Tactile Sensorimotor Intervention in Autistic Children to Reduce Tantrum Behavior
Abstract
WHO memprediksikan bahwa 1 dari 600 anak di dunia menderita gangguan spektrum autisme. Permasalahan sensoris yang dialami anak autis dapat disertai dengan meningkatnya perilaku temper tantrum, yang dapat ditangani menggunakan intervensi sensorimotor taktil. Penelitian ini bertujuan menurunkan perilaku tantrum terkait masalah sensorik pada anak autis melalui intervensi sensorimotor taktil. Penelitian eksperimen ini menggunakan single case experimental design dengan single subject design. Subjek memiliki kriteria yaitu berusia 3-4 tahun, mengalami Autism Spectrum Disorder (berdasarkan diagnosa psikolog) dan problem sensoris taktil. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan intervensi sensorimotor taktil efektif menurunkan perilaku tantrum pada anak autis, dengan penurunan dari tahap pre-test sebanyak 77 kali (durasi 40 menit) menjadi 15 kali (durasi 10 menit) pada post-test. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan intervensi berbasis sensorik untuk anak dengan ASD.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Alawiyah, I., & Salsabila. (2021). The Effectiveness of Physical Touch for Tantrum Treatment on Autistics Child. Junal Hawa, 3(2), 74–84. http://dx.doi.org/10.29300/.v3i2.5588
Alfazri, U. K. (2019). Identifikasi perilaku tantrum dan sensory meltdown anak autis berdasarkan behavioral assesment di SLB Autisma Dian Amanah. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(9), 971–982. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/download/16179/15657
Arfiriana, R. A., & Dieny, F. F. (2014). HUBUNGAN SKOR FREKUENSI DIET BEBAS GLUTEN BEBAS CASEIN DENGAN SKOR PERILAKU AUTIS. Journal of Nutrition College, 3(1), 34–42. https://doi.org/10.14710/jnc.v3i1.4525
Atkinson, R. C., Akinson, R. L., Smith, E. E., Bem, D. J., & Hoeksema, S. N. (2012). Pengantar Psikologi (Jilid 1). Interaksara Publisher.
Ayres, A. J. (2005). Sensory Integration and The Child. Western Psychological Service.
Case-Smith, J., Weaver, L. L., & Fristad, M. A. (2015). A systematic review of sensory processing interventions for children with autism spectrum disorders. Autism, 19(2), 133–148. https://doi.org/10.1177/1362361313517762
CDC. (2024). Data and Statistics on Autism Spectrum Disorder CDC. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/autism/data-research/index.html
Dewi, P. K. A., Agung, A. A. G., & Tirtayani, L. A. (2015). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan di TK Widya Bakti Naongan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1), 3–4. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.6015
Djati, wahyu P. S. T., Faridi, A., & Rahayu, N. S. (2017). Hubungan Pola Konsumsi Gluten dan Kasein, Kepatuhan Diet Gluten Free Casein Free (GFCF) dengan Perilaku Autis Di Rumah Autis Bekasi. Jurnal Argipa, 2(2), 83–84. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/argipa/article/download/2340/657
Fatma, Y., Winarsi, H., & Purnamasari, D. U. (2017). Pemahaman Mengenai Diet Gluten Free Casein Free (Gfcf) Serta Penerapannya Pada Anak Autis Tingkat Sekolah Dasar Di Slb C Yakut Purwokerto. Jurnal Gizi Dan Pangan Soedirman, 1(01), 82. https://doi.org/10.20884/1.jgps.2017.1.01.341
Hanna, O., Weisberg, O., & Loesche, M. S. (n.d.). Inclusive Community: Exploring The Benefits of Sensory Friendly Environments. https://jdc.jefferson.edu/jscpsposters/2/
Iskandar, S., Indaryani, Sari, M., & Sari, N. P. (2024). Stimulasi Perkembangan Motorik Anak Autis Melalui Terapi Bermain : Snakers And Ladders Di Sekolah Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Mutiara Bunda Kota Bengkulu. JURNAL BESEMAH, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.58222/jurnalbesemah.v3i1.373
Jati, S. N., Widyorini, E., & Roswita, Y. (2012). Efek Sensory Story Terhadap Penurunan Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Autis dengan Kesulitan Modulasi Sensorik. Prediksi: Kajian Ilmiah Psikologi, 1(2), 234–238.
Kemenkes. (2022). Autisme A-Z Webinar Peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia 2022. Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/autisme-a-z-webinar-peringatan-hari-peduli-autisme-sedunia-2022#
Khairi, Z., & Sopandi, A. A. (2020). Upaya Keluarga Dalam Menangani Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Autis Kelas VI Di SLB Negeri 1 Padang. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), 111–116. https://ranahresearch.com.
