The Role of Family Harmony in Increasing Learning Motivation in Late Adolescents

Michael Hermawan, Doddy Hendro Wibowo

Abstract


The role of the family environment is crucial in supporting students' learning motivation. Internal factors that influence students' learning motivation involve various psychological aspects, such as self-confidence, self-esteem, as well as personal goals and aspirations. External factors also play a significant role in shaping learning motivation, including the social environment, peers, and teachers. The purpose of this study is to identify the relationship between family harmony and adolescent learning motivation. This study uses a quantitative method with a correlational design, employing the Family Harmony Scale (FHS) and the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) as measurement tools. The results show that family harmony has a significant positive effect on adolescents' learning motivation. A harmonious family creates an emotionally supportive environment, enhancing adolescents' self-confidence and intrinsic motivation to achieve. The implication of this study highlights the importance of the family's role in shaping learning motivation, emphasizing the need for increased parental support and attention.

Peran lingkungan keluarga menjadi sangat penting dalam mendukung motivasi belajar siswa. Faktor-faktor internal yang memengaruhi motivasi belajar siswa melibatkan berbagai aspek psikologis, seperti kepercayaan diri, harga diri, serta tujuan dan aspirasi pribadi. faktor eksternal juga memainkan peran yang tidak kalah penting dalam membentuk motivasi belajar. Lingkungan sosial, termasuk teman sebaya dan guru. Tujuan dari penelitian in adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional dengan alat ukur Family Harmony Scale (FHS) dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keharmonisan keluarga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi belajar remaja. Keluarga yang harmonis menciptakan lingkungan emosional yang mendukung, meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi intrinsik remaja untuk berprestasi. Implikasi penelitian ini yaitu pentingnya peran keluarga dalam membentuk motivasi belajar sehingga dukungan dan perhatian orang tua perlu diperkuat.

Keywords


Family Harmony; Learning Motivation; Adolescents; Family Support; Psychological Factors

Full Text:

FULL TEXT

References


Amalia, I., Khamdun, K., & Fathurohman, I. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Wonorejo Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1271–1280.

Arifin, Z., & Soviah, A. (2021). Peran Kyai Dalam Membina Keharmonisan Keluarga Pondok Pesantren. ASA, 3(2), 41–64.

Diorarta, R. (2020). Tugas perkembangan remaja dengan dukungan keluarga: Studi kasus. Carolus Journal of Nursing, 2(2), 111–120.

Endriani, A. (2018). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 1–18.

Fitrianingrum, I., & Kardi, K. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonsari Kabupaten Madiun. . Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 1–17.

Gultom, R. (2023). Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Minat Belajar PAK Anak. Jurnal Christian Humaniora, 7(1), 151–169.

Handayani, N., & Masyithoh, S. (2023). Hubungan Antara Perceraian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 8(1), 16–21.

Haslianti, H. (2019). Pengaruh kebisingan dan motivasi belajar terhadap konsentrasi belajar pada siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 1–17.

Igo, S. (2023). Motivasi Belajar dan Kesejahteraan Psikologis Anak Dalam Lingkungan Keluarga Yang Harmonis. Chatra: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 72–80.

Juniar, A., & Kristiyono, J. (2023). Peran Komunikasi Orangtua Dan Anak Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Luar Jawa Di STIKOSA AWS. Jurnal Komunikasi dan Media, 3(1), 56–64.

Khadifa, L., & Sugihen, B. (2018). Hubungan antara keharmonisan keluarga dan kehadiran belajar siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 1(1), 1–18.

Khusnul. (2024). Maqfiroh; DINI, Rakhmawati; WINDANIATI, Windaniati. Pengaruh Keharmonisan Keluarga terhadap Self Esteem Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 7(1), 1–10.

Kurniawan, K. (2020). Pengaruh Pernikahan Usia Dini Terhadap Keharmonisan Keluarga di Desa Penerokan, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 4(2), 120–138.

Martiza, N., & Indriyani, D. (2024). Studi Kasus: Dampak Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(11), 916–925.

Meifilina, A., Sunandes, A., & Magfiroh, N. (2024). Peran Komunikasi Keluarga dalam Menciptakan Saling Pengertian dan Sarana Keharmonisan Keluarga pada Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Perempuan Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), 4(1), 58–66.

Meiriana, A. (2016). Hubungan antara coping stress dan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada remaja yang orang tuanya bercerai. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 1–17.

Mukarromah, M., Kurniawati, D., & Jannah, S. (2023). Peran Istri Berpendidikan Lebih Tinggi Dari Suami Terhadap Keharmonisan Keluarga Dalam Prespektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Batokaban Kecamatan Konang Kabupaten Bangkalan). Jurnal Hikmatina, 5(2), 85–95.

Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 91–96.

Nikmah, B., & Sa’adah, N. (2021). Literature Review: Membangun Keluarga Harmonis Melalui Pola Asuh Orang Tua. Taujihat: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 142–154.

Novianita, V., Meiyuntariningsih, T., & Ramadhani, H. (2023). Kekuatan karakter pada remaja: Bagaimana peran keharmonisan keluarga. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 4(1), 1–12.

Novitasari, K., Dalimunthe, R., & Wibowo, B. (2023). Kontrubusi Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(1), 42–51.

Nuryani, D., Susanto, B., & Hidayati, A. (2023). Pengaruh Permasalahan Broken Home Terhadap Self-Esteem dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah Rongkop. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(12), 1339–1347.

Pratiwi, D. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 1–16.

Rahayu, K., & Zikra, Y. (2013). Hubungan antara keharmonisan keluarga dan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 191–196.

Rahayu, S. (2017). Konseling keluarga dengan pendekatan behavioral: Strategi mewujudkan keharmonisan dalam keluarga. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 264–272.

Rosyidah, R., Astuti, J., & Michelino, D. (2022). Peran Dukungan Keluarga Terhadap Resiliensi Keluarga Pada Istri Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kabupaten Bangkalan. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 6(1), 66–74.

Sari, A. (2023). Peran Bergotong Royong dalam Meningkatkan Keharmonisan Siswa Sekolah Menengah Pertama. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(3), 79–84.

Septiani, F., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1104–1111.

Sitanggang, T., Pasaribu, G., & Steven, S. (2023). Peran Komunikasi Suami Istri Dalam Mewujudkan Keharmonisan Keluarga Di Gereja Bethel Indonesia Tabgha Batam. Jurnal Imparta, 2(1), 1–10.

Sundari, Y., & Ritonga, Z. (2020). Hubungan Keharmonisan Keluarga Terhadap Hasil Belajar SIswa SDN 06 Medan Johor. REKOGNISI: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 5(1), 1–8.

Tosin, M. (2020). Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Bustanul Ulum Batu. Ekomadania: Journal of Islamic Economic and Social, 4(1), 61–78.

Ulfa, M., Kurniawan, U., & Revanda, Y. (2024). Meningkatkan Peran Ibu Melalui Konseling Kelompok Untuk Memotivasi Anak Dalam Belajar Di Desa Boneatiro Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 551–556.

Wahyuni, H., Imania, H., Apriyanto, Y., Andini, Y., Novita, S., Robigo, D., & Syabina, A. (2023). Penggunaan media film keluarga dalam meningkatkan persepsi keharmonisan keluarga mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi angkatan tahun 2020. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 73–79.

Za’ba, N. (2024). Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Pekanbaru. Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 19(1), 1223–1237.

Zahrok, S., & Suarmini, N. (2018). Peran perempuan dalam keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series, 5(1), 61–65.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v13i1.17660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Michael Hermawan, Doddy Hendro Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id