Reframing Happiness: The Effect of Mindfulness Practice on Adolescent Subjective Well-Being

Nisa’ul Azizah, Nadhirotul Laily

Abstract


Adolescents are a vulnerable age group who often experience various emotional and social pressures, making subjective well-being an important aspect to consider in supporting their development. One of the factors assumed to play a role in enhancing subjective well-being is mindfulness, defined as full awareness of the present moment without judgment. This study aimed to determine the influence of mindfulness on subjective well-being among adolescents. The method used was a quantitative correlational approach with simple regression analysis, involving 89 adolescents selected through saturated sampling technique. The instruments used included a mindfulness scale and a subjective well-being scale, both of which had been tested for validity and reliability. The results of the study showed that there was no significant influence between mindfulness and subjective well-being, indicated by a determination coefficient value of 0.0034 or a contribution of only 0.34%, as well as an F-test result that was lower than the F-table value. These findings indicated that other factors such as social support, self-esteem, or emotion regulation may play a more substantial role in shaping adolescents’ subjective well-being. The implication of this study highlighted the importance of developing adolescent well-being enhancement programs that not only focus on mindfulness but also consider psychosocial and environmental factors relevant to the adolescent developmental phase.

Remaja merupakan kelompok usia yang rentan mengalami berbagai tekanan emosional dan sosial sehingga kesejahteraan subjektif (subjective well-being) menjadi aspek penting untuk diperhatikan dalam mendukung perkembangan mereka. Salah satu faktor yang diduga berperan dalam meningkatkan subjective well-being adalah mindfulness atau kesadaran penuh terhadap momen saat ini tanpa penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mindfulness terhadap subjective well-being pada remaja. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan pendekatan regresi sederhana, melibatkan 89 remaja sebagai subjek penelitian yang dipilih melalui teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan meliputi skala mindfulness dan skala subjective well-being yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara mindfulness dan subjective well-being, ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,0034 atau kontribusi hanya 0,34% serta hasil uji F yang lebih kecil dari F tabel. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor lain seperti dukungan sosial, self-esteem, atau regulasi emosi mungkin lebih berperan dalam membentuk kesejahteraan subjektif remaja. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya mengembangkan program peningkatan kesejahteraan remaja yang tidak hanya berfokus pada mindfulness, tetapi juga memperhatikan faktor psikososial dan lingkungan yang relevan dengan fase perkembangan remaja.

Keywords


Adolescents; Mindfulness; Subjective Well-Being; Emotion Regulation; Social Support

Full Text:

FULL TEXT

References


Agustin, A., & Zuroida, A. (2022). Perilaku Memaafkan Dengan Subjective Well-Being Pada Wanita Bercerai. IDEA: Jurnal Psikologi, 6(2), 118–132.

Aminatun, S., & Suryani, N. (2020). Pengaruh mindfulness terhadap peningkatan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 45–60.

Angelina, P., & Christanti, D. (2021). Gambaran self esteem remaja perempuan yang merasa imperfect akibat body shaming. Gambaran Self Esteem Remaja Perempuan yang Merasa Imperfect Akibat Body Shaming, 9(2).

Baer, R., Smith, G., Hopkins, J., Krietemeyer, J., & Toney, L. (2011). Using self-report assessment methods to explore facets of mindfulness. Assessment, 13(1), 27–45.

Budianto, A. (2019). Mindfulness sebagai prediktor kesejahteraan subjektif pada remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 123–135.

Cahyani, D., & Setiawati, L. (2021). Peran mindfulness dalam meningkatkan kesejahteraan subjektif remaja di era digital. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 200–210.

Cash, T. F., & Smolak, L. (2011). Body Image: A Handbook of Science, Practice, and Prevention. Guilford Press.

Dalimunthe, H. A., & Sihombing, D. M. B. (2020). Hubungan penerimaan diri dengan kecenderungan narsistik pada mahasiswa pengguna Instagram di Universitas Medan Area. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 2(3).

Dewandari, B., & Putri, E. (2021). Pengaruh citra tubuh dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pada wanita dewasa awal di kota samarinda. Jurnal Psikologi, 9(2), 402–416.

Dewantara, I., & Hidayati, N. (2020). Efek latihan mindfulness terhadap kesejahteraan subjektif remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 150–160.

Dewi, I., & Wahyuni, A. (2019). Hubungan antara kepuasan citra tubuh dengan penerimaan diri pada mahasiswa di Universitas X. Jurnal Psikologi Indonesia, 14(1), 102–111.

Fardouly, J., Diedrichs, P. C., Vartanian, L. R., & Halliwell, E. (2015a). Social comparisons on social media: The impact of Facebook on young women’s body image concerns and mood. Body Image, 13, 38–45.

Febriani, R., & Rahmasari, D. (2022a). Hubungan antara body image dengan penerimaan diri pada remaja perempuan pengguna TikTok. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(4), 1–12.

Febriani, R., & Rahmasari, D. (2022b). Hubungan antara Body Image dengan Penerimaan Diri pada Remaja Perempuan Pengguna Tiktok. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(4), 1–13.

