Encouraging Students' Passion for Learning: The Effectiveness of Positive Reinforcement Techniques for Elementary School Students
Abstract
Sekolah dasar berperan penting sebagai fondasi perkembangan akademik dan sosial anak-anak, khususnya pada usia enam hingga dua belas tahun. Penguatan positif efektif dalam menurunkan tingkat absensi dan keterlambatan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengintegrasikan pemahaman teoritis dari perkuliahan dengan keterampilan praktis di lapangan dan meningkatkan minat belajar siswa di SD Muhammadiyah Manyar melalui penerapan Teknik Reinforcement Positif. Metode Penelitian menggunakan eksperimen kuasi dengan desain pre-test dan post-test yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah Manyar melalui penerapan Teknik Reinforcement Positif. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa teknik reinforcement positif memiliki efek yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar siswa. Seluruh subjek mengalami peningkatan skor setelah intervensi dilakukan, yang mengindikasikan bahwa reinforcement positif mampu menciptakan lingkungan yang mendukung bagi siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar. Implikasi dari penelitian ini yaitu perlunya pendekatan adaptif dan kolaboratif dalam pendidikan di mana strategi reinforcement tidak hanya meningkatkan hasil akademis tetapi juga berkontribusi pada pengembangan karakter siswa dan membentuk individu yang lebih percaya diri dan termotivasi dalam belajar sepanjang hidup.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila melalui keteladanan dan pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 6(1), 1–10.
Amelia, M., & Ramadan, Z. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555.
Anatasya, E., & Dewi, D. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. urnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304.
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar: Inserting of Discipline Character Education Values in Basic School Students. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74.
Ansori, Y., Nahdi, D., & Saepuloh, A. (2021). Menumbuhkan karakter hormat dan tanggung jawab pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605.
Aprilia, A., & Nawawi, E. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(1), 109–120.
Azwina, S. (2024). Menanamkan Pendidikan Islam sebagai Way of Life “Membentuk Karakter Unggul Berdasarkan Ajaran Islam. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 4(1), 82–90.
Dewi, L., Naamy, N., & Malik, A. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi di SMPN 3 Praya dan SMPN 4 Praya Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 779–789.
Fahlevi, M. (2022). Upaya pengembangan number sense siswa melalui kurikulum merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27.
Firmansyah, M., & Fakhruddin, A. (2024). Kerangka Konseptual Strategi Pembiasaan Literasi Agama Untuk Mempromosikan Islam yang Damai di Indonesia. Inovasi Pendidikan dalam Multi Perspektif, 1(1), 112.
Hafizah, H., Rahmat, A., & Rohman, S. (2022). Pembelajaran sastra anak dalam membentuk karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(2), 137–144.
Indriani, N., & Suryani, I. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di sekolah dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 242–252.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Kamila. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Jurnal Agama, Sosial dan Budaya, 1(1), 1–17.
Lubis, K. (2022). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu: Jurnal of Elementary Education, 6(1), 894–901.
Mardiah. (2024). Urgensi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Awal Dalam Meningkatkan Kesiapan Sekolah Anak Pada Transisi Ke Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur. Seminar Nasional, 1–8.
Melianti, & Handayani. (2023). Pentingnya Pendidikan Yang Ada di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan , 1(1), 1–18.
Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179.
Nida, T. (2019). Pendidikan karakter perilaku sosial anak usia sekolah dasar dalam keluarga di kota banjarmasin. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 75–90.
Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan karakter di sekolah dasar mencegah degradasi moral di era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142–152.
Puspita, A., & Harfiani, R. (2024). Penerapan pembiasaan positif dalam upaya meningkatkan karakter anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25–38.
Rahayu, T., & Erika, E. (2023). Pengaruh Penerapan Program Penyuluhan Kesehatan, Akses Air Minum Bersih, dan Fasilitas Sanitasi terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Jawa Barat. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(11), 995–1006.
Rindawan, Purana, I., & Siham, F. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53–63.
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54–71.
Sidiq, F., Ayudia, I., Sarjani, T., & Juliati, J. (2023). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Desain Kelas Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kota Langsa. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 69–75.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (1 ed., Vol. 1). Deepublish.
Suwahyu, M. (2017). Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PPL) Dengan Minat Belajar Siswa. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 1–16.
Utomo, P., Prayogi, F., & Pahlevi, R. (2022). Bimbingan dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35–50.
Wardhana, Komang, Luh, Putu, Oktawiryati, Bagus, & Nyoman. (2024). Creative Strategies for Digital Learning Media in Indonesian Language Learning. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(3), 1–12.
Widarnandhana, & Ariani. (2023). Peran Orang tua Dalam Persiapan Anak Usia Dini Menuju Pendidikan Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–14.
Yunita, & Karema. (2024). Improving Learning Achievement Through a Self-Esteem Perspective: The Secret to Student Success. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(3), 1–17.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i4.17552
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Pramudya Wahyu Rendiyono, Awang Setiawan Wicaksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id