, Muhamad Rizaludin, & Zikri Fachrul Nurhadi. (2024). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian Sekolah. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 79–88. https://doi.org/10.54259/mukasi.v3i1.2406
Azahra, S. (2024). Implikasi Perubahan Kurikulum Pendidikan Nasional Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Prestasi Siswa. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(5), 319–326.
Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying pada Remaja Awal. Nursing News, 4(1), 54–66. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/download/1473/1047
Fyrza, Mariska, A. (2025). Pengembangan Media Layanan Informasi Berbasis Website untuk Pencegahan dan Pelaporan Perilaku Bullying pada Peserta Didik SMP. Jurnal BK UNESA, 15(1), 92–101.
Gustiani, I. S., Adelia, M. R., Ramdhan, S. S., & Nanda, H. (2025). Komunikasi Keluarga Dalam Membangun Kepercayaan Orangtua Terhadap Anak. KAMPRET Journal, 4(3), 103–108. https://www.plus62.isha.or.id/index.php/kampret/article/view/272/252
Hasanah, M. (2020). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 14–28. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.629
Hyoscyamina, D. E. (2012). PERAN KELUARGA DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK. Marine Mining, 9(1), 105–115.
Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 242. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228
Khikmatul, A., Fihayati, Z., Pd, S., Pd, M., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Sidoarjo, U. M. (2021). Pola Asuh Keluarga Dalam Pembentukan Karakter Pada. 1–11.
Liputan6. (2024, 3 September). Angka Kasus Perundungan di Samarinda Tinggi, Nasyiatul Aisyiah Tekankan Pencegahan. Liputan6.com. Diakses dari https://www.liputan6.com/regional/read/5690291/angka-kasus-perundungan-di-samarinda-tinggi-nasyiatul-aisyiah-tekankan-pencegahan?page=2
Manik, N. S. Z., Harahap, S. N. P., Ramadani, N., Chofillah, I., & Iqbal, M. (2024). Peran Keluarga dalam Pendidikan Moral pada Remaja. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 637–646. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.569
Mohan, T. A. M., & Bakar, A. Y. A. (2021). A systematic literature review on the effects of bullying at school. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(1), 35. https://doi.org/10.23916/08747011
Naim, A. A. (2024). Analisis Faktor Penyebab dan Dampak Psikososial Keluarga Broken Home terhadap Anak: Studi Literatur Perspektif Psikologi dan Komunikasi Keluarga. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 8(2), 159–171. https://doi.org/10.14421/skijier.2024.82.04
Nuraeni, N., Widiana, I. W., & Ratnaya, I. G. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya untuk Meminimalisir Bullying di Sekolah. Jurnal Paedagogy, 10(3), 919. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.8095
Olweus, D. (1996). Bullying at school. Knowledge base and an effective intervention program. Annals of the New York Academy of Sciences, 794(December 2006), 265–276. https://doi.org/10.1111/j.1749-6632.1996.tb32527.x
Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. (2025, 19 Agustus). 662 Kasus Kekerasan di Kaltim, Anak Jadi Korban Terbanyak. KaltimProv.go.id. Diakses dari https://www.kaltimprov.go.id/detailberita/662-kasus-kekerasan-di-kaltim-anak-jadi-korban-terbanyak
Purbasafir, T. (2024). Solution focused therapy : Penanganan permasalahan komunikasi orangtua dan remaja. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 12(1), 1–7. https://doi.org/10.22219/procedia.v12i1.29889
Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah : Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10, 24.
Putri, H. S., Febriana, B., & Setyowati, W. E. (2023). Hubungan Antara Peran Kelompok Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying (Korban) Pada Remaja The Correlation Between The Role Of Peer Group And Bullying Behavior (Victims) In Teenagers. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 05, 263–270.
Rachma, A. W. (2022). Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 10(2), 241. https://doi.org/10.20961/hpe.v10i2.62837
Rahmaniyah, K. R., Suhadianto, S., & Pratikto, H. (2020). Perilaku Bullying Pada Mahasiswa: Menelisik Pengaruh Harga Diri dan Konformitas. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(01), 1–9.
Riska, H. A., Krisnatuti, D., & Yuliati, L. N. (2018). Pengaruh Interaksi Remaja dengan Keluarga dan Teman serta Self-Esteem terhadap Perilaku Prososial Remaja Awal. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 206–218. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.206
Roini, S. (2018). Peran pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter pada anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 21–32. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2906
Sitanggang, F. Y., Hutabarat, E. M., Waruwu, T. A. S., & Batubara, A. (2024). Identifikasi Bentuk-Bentuk Perundungan Dan Tindakan Sekolah Dalam Penanganan Kasus Bullying Di Smp Negeri 14 Kota Medan. Indonesian Culture and Religion Issues, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/diksima.v1i2.12
Sugiharto, F. B., Widodo, W., Rozhana, K. M., & Mollu, P. B. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Karakter Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 95–102. https://doi.org/10.33366/ilg.v6i2.5033
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v13i4.21303
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Teguh Pribadi, Vila Wahyu Ardila Visyam, Nirza Pradana, Masitah, Syauqi Maulani Alamsyah, Nabila Ifada Putri, Ruqoyyah Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id