Firnando, J. , & Suhesty, A. (2024). Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa ditinjau dari impostor syndrome dan Ketangguhan Akademik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(2), 177–193.

Fitria, A., & Wulandari, S. (2020). Pengaruh program mindfulness terhadap peningkatan kesejahteraan subjektif remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 180–190.

Ginting, R., & Lestari, D. (2020). Hubungan antara mindfulness dan kesejahteraan subjektif pada siswa SMA. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(3), 210–220.

Hasmalawati, N. (2018a). Pengaruh citra tubuh dan perilaku makan terhadap penerimaan diri pada wanita. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(2), 1–13.

Herlina, S., & Pratiwi, D. (2019). Mindfulness sebagai faktor penentu kesejahteraan subjektif remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(3), 140–150.

Indriani, R., & Nugroho, A. (2021). Latihan mindfulness dan dampaknya terhadap kesejahteraan subjektif remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 200–210.

Islamiyah, N., Murdiana, S., & Ismail, I. (2023a). Body Image and Body Dysmorphic Disorder Tendency of Women Social Media Users. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(3), 1–14.

Istiowati, O., Setiyowati, E., Ramadhani, L., Yuliawati, Y., Nurdia, S., Amalia, F., & Safitri, D. (2023a). Hubungan citra tubuh dengan penyesuaian diri pada remaja di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Gizi, 1(1), 1–13.

Istiowati, O., Setiyowati, E., Ramadhani, L., Yuliawati, Y., Nurdia, S., Amalia, F., & Safitri, D. (2023b). Hubungan Citra Tubuh Dengan Penyeuaian Diri Pada Remaja Di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Gizi, 1(1), 1–13.

Kartika, D., & Suryani, P. (2019). Program mindfulness untuk meningkatkan kesejahteraan subjektif remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 160–170.

Khairani, A., Hannan, H., & Amalia, L. (2019a). Pengembangan alat ukur skala citra tubuh. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 14(2), 67–78.

Kumalasari, A., & Rahayu, M. (2019). Self Esteem dan Citra Tubuh Pada Wanita Dewasa Pasca Melahirkan. Jurnal Imiah Psikologi, 10(4), 15–27.

Kurniawan, F., & Setiawan, H. (2018). Peran citra tubuh dalam meningkatkan penerimaan diri pada mahasiswa dengan indeks massa tubuh berlebih. Psikodinamika: Jurnal Psikologi, 10(2), 135–148.

Lestari, H., & Fadilah, N. (2021). Mindfulness dan hubungannya dengan kesejahteraan subjektif pada remaja pengguna media sosial. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4), 190–200.

Pangerapan, R., Munayang, H., & Kairupan, B. (2022). Hubungan antara Aktivitas Fisik dan Depresi pada Remaja Sekolah Menengah Pertama. Medical Scope Journal, 5(1), 45–49.

Primasari, A., & Primasari, A. (2021). Enjoying Every Moment: Improving Adolescent’s Subjective Well-Being Through Adolescent Mindfulness Program. Journal of Professional Psychology , 7(2), 115–128.

Putri, N., & Pratama, R. (2020). Pengaruh citra tubuh terhadap harga diri dan penerimaan diri pada mahasiswa perempuan. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 21(3), 58–67.

Saputro, K. (2021). Memahami ciri-ciri dan tugas perkembangan remaja. Aplikasi: Aplikasi Jurnal Ilmu Keagamaan , 17(1), 25–32.

Sardi, S., Budianto, B., Pranata, J., & Suryanti, S. (2021). Penerapan Konseling Realita dan Mindfulness Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Siswa Broken Home. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 4(1), 19–30.

Sholichah, I., Laily, N., & Zahra, F. (2023). Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Remaja Karang Taruna Di Desa Cemer Lor Kabupaten Gresik. Room of Civil Society Developmen, 2(5), 194–201.

Sulistyowati, N., & Izzaty, R. (2021). Hope dan Subjective Well-Being pada Remaja yang Pernah Menjadi Korban Bullying. Acta Psychologia, 3(2), 105–110.

Waney, N., Kristinawati, W., & Setiawan, A. (2020). Mindfulness dan penerimaan diri pada remaja di era digital. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2), 22–35.

Waskito, P., Loekmono, J., & Dwikurnaningsih, Y. (2018). Hubungan antara mindfulness dengan kepuasan hidup mahasiswa bimbingan dan konseling. . . Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(3), 99–107.

Wulandari, A., & Yulia, R. (2022). Pengaruh Media Sosial terhadap Kepuasan Citra Tubuh dan Dampaknya pada Penerimaan Diri di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Psikologi Sosial, 12(1), 1–14.

Yani, W., Rahayu, M., & Khasanah, A. (2020). Mindfulness dan Subjective Well-Being pada Remaja Panti Asuhan. Prosiding Psikologi, 6(2), 634–640.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v13i2.19361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nisa’ul Azizah, Nadhirotul Laily

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id