Raising Environmental Awareness: Plastic Pollution Awareness and Handling Training
Abstract
Plastic Bank Indonesia (PBI) telah melakukan beberapa pelatihan dan mengevaluasi hasilnya melalui tes yang dilangsungkan dalam dua modul. Namun sejauh ini masih belum memiliki alat ukur untuk mengevaluasi pemahaman peserta pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pelatihan yang dilakukan PBI dalam modul 1 dan 2 dengan harapan agar terdapat alat ukur yang baku untuk digunakan sebagai saran evaluasi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen dengan satu kelompok eksperimen tanpa ada kelompok kontrol dengan pengukuran post-test saja. Sebanyak 898 peserta kelompok eksperimen yaitu kepala gudang dan kolektor di Indonesia yang diberikan pelatihan lalu diminta mengisi tes. Hasil rata-rata skor tes masuk dalam kategori Cukup dan Baik menggunakan normal ideal sehingga pelatihan ini efektif untuk menumbuhkan pemahaman peserta pelatihan. Hasil uji beda menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara rata-rata kepala gudang (N=220) dan kolektor plastik (N=678). Namun, hasil uji distraktor menunjukkan bahwa mayoritas butir tes masih memiliki distraktor yang kurang baik yang mengindikasikan bahwa pertanyaan tes tergolong mudah. Dari hasil uji reliabilitas, mayoritas butir tes memiliki reliabilitas sedang (Cronbach’s alpha .5 sampai .7). Implikasi dari hasil ini distraktor yang kurang baik dapat direvisi untuk meningkatkan evaluasi pemahaman peserta yang lebih akurat.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Alabi, O. A., Ologbonjaye, K. I., Awosolu, O. da. A., & E, O. (2019). Public and environmental health effects of plastic wastes disposal: a review. J Toxicol Risk Assess, 5(021), 1–13.
Angeles, J. A. P. R., Manaig, K. A., Sapin, S. B., Yazon, A. D. da. T., & J.F.B. (2022). Effectiveness of localized reading activity sheets in enhancing the reading skills of grade 1 learners a quasi-experimental research design. International Journal of Theory and Application in Elementary and Secondary School Education, 4(2), 125–136.
Chang, X., Xue, Y., Li, J., Zou, L. da. T., & M. (2020). Potential health impact of environmental micro and nanoplastics pollution. J Appl Toxicol, 40, 4–15.
CNN Indonesia. (2019). KLHK: 72 Persen Masyarakat Tak Peduli dengan Sampah Plastik. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190821164641-199-423470/klhk-72-persen-masyarakat-tak-peduli-dengan-sampah-plastik.
Fauzi, M., Efizon, D., Sumiarsih, E., Windarti, W., Rusliadi, R., Putra, I. da. A., & B. (2019). Pengenalan dan pemahaman bahaya pencemaran limbah plastik pada perairan di Kampung Sungai Kayu Ara Kabupaten Siak. Unri Conference Series: Community Engagement. 21 Agustus 2019, Pekanbaru, Indonesia, 1, 341–346.
Firmiana, M. E., Imawati, R., & Prasetya, M. R. (2012). Go Green“ Pelatihan Untuk Mendorong Perilaku Konservasi dan Pro Lingkungan bagi Santri Al Ghazali (Vol. 1, Issue 3, p. 125). https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.61
Haniko, P. (2023). Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi dalam Membangun Kesadaran Lingkungan Hidup. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 157–161. https://doi.org/10.59561/sabajaya.v1i3.43
Henriksson, E. (2020). Circular Economy and Degrowth Perspectives on Plastic Collection and Recycling on Bali. Lund University.
Kirkpatrick, D. (1996). Great ideas revisited. Techniques for evaluating training programs. Revisiting Kirkpatrick’s Fourlevel Model. Training and Development, 50, 54–59.
Mappong, S. (2021). PBI dan mall sampah perkuat ekosistem pengelolaan sampah pesisir. https://www.antaranews.com/berita/2527489/pbi-dan-mallsampah-perkuat-ekosistem-pengelolaan-sampah-pesisir.
