Positive Parenting Training on the Quality of Maternal Care with Early Childhood at SPS Teratai

Ni Wayan Yuli Anggreni, Idei Khurnia Swasti, Putu Riana Artyanti Putri, Ratna Devy Winayanti, Ida Bagus Gde Yoga Pramana, Ayu Rahmadita Apsari

Abstract


Good quality care can mean that parents are able to provide care that suits their child's needs. Good quality in parenting is related to parents' knowledge about positive parenting. Positive parenting is a parenting style that balances warmth and appreciation with the rules and discipline that parents apply to their children. This research aims to determine the effect of positive parenting training on the quality of care for mothers of early childhood at SPS Teratai. The subjects of this research were mothers of early childhood children aged 2-6 years at SPS Teratai. The measuring tool used is the parenting quality scale from Efnita (2014). The results of the research show that the statistical test using the Wilcoxon Signed Rank Test using the SPSS 21.00 for Windows application shows a probability value of 0.027 (p<0.05). This shows that there is a change in the quality of parenting between the groups before and after positive parenting training. The results of the FGD also showed that participants learned about positive parenting which focuses on reducing negative parental behavior in caring for children, increasing attention to positive behavior in children and establishing empathetic closeness to children, carrying out more positive discipline so that they do not use violence either physically. verbal and emotional.

Kualitas pengasuhan yang baik dapat bermakna bahwa orangtua mampu memberikan pengasuhan yang sesuai dengan kebutuhan dari anaknya. Kualitas yang baik dalam pengasuhan berkaitan dengan pengetahuan orangtua tentang pengasuhan yang positif. Pengasuhan positif adalah pola asuh yang menyeimbangkan antara kehangatan serta pengahargaan dengan aturan dan disiplin yang diterapkan orangtua kepada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan pengasuhan positif terhadap kualitas pengasuhan ibu dari anak usia dini di SPS Teratai. Subjek penelitian ini adalah ibu dari anak usia dini yang berusia 2-6 tahun di SPS Teratai. Alat ukur yang dipakai adalah skala kualitas pengasuhan dari Efnita (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji statistik dengan uji beda Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan aplikasi SPSS 21.00 for windows menunjukkan nilai probabilitas 0,027 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan kualitas pengasuhan antara kelompok sebelum dan sesudah pelatihan pengasuhan positif. Hasil FGD juga menunjukkan bahwa peserta belajar tentang pengasuhan positif yang berfokus untuk mengurangi perilaku negatif orangtua dalam melakukan pengasuhan kepada anak, meningkatkan perhatian pada perilaku positif pada anak dan menjalin kedekatan yang penuh empati kepada anak, melakukan disiplin yang lebih positif sehingga tidak menggunakan kekerasan baik secara verbal maupun emosional.


Keywords


Positive Parenting Training; Quality of Parenting; Mothers with Early Childhood

Full Text:

FULL TEXT

References


Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak gadget terhadap perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i9.1159

Ardian, D. (2023). Analisis peran senior dalam upaya meningkatkan kualitas pengasuhan taruna di akademi penerbang indonesia banyuwangi. Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Perencanaan Kebijakan, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.47134/jampk.v1i2.90

Arifin, K., Febriananda, F., Satria, I. B., Natfi, A., Yarni, L., Sjech, U. I. N., & Djambek, M. D. (2023). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 2(5), 340–349.

Arrasyid, A. K., & Mashari, A. (2022). Pengaruh pola asuh orang tua pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3218–3224. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2933

Artha, I. K. A. J., & Cahyani, A. D. (2023). Aplikasi parents and kids berbasis android untuk meningkatkan keterampilan pola pengasuhan positif anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1001–1016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3903

At-Taqiyyah, A. K., & Hakim, H. al. (2024). Positive parenting untuk menurunkan kenakalan pada remaja. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(3), 301–308. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i3.315

Dewi, S. L. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis permainan pada pendidikan dan perkembangan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 313–319. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.346

Dhiu, K. D., & Fono, Y. M. (2022). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328

Diana, R. R., Chirzin, M., Bashori, K., Suud, F. M., & Khairunnisa, N. Z. (2021). Parental engagement on children character education: The influences of positive parenting and agreeableness mediated by religiosity. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 428–444. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39477

Efnita, S. (2014). Program pengasuhan positif untuk meningkatkan kualitas pengasuhan ibu [Doctoral Dissertation]. Universitas Gadjah Mada.

Handika, & Fadhilaturrahmi. (2021). Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku prososial di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3306–3313. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1355

Ikhsani, S. S. S., & Utami, D. S. (2020). Hubungan antara pengasuhan positif dan child well-being pada orang tua dengan anak tunarungu di yogyakarta. In Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH), 1(1), 322–331.

