Creative Strategies for Digital Learning Media in Indonesian Language Learning
Abstract
The use of digital learning media in the context of Indonesian language learning is increasingly becoming the focus in efforts to improve the quality of education. This research investigates creative strategies in using digital media to enrich students' learning experiences. The research method used is descriptive analysis with a qualitative approach, using observation, interviews and documentation as data collection techniques. The research results show that digital learning media not only clarifies teaching material, but also succeeds in stimulating students' interest in learning, as well as improving learning outcomes in various aspects such as cognitive, affective and psychomotor. Teachers play an important role in selecting and implementing this media creatively to suit students' needs and characteristics. Thus, this research provides insight into the importance of technology integration in Indonesian language education and offers concrete examples of creative strategies that can be implemented to increase the effectiveness of learning in the digital era.
Penggunaan media pembelajaran digital dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia semakin menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menginvestigasi strategi kreatif dalam pemanfaatan media digital untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital tidak hanya memperjelas materi ajar, tetapi juga berhasil merangsang minat belajar siswa, serta memperbaiki hasil belajar dalam berbagai aspek seperti kognitif, afektif, dan psikomotorik. Guru berperan penting dalam memilih dan mengimplementasikan media ini dengan kreatif agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan Bahasa Indonesia serta menawarkan contoh konkret strategi kreatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di era digital.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Aini, H. Q., & Tresnawati, D. (2019). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA. Jurnal Algoritma, 16(1), 51–57. http://jurnal.sttgarut.ac.id/
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Amelia, S., Wedi, A., & Husna, A. (2022). PENGEMBANGAN MODUL BERBANTUAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN PUZZLE PADA MATERI BANGUN RUANG. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 62–71. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p062
Anggraini, T. S., & Reinita. (2021). Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5, 9853–9859.
Apriliani, M. A., Maksum, A., Wardhani, P. A., Yuniar, S., & Setyowati, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 129. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.129-145
Arsini, K. R., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 173–184. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46323
Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model Addie Untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riska Bahasa XIV, 259–267.
Azizah, H. N., Jumadi, J., & Dewi, D. W. C. (2023). Strategi dan Inovasi Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Pada Generasi Milenial. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(3), 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.6734/argopuro.v1i3.977
Dahlan, S., Sari, R., & Mansor, R. (2019). Kompetensi Pedagogik: Sebuah Tinjauan tentang Internalisasi Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran Matematika SD. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 9. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6318
Dewi, K., & Sahrina, A. (2021). Urgensi augmented reality sebagai media inovasi pembelajaran dalam melestarikan kebudayaan. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 1077–1089. https://doi.org/10.17977/um063v1i102021p1077-1089
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813.
Efendi, P. M., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487
Faujiah, N., Nanda Septiani, S., Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. JUTKEL: Jurnal Telekomunikasi, Kendali Dan Listrik, 3(2), 81–87.
Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.
Heldanita, H. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53–64.
Jabat, D. E. B., & Pasaribu, H. H. S. (2023). DISRUPSI DIGITALISASI. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 3(2), 110–112. https://www.gramedia.com/best-
Jamil. (2022). Optimalisasi Layanan Tutorial Online dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Bantuan Belajar Online Mahasiswa UT. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 141–150. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1714
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Khotimah, S., Kustiono, K., & Ahmadi, F. (2021). Pengaruh Storytelling Berbantu Media Audio Terhadap Kemampuan Menyimak dan Berbicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2020–2029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1813
Koesnandar, A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sesuai Kurikulum 2013. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 33–61. 10.31800/jtp.kw.v8n1.p33--61
Lestari, H., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Eksploratif Berkonteks BudayaBanten pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 48–59. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/
Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819
Meliyani, A. R., Mentari, D., Syabani, G. P., & Zuhri, N. Z. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Agar Tercipta Kegiatan Pembelajaran yang Efektif dan Siswa Aktif. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 264–274. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.179
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218
Putri, Y. A., Alfaridzi, M., Mardianto, M., & Anas, N. (2023). Strategi Pembelajaran Al-Hadis dan Media Pembelajaran. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(2), 213–227. https://doi.org/10.56832/edu.v1i2.62
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. 10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rindaningsih, I., Hastuti, W. D., & Findawati, Y. (2019). Desain Lingkungan Belajar yang Menyenangkan Berbasis Flipped Classroom di Sekolah Dasar. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2452
Robithotul Khoir, N., & Ikhwan, A. (2022). Pembelajaran Behavioristik Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Ibadah Siswa. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(3), 175–185. https://doi.org/10.55080/jpn.v1i3.36
Rosyadi, A. A. P. (2021). ANALISIS BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTROVERSIAL MATEMATIKA. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.9988
Saifudin, I. (2020). PEMBELAJARAN E-LEARNING, PEMBELAJARAN IDEAL MASA KINI DAN MASA DEPAN PADA MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS Ilham Saifudin Wiwik Suharso. J Urnal Pendidikan, 5.
Salsabila, S., Hanifah, U., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304.
Saranani, M. S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Pengembangan Bahasa Anak Autisme. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5827–5839. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2280
Sembiring, S. B., Agung, A. A. G., & Antara, P. A. (2021). Media Audio Visual dengan Tema Lingkunganku Terhadap Keterampilan Berbicara Anak di Depan Umum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 371. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40134
Siti Rodi’ah, I. H. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 23–35. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.225
Suherman, S., Damayanti, E., & Septuri, S. (2019). Pengetahuan Deklaratif Siswa Tunanetra Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 7(2), 173. https://doi.org/10.35450/jip.v7i2.132
Susilo, S. V., Febriyanto, B., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan model multiliterasi untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). 10.31949/jcp.v5i1.1199
Usmaedi. (2021). EDUCATION CURRICULUM FOR SOCIETY 5.0 IN THE NEXT DECADE Usmaedi 1 1 Dosen Program Studi Guru Sekolah Dasar STKIP Setiabudhi. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63–79. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd
Wibowo, S. A., Nursalam, H., & Muhajir, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Tema 9 Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2142–2152. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3643
Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122.
Zakiyah, Z., Arisandi, M., Oktora, S. D., Hidayat, A., Karlimah, K., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Media Komik Digital Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Basicedu, 6(5), 8431–8440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3869
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i3.16104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Eka Wardhana., dkk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id