Lord, C., Brugha, T. S., Charman, T., Cusack, J., Dumas, G., Frazier, T., Jones, E. J. H., Jones, R. M., Pickles, A., State, M. W., Taylor, J. L., & Veenstra-VanderWeele, J. (2020). Autism spectrum disorder. Nature Reviews Disease Primers, 6(1), 5. https://doi.org/10.1038/s41572-019-0138-4
Maule, D. S. (2017). Can Sensory Strategies Reduce Tantruming to Increase Positive Familial Interactions? Theses and Dissertation. http://proxy.library.vcu.edu/login?url=https://www.proquest.com/dissertations-theses/can-sensory-strategies-reduce-tantruming-increase/docview/1897563251/se-2?accountid=14780%0Ahttps://libkey.io/libraries/468/openurl?genre=dissertations+%26+theses&au=Maule%2C+Deborah+Stacy&aulast=Maule&issn=&isbn=978-1-369-74811-6&title=Can+Sensory+Strategies+Reduce+Tantruming+to+Increase+Positive+Familial+Interactions%3F&jtitle=&pubname=Can+Sensory+Strategies+Reduce+Tantruming+to+Increase+Positive+Familial+Interactions%3F&btitle=&atitle=&volume=&issue=&spage=&date=2017&doi=&sid=ProQuest
Nindhita Insani Erawan, Permanarian, S., & Rusyani, E. (2019). PENERAPAN TERAPI SENSORI INTEGRASI PADA ANAK TUNARUNGU DENGAN GANGGUAN KESEIMBANGAN (Studi Kualitatif Deskriptif Di Sekolah Dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Risantya). Jassi Anakku, 20(1), 52–56.
Ningrum, N. W., & Laily, N. (2024). Optimizing Pre-Calculation Skills of Kindergarten B Children Through Educational Games Optimalisasi Kemampuan Pra Berhitung Anak TK B Melalui Permainan Edukatif Congklak. 12(4), 449–457.
Noya, J. E., & Ambarwati, K. D. (2020). Gambaran Interaksi sosial anak autis di Sekolah Inklusi Multi Talenta Samarinda. Jurnal Psikologi Perseptual, 3(2), 65–78. https://doi.org/10.24176/perseptual.v3i2.2642
Nurfadhillah, S., Nur Syariah, E., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Anggestin, T., Ashabul Humayah Manjaya, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi Sdn Cipondoh 3 Kota. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(3), 459–465. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Palupi, D. T. (2018). What Type of Curriculum Development Models Do We Follow? An Indonesia’s 2013 Curriculum Case. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(2), 98–105. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i2.26954
Pancawati. (2013). Penerimaan Diri Dan Dukungan Orangtua. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 23–27.
Posar, A., & Visconti, P. (2018). Sensory abnormalities in children with autism spectrum disorder. Jornal de Pediatria, 94(4), 342–350. https://doi.org/10.1016/j.jped.2017.08.008
Rachmasari, F., & Wulandari, P. Y. (2024). Implementation of Enhanced Milieu Teaching Intervention on the Communication of Children with Autism. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(2), 226. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i2.14704
Schaaf, R. C., Dumont, R. L., Arbesman, M., & May-Benson, T. A. (2018). Efficacy of Occupational Therapy Using Ayres Sensory Integration®: A Systematic Review. The American Journal of Occupational Therapy, 72(1), 7201190010p1-7201190010p10. https://doi.org/10.5014/ajot.2018.028431
Schaaf, R. C., & Lane, A. E. (2015). Toward a Best-Practice Protocol for Assessment of Sensory Features in ASD. Journal of Autism and Developmental Disorders, 45(5), 1380–1395. https://doi.org/10.1007/s10803-014-2299-z
Skoufou, A. (2019). Social Interaction of Preschool Children with Autism Spectrum Disorders (ASD) -Characteristics and Educational Approaches. International Journal of Economics and Management Studies, 6(6), 28–36. https://doi.org/10.14445/23939125/IJEMS-V6I6P105
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Suzanti, M. W., Riyani, E., Istiqomah, A., & Ihtiar, C. (2015). Efektivitas Finger Painting untuk Menurunkan Perilaku Temper Tantrum Pada Anak KB PK Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 460-466. https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.3055
Tanawali, N. H., Nur, H., & Zainuddin, K. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN TAKTIL ANAK AUTIS MELALUI TERAPI SENSORI INTEGRASI. Jurnal Psikologi TALENTA, 3(2), 64. https://doi.org/10.26858/talenta.v3i2.6528
Ulva, M., & Amalia, R. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusif. Journal on Teacher Education, 1(2), 9–19. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.512
Watari, G., Carmelita, A. B., & Sasmithae, L. (2021). Literature Review: Hubungan Terapi Sensori Integrasi terhadap Perubahan Perilaku dan Konsentrasi Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder). Jurnal Surya Medika, 6(2), 130–140. https://doi.org/10.33084/jsm.v6i2.2130
Williams, M. S. & Shellenberger, S. (1994). How does your engine run? Therapy Works, Inc.
Winartha, I. M. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Gaha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v13i1.16903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Permata Dewi Andini, Sri Nugroho Jati, Adela Seftiani, Suriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id