Mukharomah, S., Ansori, A., & Widiastuti, N. (2023). Penerapan pendekatan andragogi dalam meningkatkan life skill masyarakat melalui pelatihan daur ulang sampah kantong plastik. Comm-Edu (Community Education Journal, 6(1), 19. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i1.11434
Meyrena, S. D., & Amelia, R. (2020). Analisis pendayagunaan limbah plastik menjadi ecopaving sebagai upaya pengurangan sampah. Indonesian Journal of Conservation, 9(2), 96–100. https://doi.org/10.15294/ijc.v9i2.27549
Rahayu, A., Rosti, R., Sartika, G. P., Tendrita, M. da. H., & U. (2022). Edukasi bahaya sampah plastik untuk meningkatkan kesadaran cinta lingkungan masyarakat. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 56–67.
Rahayu, I., Suwarna, A. I., Wahyudi, E., Asfahani, A., & Jamin, F. S. (2024). Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Membentuk Kesadaran Lingkungan dan Tanggung Jawab Sosial di Kalangan Pelajar. Global Education Journal, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.59525/gej.v2i2.344
Rahman, I., Larasati, C. E., Waspodo, S., Gigentika, S., & Jefri, E. (2021). Pengelolaan sampah plastik menjadi ekobrik untuk menekan laju pencemaran sampah mikroplastik yang mengancam kelangsungan hidup biota perairan Teluk Bumbang, Kabupaten Lombok Tengah. Indonesian Journal of Fisheries Community Empowerment, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.29303/jppi.v1i1.82
Ristya, T. O. (2020). Penyuluhan pengelolaan sampah dengan konsep 3R dalam mengurangi limbah rumah tangga. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(2), 30–41. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.250
S.I.M.P.K.B. (n.d.). Penilaian peserta kelas. https://bantuan.simpkb.id/books/simpkb-pkp-gi-pb/ch1-kelola-kls-diklat-guru-sasaran/1-3-penilaian-peserta.html.
Siregar, M., Meilanie, S. M. da. P., & A. (2020). Pengenalan Ecoliteracy pada anak usia dini melalui metode bercerita. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 719–728.
Smidt, A., Balandin, S., Sigafoos, J., & Reed, V. A. (2009). The Kirkpatrick model: A useful tool for evaluating training outcomes. Journal of Intellectual and Developmental Disability, 34(3), 266–274. https://doi.org/10.1080/13668250903093125
Supusepa, J., Hulopi, M., Sahetapy, J. M. da. K., & D.A. (2022). Pengenalan sumberdaya moluska dan ekosistem lamun serta pengenalan mikroplastik dan dampaknya bagi lingkungan pesisir bagi siswa siswi SDN Negeri Lama Kecamatan Teluk Baguala Kota Ambon. BALOBE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 27–37.
Tamsuri, A. (2022). Literature review penggunaan metode Kirkpatrick untuk evaluasi pelatihan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2723–2734.
United Nations. (2023). Goal 14: Conserve and sustainably use the oceans, seas and marine resources. https://www.un.org/sustainabledevelopment/oceans/.
Virto, L. R. (2018). A preliminary assessment of the indicators for Sustainable Development Goal (SDG) 14 “Conserve and sustainably use the oceans, seas and marine resources for sustainable development.” Marine Policy, 98, 47–57.
Xiao, Y., Becerik-Gerber, B., Lucas, G., & Roll, S. C. (2021). Impacts of working from home during COVID-19 pandemic on physical and mental well-being of office workstation users. Journal of Occupational and Environmental Medicine, 63(3), 181–190.
Yuliawati, L., Sandjaja, M., & Eunike, P. (2024). Upaya menuju perilaku keberlanjutan: Adaptasi Skala Penggunaan Plastik Sekali Pakai Berdasarkan Theory of Planned Behaviour (TPB (Vol. 5, Issue 1, pp. 320–329). www.jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/index
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i4.17439
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prisca Eunike, Livia Yuliawati, Meilani Sandjaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id