Positive Story: Building Self-Confidence in Elementary School Children Through Reinforcement
Abstract
Schools ensure that students acquire knowledge and skills through various activities, both academic and non-academic, to help them achieve their full potential. However, in addition to intelligence, learning success also depends on a sense of responsibility and self-confidence, as well as self-confidence. Self-confidence plays an important role in children's daily lives, especially when they are in a new environment or facing a situation they have never experienced before. This study aims to identify changes in students' self-confidence levels, as well as evaluate the effect of positive reinforcement on their ability to tell stories with confidence. Using a Classroom Action Research (CAR) approach, this study observed students and applied a positive reinforcement storytelling method to improve their self-confidence. The results of this study indicate that the positive reinforcement storytelling method significantly improved students' self-confidence, as seen from higher scores and positive behaviors that emerged. This study presents an effective teaching method to improve students' self-confidence, providing important insights for educational practices that support students' social and emotional development in the classroom. The implications of this study are able to help the development of educational psychology by emphasizing the importance of an interactive and holistic approach to improving students' self-confidence, which can ultimately have an impact on academic performance.
Sekolah memastikan bahwa siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui berbagai kegiatan, baik akademik maupun non-akademik, untuk membantu mereka mencapai potensi terbaik mereka. Namun, selain kecerdasan, keberhasilan belajar juga bergantung pada rasa tanggung jawab dan keyakinan terhadap diri sendiri, serta rasa percaya diri. Kepercayaan diri memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari anak, terutama saat mereka berada di lingkungan baru atau menghadapi situasi yang belum pernah dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan dalam tingkat kepercayaan diri siswa, serta mengevaluasi pengaruh penguatan positif terhadap kemampuan mereka dalam bercerita dengan percaya diri. Menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini mengamati siswa dan menerapkan metode cerita dengan reinforcement positive untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka. Hasil dari penlitian ini menunjukkan bahwa metode bercerita dengan reinforcement positive secara signifikan meningkatkan kepercayaan diri siswa, yang dapat dilihat dari skor yang lebih tinggi dan perilaku positif yang muncul. Penelitian ini menyajikan metode pengajaran yang efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa, memberikan wawasan penting bagi praktik pendidikan yang mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa di dalam kelas. Implikasi penelitian ini mampu membantu perkembangan psikologi pendidikan dengan menekankan pentingnya pendekatan interaktif dan holistik untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa, yang pada akhirnya dapat berdampak pada kinerja akademik.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Amelia, R., Mz, I., Pamungkas, A., & Munir, M. W. (2023). Teknik reinforcement untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 1–7.
Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (Self confidence) berbasis ekstrakulikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa sma negeri 6 kota bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 156–168. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Antini, N. K. A., Magta, M., Ujianti, P. R., & Dasar, J. P. (2019). Pengaruh metode show and tell terhadap kepercayaan diri anak kelompok a taman kanak-kanak gugus VII kecamatan buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 140–149. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD
Aryenis. (2018). Peningkatan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bermain peran di taman kanak-kanak restu ibu. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 5(2), 47–60. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index
Astuti, E. D., Budiasningrum, R. S., Rosita, R., Yuliana, D., Setiawan, J., & Efendi, A. S. (2022). Meningkatkan percaya diri berbicara bahasa inggris di cahaya anak negeri bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 1(2), 1–6. https://ftuncen.com/index.php/JPMSAINTEK
Awaliyani, S. A., & Ummah, A. K. (2021). Upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui kegiatan muhadhoroh. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 246–252.
Biyatno, O., & Farid, M. Al. (2021). Metode mengajar penjas dengan memahami karakteristik anak SD. EDUKASIMU, 1(2), 1–10.
Dana, T. S., Eva, N., & Andayani, S. (2022). Kepercayaan diri dan kesejahteraan psikologis anggota organisasi mahasiswa. Jurnal Psikologi Perseptual, 7(7), 28–45.
Esmiati, A. N., & Nirmala, A. P. (2023). Pengaruh konseling behavioral dengan pemberian reinforcement terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 23–30.
Fardani, Z., Surya, E., & Mulyono. (2021). Analisis kepercayaan diri (Self confidence) siswa dalam pembelajaran matematika melalui model problem based learning. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39–51.
Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX di SMP negeri 2 toma tahun pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/FAGURU
Halim, F. (2019). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri terhadap kecemasan belajar mahasiswa pendidikan dasar. PiJIES: Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 129–146.
Hanifa, L., Fatimah, S., & Alawiyah, T. (2023). Layanan bimbingan kelompok melalui teknik reinforcement untuk kepercayaan diri rendah siswa kelas VIII MTS darussalam. FOKUS, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.22460/focus.v1i1.9089
Haque, R. A., Susanto, D., Damayanti, S. D., & Apriliani, R. (2022). Hubungan konsep diri dengan kepercayaan diri siswa berprestasi kelas XI di SMK. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling, 107–116.
Hidayat, A., & Kurniawan, C. (2016). Pengaruh konsep diri dan kepercayaan diri terhadap perilaku konsumtif pembelian gadget pada mahasiswa fakultas hukum non reguler universitas islam riau. An-Nafs, 10(01).
Jumiatih. (2020). Efektivitas metode bercerita dalam meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia. DIDAKTIKA, 9(1), 123–130. https://jurnaldidaktika.org/
Lestari, P., Gutji, N., & Yaksa, R. A. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa di SMA Adhyaksa I Jambi. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(3), 9027–9039.
Mona, L. S., & Fitriani, W. (2023). Meningkatkaan percaya diri siswa menyampaikan pendapat dengan metode reinforcement positif melalui layanan bimbingan kelompok. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3), 436–442. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR
Mutaharoh, S., Hendriana, H., & Supriatna, E. (2023). Gambaran kepercayaan diri siswa smk aloer wargakusumah. FOKUS, 6(2), 71–77. https://doi.org/10.22460/focus.v6i2.9523
Nisa, V. K., & Zunairoh, Y. (2022). Menumbuhkan rasa percaya diri anak dan interpersonal skill melalui individual competition di dusun jombok. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 83–93. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.75
Novita, L., & Sumiarsih. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 4(2), 92–96.
Novriadi, F., Mayar, F., & Desyandri. (2023). Memperkenalkan drama musikal untuk membangun kreativitas dan kepercayaan diri di sekolah dasar. Journal Of Social Science Research, 3(2), 5757–5768.
Pangestu, R. A., & Sutirna. (2021). Analisis kepercayaan diri siswa terhadap pembelajaran matematika. MAJU, 8(1), 2579–4647.
Purworahayu, D., & Rusmawati, D. (2018). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kematangan karir pada siswa SMA negeri 1 kemangkon di kabupaten purbalingga. Jurnal Empati, 7(2), 321–327.
Rahayu, R. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah matematika pada model PMRI.
Ridanti, J. F., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh reinforcement terhadap kedisiplinan anak di RA Ar-Ridho palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12594–13604.
Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). Kepercayaan diri siswa pada pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 46–57.
Salma, D. A., Boty, M., & Jadidah, I. T. (2024). Pengaruh pemberian penguatan terhadap kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran tematik kelas V di SDN 5 rambang kabupaten muara enim. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(1), 53–59.
Sari, W., Anwar, F., Wirdati, & Engkizar. (2021). Metode diskusi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8904–8909.
Sitorus, S. R., Widiastuti, M., Sitomul, S. R., Harianja, S. D., & Ariawan, S. (2024). Pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru pendidikan agama kristen terhadap motivasi belajar siswa kelas VII, VIII, IX di SMP negeri 6 balige tahun 2023/2024. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(2), 561–574.
Supiati, Fadillah, & Halida. (2016). Peningkatan percaya diri melalui bercerita pada anak usia 5-6 tahun.
Ulfah, M. M., & Winata, W. (2021). Pengaruh verbal abuse terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Instruksional, 2(2), 123–127.
Waluya, A. K., & Djamhoer, T. D. (2022). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kematangan karir siswa SMK di kota cimahi. Bandung Conference Series: Psychology Science, 2(1), 372–379. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i1.1120
Watik, T. A., & Reza, M. (2015). Pemberian reinforcement positive untuk meningkatkan percaya diri anak kelompok B.
Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh model role playing terhadap kepercayaan diri siswa pada pembelajaran matematika SMP. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i4.16597
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aulia Azzarah, Awang Setiawan Wicaksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id