PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KREATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Aflah, S. Z., & Anisa, A. (2020). Analisis Warna dan Bentuk terhadap Kemampuan Visual Anak Autis Pada Fasilitas Pendidikan. Jurnal Linears, 3(1), 01–19. https://doi.org/10.26618/j-linears.v3i1.3214
Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan metode ceramah dan diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(2), 119–131.
Andriani, K. ., Maemonah, & Wiranat, R. . (2022). Penerapan Teori Belajar Skinner. Saliha, 5(1), 78–91.
Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 135–142. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Ety, E., & Riandi, R. (2021). Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013. VARIASI: Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 13(2), 67–72. https://doi.org/doi.org/10.51179/vrs.v14i3
Firliani, F., Ibad, N., DH, N., & Nurhikmayati, I. (2019). Teori Throndike Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 823–838. https://prosiding.unma.ac.id/Index.Php/Semnasfkip/Article/View/118
Jannah, A. M. (2021). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Ditinjau Dari Gaya Belajar Di Sdn Jatisari 02 Kec. Geger Kab. Madiun.
Lestari, F., Putri, A. D., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 2581–0480.
Marpaung, J. (2015). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2), 82–86. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Nahar, N. . (2019). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. An Inquiry into the Foundations of Psychology, 89–99. https://doi.org/10.4324/9781003014546-7
Nggie, P. M. (2016). Hubungan Atraksi Interpersonal Siswa Terhadap Guru dan Manajemen Waktu dengan Motivasi Belajar Pada Siswa. PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4234
Nila, & Nurjanah, S. (2021). Implementasi Teori Kognitif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika di Kelas V. Jemari: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 47–50. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.825
Patimah, S. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran matematika pada materi pecahan campuran berbasis daring (melalui aplikasi whatsapp) di masa pandemi COVID-19 pada siswa kelas 4 SDN Pakujajar CBM. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 98–105. https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3679
Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.901
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377
Robithotul Khoir, N., & Ikhwan, A. (2022). Pembelajaran Behavioristik Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Ibadah Siswa. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(3), 175–185. https://doi.org/10.55080/jpn.v1i3.36
Salsa Bila, A., Aullani Rohmah, N., Nur Indah Sari, K., Arifah, L., & Dian Nurul Iffah, J. (2023). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Matematika. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.33087/phi.v7i1.252
Sandi, M. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dengan Minat Belajar Siswa-Siswi. PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4365
Septiana, A. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika. PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(3). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i3.3783
Suhendri, H. (2015). Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
Surya Astuti Zebua, N., Zalukhu, A., Herman, Susanti Telaumbanua, M., Berkat Tabah Hulu, D., Hutauruk, A., & Manik, E. (2023). Kajian Teori Behavioristik Stimulus dan Respon dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4038–4054. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4011
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (2 ed.). Prenadamedia Group.
Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v13i1.14409
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ni Kadek Ena Juliatni, Ni Ketut Suarni, I Gede Margunayasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id