Teachers' Work Stress in the Implementation of the Independent Curriculum: an Analysis of the Role of Self-Efficacy

Evelyn Airin, Sri Hartini, Justine Collin, Kathaleeya Theransq, Endang Indayani, Cempaka Putrie Dimala

Abstract


Work stress was one of the factors that could affect the effectiveness of educators in carrying out their duties. Self-efficacy, as an individual's belief in their own abilities, was often considered to reduce the negative impact of work stress. However, the results of this study indicated that the relationship between self-efficacy and work stress was complex and not always protective. This study aimed to analyze the relationship between self-efficacy and work stress among educators at Global Prima. The method used in this study was a quantitative approach with partial correlation techniques to determine the relationship between variables after controlling for other influencing factors. The research instrument used a Likert scale consisting of a work stress scale and a self-efficacy scale. The results showed a positive relationship between self-efficacy and work stress. These findings indicated that educators with high self-efficacy levels actually experienced higher levels of work stress. Partial correlation analysis showed that aspects of work stress and self-efficacy had varying relationships. The implications of this study suggested that increasing self-efficacy should be accompanied by effective stress management strategies to avoid increasing the psychological burden on educators.

Stres kerja merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi efektivitas tenaga pendidik dalam menjalankan tugasnya. Self-efficacy sebagai keyakinan individu terhadap kemampuannya sendiri sering dianggap dapat mengurangi dampak negatif dari stres kerja. Namun, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara self-efficacy dan stres kerja bersifat kompleks dan tidak selalu bersifat protektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self-efficacy dan stres kerja pada tenaga pendidik di Global Prima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi parsial untuk mengetahui hubungan antar variabel setelah mengontrol faktor lain yang berpengaruh. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert yang terdiri dari skala stres kerja dan skala self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara self-efficacy dan stres kerja. Temuan ini mengindikasikan bahwa tenaga pendidik dengan tingkat self-efficacy yang tinggi justru mengalami tingkat stres kerja yang lebih tinggi. Analisis korelasi parsial menunjukkan bahwa aspek stres kerja dan self-efficacy memiliki hubungan yang bervariasi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan self-efficacy harus disertai dengan strategi manajemen stres yang efektif agar tidak meningkatkan beban psikologis tenaga pendidik.


Keywords


Work Stress; Self-Efficacy; Independent Curriculum; Educators

Full Text:

FULL TEXT

References


Afifah, R. (2021). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Stress Kerja pada Karyawan CV. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(2), 1–13.

Agustin, S., Dimala, C., & Wulandari, C. (2023). Can Self-Efficacy Serve as a Mediator Variable of Hardiness to Cheating Behavior in College Students? Jurnal Imiah Psikologi, 11(2), 247–253.

Aini, N., Wahyuni, N., & Ardiansyah, F. (2024). Self-Efficacy and Anxiety in Facing School Exams. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(2), 272–278.

Ari, S. (2022). Seorang Guru SMP di Bantul Ditemukan Gantung Diri, Diduga Disebabkan Tekanan Pekerjaan. Tribunjogja.Com, 1–12.

Borneo, A. (2022). Ini Unsur Unsur Pendidikan Perguruan Tinggi yang Baik. Mendidik Tenaga Kesehatan Bersertifikasi, 1(1), 1–12.

Diputra, A., & Ida B. (2019). Pengaruh Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi oleh Kepuasan Kerja Karyawan PT. Destination Asia Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 1(1), 8–2.

Febrianti, V., & Hildayani, R. (2024). Contribution of Social Support to Parenting Self-Efficacy from Mothers with Children with Autism. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(4), 484–491.

Gintulangi, S., & Arsana, I. (2021). engaruh kemampuan manajemen konflik, kontrol stres kerja dan self-efficacy pada kinerja guru. Aksiologi: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 40–46.

Imron, I. (2019). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28.

Laurenza, H., & Rahayu, M. (2024). Importance of Self-Efficacy in Overcoming Quarter-Life Crisis among Fresh Graduates. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(3), 312–318.

Lengkong, C. (2020). Stres Kerja dan Self-Efficacy terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Manado Karya Anugrah . Productivity, 1(1), 1–12.

Lestari, Y., & Yudiarso, A. (2023). Effects of Self-Efficacy in the Life of Student Academic Procrastination. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(1), 110–116.

Massie, R., Areros, W., & Rumawas, W. (2018). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pengelola IT Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 1–12.

Melly, M. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, stres kerja dan kompetensi guru terhadap kinerja guru. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 1–10.

