Local Culture-Based Learning in Improving Indonesian Literacy and Literature in Elementary Schools

Ni Kadek Eliyanti, Luh Enik Septiani, Ni Kadek Ena Juliatni, Komang Suryani, Joko Godo Kadu, Ida Bagus Sanjaya, I Nyoman Sudiana

Abstract


This research aims to investigate the implementation of local culture-based learning in elementary schools, with a focus on the use of mother tongue and regional cultural content in Buleleng Regency. Qualitative research methods were used to collect data through interviews, observations and document analysis of teachers from various levels of teaching experience. The research results show that most teachers recognize the importance of developing teaching materials related to local culture, although challenges are still found in the use of regional languages and the development of relevant learning media. The implications of this research show that the integration of local culture in the curriculum can increase student motivation and learning outcomes and strengthen cultural identity in the context of formal education. It is hoped that the results of this research can provide guidance for the development of education policies that are more inclusive and oriented towards local wisdom at the basic education level.

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi pembelajaran berbasis budaya lokal di sekolah dasar, dengan fokus pada penggunaan bahasa Ibu dan muatan budaya daerah di Kabupaten Buleleng. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terhadap guru-guru dari berbagai tingkatan pengalaman mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru mengakui pentingnya pengembangan bahan ajar yang berhubungan dengan budaya lokal, meskipun masih ditemukan tantangan dalam penggunaan bahasa daerah dan pengembangan media pembelajaran yang relevan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi budaya lokal dalam kurikulum dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa serta memperkuat identitas budaya dalam konteks pendidikan formal. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan berorientasi pada kearifan lokal di tingkat pendidikan dasar.

Keywords


Local Culture; Literacy; Literature

Full Text:

FULL TEXT

References


Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). Pengembangan Media E-Story Book Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Dongeng Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1939–1954. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7827

Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model Addie Untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riska Bahasa XIV, 259–267.

Batoebara, M. U., & Suhariyanti, S. (2023). LITERASI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS BUDAYA MELAYU DI HAMPARAN PERAK. Warta Dharmawangsa, 17(4), 1564–1579. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3808

Bu’ulolo, Y. (2021). MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536

Dahlan, S., Sari, R., & Mansor, R. (2019). Kompetensi Pedagogik: Sebuah Tinjauan tentang Internalisasi Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran Matematika SD. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 9. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6318

Edi, S. (2021). Eksplorasi Konten Transformasi Geometri Berbasis Etnomatematika Pakaian Adat Suku Dayak Kenyah. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3. https://doi.org/10.21831/pspmm.v3i0.137

Ekawati, T. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Statistika yang Terintegrasi dengan Nilai-Nilai Keislaman pada Peserta Didik Kelas VIII MTs. UIN Raden Intan Lampung.

Febriana, R., Kurniasih, A., Setiyaningsih, E., & Maharani, O. P. (2020). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TUGU JOGJA. Pedagogy, 7(1), 39–48.

Gazali, R. Y. (2016). PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERMAKNA. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 2, Issue 3).

Hasliyati, A., Safitri, I., Novaldin, I. D., Gunawan Supiarmo, M., Magister, P., Matematika, P., Tarbiyah, F., Keguruan, I., Malik, M., Malang, I., Tarbiyah, J., Lowokwaru, K., Malang, K., & Timur, J. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Tradisional Uma Lengge. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(0), 3311–3321.

Icmi, I., Nova, S., & Aan, P. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Jayendra, P. S. (2018). KONSTRUKSI LEVEL PENGETAHUAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU. GUNA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN HINDU, 5(2). https://doi.org/10.25078/gw.v5i2.638

Juwantara, R. . (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional KOnkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Kahiking, E. C. (2022). Project Based Learning pada Literasi Sains Berbasis Budaya Lokal Bahari dengan Penggunaan Alat Wind Detection. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 177–198. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.428

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

Laksana, D. N. L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa SD Kelas Rendah. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 012. https://doi.org/10.17977/um038v7i12024p012

Laksana, D. N. L., Lawe, Y. U., Ngura, E. T., Kata, F., & Mugi, E. (2023). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Untuk Pembelajaran Baca Tulis Kelas Rendah Berbasis Bahasa Ibu dengan Muatan Budaya Lokal Nagekeo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.

Lestari, H., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Eksploratif Berkonteks BudayaBanten pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 48–59. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/

Magdalena, I., Gunawan, F. A., & Ginting, N. W. N. (2022). Implementasi Desain Pembelajaran Inovatif Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa 3 SD Negeri Sukatani VI Kota Tanggerang. Seroja: Jurnal Pendidikan, 1(3), 34–40. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i1.238

Meliyani, A. R., Mentari, D., Syabani, G. P., & Zuhri, N. Z. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Agar Tercipta Kegiatan Pembelajaran yang Efektif dan Siswa Aktif. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 264–274. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.179

Mentari Darma Putri. (2021). Identifikasi Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 2 Pematang Tiga Bengkulu Tengah. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(01), 9–17. https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v4i01.3610

Novriadi, F., Desyandri, D., & Erita, Y. (2023). Studi Literatur : Tinjauan Filsafat Perspektif Islam Terhadap Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1746–1749. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11202

Nuryana, A., Hernawan, A., & Hambali, A. (2021). Perbedaan Pendekatan Kontekstual dengan Pendekatan Tradisional dan Penerapannya di Kelas.

Sadli, M., & Saadati, B. A. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri 2 Batujai). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2). https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.5087

Saranani, M. S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Pengembangan Bahasa Anak Autisme. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5827–5839. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2280

Subayani, N. W., & Nugroho, A. S. (2019). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN MEREDUKSI MISKONSEPSI SAINS MAHASISWA CALON GURU SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(2), 143. https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i2.753

Susilo, S. V., Febriyanto, B., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan model multiliterasi untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). 10.31949/jcp.v5i1.1199




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i4.16105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ni Kadek Eliyanti., dkk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id