Intani, Z. F., & Utami, M. S. (2022). Pelatihan fathering untuk meningkatkan kualitas pengasuhan pada ayah yang memiliki anak usia prasekolah. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 8(1), 13–34. https://doi.org/10.22146/gamajpp.73577

Mauna, Akbar, Z., & Zakiah, E. (2020). Program psikoedukasi positive parenting untuk meningkatkan kualitass pengasuhan orang tua di kelurahan jati asih, kecamatan jati asih, kota bekasi, jawa barat. Sarwahita, 17(02), 174–183. https://doi.org/10.21009/sarwahita.172.8

Maunah, S. (2021). Pola asuh orang tua pada pendidikan agama anak di desa hampalit, katingan hilit, katingan. Jurnal Sosial Sains, 1(6), 499–509. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i6.131

Monalisa, Nomiko, D., & Ekawati, F. (2023). Pengaruh modifikasi positive parenting program terhadap keterampilan mindful orang tua dalam pengasuhan anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 285–296. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.316

Mulyanti, S., Kusmana, T., & Fitriani, T. (2021). Pola pengasuhan orang tua terhadap perkembangan anak usia pra sekolah: Literature review. HealthCare Nursing Journal, 3(2), 116–124. https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/healtcare/article/view/1333

Nasution, I. N., Aiyudia, N., Putra, R. E., & Nofrianda, R. (2022). Pengasuhan positif sebagai upaya ketahanan keluarga dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Pusako: Jurnal Pengabdian Psikologi, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.24036/pusako.v1i1.12

Nazilah, F., Nisak, F. K., Herawardani, B. T., Handayani, S., Imarta, A. D., & Khoironi, S. N. (2023). Pola asuh orang tua terhadap belajar di rumah untuk anak usia dini di kelurahan kepanjen kabupaten malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.56393/jpkm.v1i1.501

Nisa, S. K., & Abdurrahman, Z. (2023). Pola asuh orang tua dalam pelaksanaan ibadah sholat anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 517–527. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.260

Nuraeni, S. (2020). Peran majelis pelayanan sosial (MPS) muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas pengasuhan orang tua dalam pelatihan good parenting melalui media sosial whatsapp. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 308–314. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.4364

Nurhani, S., & Atika Putri, A. (2020). Keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap kemampuan penyesuaian diri anak usia 4-6 tahun. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 34–42. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i1.1654

Pamungkas, G., Susilowati, E., & Kartika, T. (2021). Model home visitation dalam penguatan pengasuhan keluarga (Studi tentang pengubahan komunitas pada keluarga dampingan SOS childrens’s village lembang). Jurnal Ilmiah Kebijakan dan Pelayanan Pekerjaan Sosial (Biyan), 3(1), 20–38. https://doi.org/10.31595/biyan.v3i1.385

Rizkillah, R., Hastuti, D., & Defina. (2023). Pengaruh karakteristik remaja dan keluarga, serta gaya pengasuhan orang tua terhadap kualitas hidup remaja di wilayah pesisir. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 16(1), 37–49. https://doi.org/10.24156/jikk.2023.16.1.37

Sanders, M. (2008). Triple p-positive parenting program as a public mental health approach to strengthening parenting. Journal of Family Psychology, 22(3), 506–517.

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan karakter: Studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak ibu sunah di tanjung benoa. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya, 10(1), 55–56. https://doi.org/10.46650/wa.10.1.864.%25p

Sari, P. P., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.

Sawitri, D. R., Kaloeti, D. V. S., Kustanti, E. R., Qonitatin, N., Nurhayati, N. F., & Hidayati, F. N. R. (2021). Positive parenting, career aspirations, and exploration: A study of third-year urban undergraduate students. Psychological Research on Urban Society, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.7454/proust.v4i1.118

Shaleh, M. (2023). Pola asuh orang tua dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 86–102. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.144

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1566.

Silmi, I. S., Daud, M., & Indahari, N. A. (2022). Efektivitas pelatihan positive parenting terhadap penurunan kecenderungan perilaku kekerasan orang tua pada anak di kota makassar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(4), 281–290. https://doi.org/10.56799/peshum.v1i4.439

Sitanggang, F. S., Silaban, P. J., Lumbangaol, R., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kepribadian siswa pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2358–2362. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/589

Sumbawa, R. O., & Karmila, M. (2021). Pola pengasuhan positif orang tua pada anak usia dini selama belajar dari rumah di masa pandemi covid-19. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 116–127. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4790

Suminar, D. R., & Hamidah. (2023). Membangun kesehatan mental anak usia dini dengan pengasuhan positif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8521–8526. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2640

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini di masa pandemi corona virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Tri, I., Dwi, I., Pradipta, M., Diana, N., Nurhidayah, S., Sulistiyani, Kartika, N., Julianingsih, D., & Soemarmi. (2024). Pendampingan orang tua tentang pola asuh positif di era digital dalam menumbuhkan karakter anak zaman. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(11), 2247–2262. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

Trisnadi, M. C., & Andayani, B. (2021). Program pengasuhan positif dengan co-parenting untuk menurunkan penerapan pengasuhan disfungsional. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 7(1), 74–85. https://doi.org/10.22146/gamajpp.65280

Ulfa, M., & Na’imah. (2020). Peran keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

Waroka, L. A. (2022). Peran ayah dalam pengasuhan positif anak usia dini umur 4-5 tahun. Jurnal Studi dan Kemuhammadiyahan, 2(1), 38–46.

Yunita, R., Neviyarni, Syarifuddin, H., & Fitria, Y. (2020). Korelasi pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 571–576. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.390




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i3.16098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ni Wayan Yuli Anggreni., dkk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id