Discovery Learning-Based Learning Strategies in the Implementation of Literature Learning in Elementary Schools

I Kadek Wisnu Nata, Putu Agus Putu Agus Paremata, Maharani Ayu Ningrum, Luh Putu Ritzki Wedanthi, I Dewa Gede Jaya Antara

Abstract


This study aims to explore the implementation of Discovery Learning-based learning strategies in literature learning in elementary schools. A qualitative method with a case study design is used to gain an in-depth understanding of the effectiveness and challenges faced in the application of this method. Data was collected through participatory observations, in-depth interviews with teachers and students, and analysis of documents such as syllabus and student work. The results show that Discovery Learning can increase student active engagement, encourage critical and creative thinking, and strengthen communication skills. Students appear to be more enthusiastic and engaged in reading, analyzing, and discussing literary texts, as well as demonstrating better abilities in interpreting the meaning of texts and relating them to personal experiences. However, some challenges such as the need for more thorough preparation, time constraints, and resources need to be overcome to ensure the successful implementation of this method. This research also emphasizes the importance of support from schools and teacher training to improve competence in implementing Discovery Learning. Overall, the study concludes that Discovery Learning has great potential to improve the quality of literature learning in primary schools, but its success is highly dependent on teacher readiness, institutional support, and adequate curriculum adaptation. The findings of this study provide a solid foundation for the further development and wider application of Discovery Learning in literary education in Indonesia, as well as provide practical recommendations for educators and policymakers.

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi strategi pembelajaran berbasis Discovery Learning dalam pembelajaran sastra di sekolah dasar. Metode kualitatif dengan desain studi kasus digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang efektivitas dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan metode ini. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, analisis dokumen seperti silabus dan karya siswa juga pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan hasil evaluasi melalui pre-test dan post-test, terjadi peningkatan pemahaman siswa yang signifikan. Rata-rata skor pre-test sebelum penerapan strategi ini adalah 65, sedangkan setelah pembelajaran menggunakan Discovery Learning, skor rata-rata post-test meningkat menjadi 85. Dimana Discovery Learning mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa, mendorong pemikiran kritis dan kreatif, serta memperkuat keterampilan komunikasi. Siswa tampaknya lebih antusias dan terlibat dalam membaca, menganalisis, dan mendiskusikan teks sastra, serta menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam menafsirkan makna teks dan menghubungkannya dengan pengalaman pribadi. Namun, beberapa tantangan seperti perlunya persiapan yang lebih matang, kendala waktu, dan sumber daya perlu diatasi untuk memastikan keberhasilan penerapan metode ini. Penelitian ini juga menekankan pentingnya dukungan dari sekolah dan pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan Discovery Learning. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa Discovery Learning memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sastra di sekolah dasar, tetapi keberhasilannya sangat tergantung pada kesiapan guru, dukungan kelembagaan, dan adaptasi kurikulum yang memadai. Temuan-temuan penelitian ini memberikan landasan yang kuat bagi pengembangan lebih lanjut dan penerapan Discovery Learning yang lebih luas dalam pendidikan sastra di Indonesia, serta memberikan rekomendasi praktis bagi para pendidik dan pembuat kebijakan.

Keywords


Discovery Learning; Literature Learning; Critical Thinking; Creative Thinking; Communication Skills

Full Text:

FULL TEXT

References


Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.752

Agustin, R. W., & Ulfatun, T. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Holistik di SMK. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 794–802. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.991

Alawiyah, S., Rafli, Z., & Boeriswati, E. (2022). Meningkatkan Pemahaman Membaca Melalui Program Ekstensif Literasi Teks Sastra. Jurnal Dieksis Id, 2(2), 55–62. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.2.2022.231

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Aprinawati, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Sekolah Dasar Negeri 55 Pekanbaru. Jurnal Basicedu, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.159

Ati, M. R. S., Listiana, L., & Sulistyorini, D. E. (2024). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Media Flash Card untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IA SDN Kalirungkut I/264 Surabaya. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(2).

Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229–244. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728

Asriningsih, N. W. N., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 251. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202

Giawa, R., Harefa, A. R., & Waruwu, T. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 411–422. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.59

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54

Hartini, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a). https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038

Hasanah, U., Angraeni, M., Jannah, R., & Zulkifli, R. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 5(2), 136–143. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v5i2.12307

Indana, N. (2018). Penerapan Kurikulum Terintegrasi Dalam Mengembangkan Mutu Belajar Siswa (Studi Kasus Di Sma Darul ‘Ulum 1 Unggulan Bppt Jombang). Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 121–147. https://doi.org/10.31538/ndh.v3i2.80

Irawana, T. J., & Desyandri, D. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU

Jannah, A. N., Putri, D. A., & Cahyani, S. A. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 228–236.

Kamila, N. (2024, September 29). Penerapan Model Discovery Learning di Sekolah Dasar, Tantangan dan Solusinya. Kumparan.

PENDIDIKAN, 1(3), 222–232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Mitra, Y., & Taufik, T. (2023). Penerapan Model Discovery Learning (Dl) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar (Studi Literatur). E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 173. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10428

Mariyaningsih, N., & Hidayat, M. (2018). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Nurokhim, S. (2024). Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Rachmadhani, S. A. D., & Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178–192. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1231

Ridwan, S. L. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 637–656. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.201

Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01). https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305

Saputri, A. N., Roulia, A. R., & Zuliani, R. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Kelas V SDN Karet 2 Kabupaten Tangerang. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 58–70. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.266

Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 176–182. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.310

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468

Suriani, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18592–18603. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.15102

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Tanjung, R., Supandi, & Moch Toyyib, A. (2021). Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri Pasirkaliki Ii Karawang. Jurnal Tahsinia, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.299

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v13i1.16103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 I Kadek Wisnu Nata, dkk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id