Nirmala, P., & Abdurrahman, D. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Stres Kerja dengan Dukungan Sosial Sebagai Variabel Moderating. Prosiding Manajemen, 6(2), 930–937.

Palupi, V., & Pandjaitan, L. (2022). Self-efficacy dan burnout pada guru. Keluwih: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(1), 28–39.

Prahara, S., & Indriani, N. (2019). Employees: Occupational self-efficacy and work stress. Journal of Psychology and Instruction, 3(3), 91–96.

Rahayu, M. (2021). Pengaruh beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja guru pada Sekolah Swasta Nurcahaya Medan. Universitas Medan Area, 1(1), 1–12.

Salimah, T. (2024). Pengaruh stres kerja, kecerdasan emosional, self-efficacy dan perceived organizational support terhadap komitmen organisasi (Studi pada guru sekolah Islam di Kabupaten Tangerang). Repository UMY, 1(1), 1–12.

Salsabil, H. (2024). Identifikasi faktor-faktor stres kerja pada guru SMA Swasta Kartika 1-2 Medan. Universitas Medan Area, 1(1), 1–12.

Sari, A., Sedjo, P., & Cahyanti, I. (2022). Self Efficacy dan Stres Kerja Pada Pekerja Konveksi di Masa Pandemi Covid-10. Jurnal Psikologi, 1(3), 156–171.

Sari, H., Ekawarna, & Sulistiyo, U. (2022). Pengaruh stres kerja, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–10.

Sari, R., & Handayani, A. (2017). Hubungan efikasi diri dan stres kerja pada guru Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang. Proyeksi, 12(2), 53–58.

Septianisa, S., & Caninsti, R. (2016). Hubungan self-efficacy dengan burnout pada guru di sekolah dasar inklusi. Jurnal Psikogenesis, 4(1), 126–135.

Shoji, K., Cieslak, R., Smoktunowicz, E., Rogala, A., Benight, C., & Luszczynska, A. (2016). Associations between job burnout and self-efficacy: A meta-analysis. Anxiety, Stress & Coping, 29(4), 367–386.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 1(1), 1–12.

Sulistyowati, E., & Widjajani, S. (2012). Mediasi kepuasan kerja dan stres kerja pada hubungan antara self-efficacy dan kinerja penjual jasa asuransi. Jurnal Maksipreneur, 2(1), 69–84.

Tschannen-Moran, M., & Hoy, A. (2001). Teacher efficacy: Capturing an elusive construct. Teaching and Teacher Education, 17(7), 783–805.

Utami, N., & Nugroho, H. (2020). Hubungan self-efficacy dengan stres kerja pada guru sekolah inklusi. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 6(1), 12–20.

Wahyudi, A., & Setiawan, M. (2021). Analisis stres kerja guru dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 28(2), 112–125.

Widyastuti, I., & Setyawati, R. (2018). Pengaruh stres kerja dan beban kerja terhadap kinerja guru SMA di Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 89–101.

Wijaya, R., & Haryanto, H. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap burnout pada guru sekolah dasar. Jurnal Psikologi UGM, 39(1), 32.

Wulandari, M., & Putri, E. (2020a). Hubungan antara self-efficacy dan stres kerja pada guru TK di Kabupaten Tangerang. Jurnal Psikologi Terapan, 8(2), 55–63.

Wulandari, M., & Putri, E. (2020b). Hubungan antara self-efficacy dan stres kerja pada guru TK di Kabupaten Tangerang. Jurnal Psikologi Terapan, 39(1), 55–63.

Yamin, S., & Mahmud, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan efektivitas pengajaran guru. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(3), 76–85.

Yusuf, M., & Harahap, R. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional, self-efficacy, dan stres kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2), 40–50.

Zahra, F., & Suryadi, T. (2021). Analisis faktor stres kerja pada guru sekolah swasta. Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(1), 22–30.

Zainal, A., & Wibowo, R. (2018). Peran self-efficacy dalam menghadapi tekanan kerja pada tenaga pendidik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 14–22.

Zulkarnaen, A., & Fitriani, R. (2020). Hubungan self-efficacy dengan tingkat stres kerja pada tenaga pendidik. Jurnal Psikologi Terapan, 10(2), 67–75.

Zulkifli, A., & Rahayu, W. (2023). Stres kerja pada guru di sekolah swasta: Tantangan dan strategi penanganan. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 50–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v13i2.19273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Evelyn Airin., dkk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id