Reflections on Memorizing the Qur'an on the Spiritual Intelligence of Santri Ma'had Al-Mubarok Al-Islami Litahfidzil Qur'an Al-Karim

Dedek Noviyani, Elli Nur Hayati

Abstract


The purpose of this study was to describe the reflection of the effect of memorizing the Koran on the spiritual intelligence of students. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach. The sampling technique used was purposive sampling, while data collection was carried out by observation and interviews. Then the data analysis process used thematic analysis (tradition) The results of this study indicate that memorizing the Koran affects the spiritual intelligence of the five subjects and of course there have been many changes from before and after memorizing the Koran to the spiritual intelligence of Ma'had Al-Mubarok students to make the students better in living their daily lives. The conclusion of this study is that the five subjects felt the impact of memorizing the Koran on their spiritual intelligence. There were supporting factors which influenced, namely pure intention because of Allah, and consistent worship (istiqomah) and the motivation of parents, teachers, and families. While the inhibiting factors are laziness and the temptation to use gadgets.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui refleksi pengaruh menghafal al-Quran terhadap kecerdasan spiritual santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah purposive sampling, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Kemudian proses analisis data menggunakan tradisi analisis tematik (Thematic Analysis). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa refleksi kelima subjek menghafal al-Quran berpengaruh terhadap kecerdasan spiritual mereka. Banyak perubahan dari sebelum dan sesudah menghafal al-Quran terhadap kecerdasan spiritual santri Ma’had Al-Mubarok sehingga menjadikan santri lebih baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini kelima subjek merasakan pengaruh dari menghafal al-Quran terhadap kecerdasan spiritual sehingga mengalami perubahan dari sebelum dan sesudah menghafal Quran. Ada dua faktor pendukung yang mempengaruhi yaitu niat semata karna Allah dan ibadah yang istiqomah, serta motivasi orang tua, guru dan keluarga. Sedangkan faktor penghambatnya adalah rasa malas dan godaan penggunaan gawai.


Keywords


Reflection, Memorizing al-Quran, Spiritual Intelligence

Full Text:

FULL TEXT

References


Abduldaem Al-Kaheel. (2010). Al-Qur’an The Healing Book. Tarbawi Press.

Amiruddin. (2020). Konsep Bala Dalam Al-Qur’an. Al-Kauniyah: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(1), 1–20. file:///C:/Users/user/Downloads/369-Article Text-1352-1-10-20210304.pdf

Aridhona, J. (2017). Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 224–233. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUIS

Aziz, J. A. (2017). Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Roudhotul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.14421/jga.2017.21-01

Budi, A. S., & Mahpur, M. (2014). Dinamika Psikologis Istiqomah pada Santri Hamilil Quran Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 11(1), 1–4. https://doi.org/10.18860/psi.v11i1.6377

Danah Zohar dan Ian Marshall. (2007). SQ Kecerdasan Spiritual. PT. Mizan Pustaka.

Fajarin, A., Sutoyo, A., & Sugiharto, D. Y. P. (2017). Model Menghafal pada Penghafal Al-Qur’an Implikasinya pada Layanan Penguasaan Konten dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 13–19.

Faqih Purnomosidi. (2018). Sholat Tahajjud Sebagai Manajemen Stres Pada Karyawan Di Universitas Sahid Surakarta. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 3(1), 1–124.

Fauziyyah, M., & Karyani, U. (2017). Kesejahteraan Siswa: Studi Komparatif Siswa Berdasar Keikutsertaan Kegiatan Tahfidz. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 193–200. https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i2.4980

Fikri, A. (1997). Fleksibilitas Hukum Islam. 147–157.

Fithriani Gade. (2014). Implementasi Metode Takrar Dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 413–425.

Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di Ma’Had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 39–58.

Hayfa Rohmawati. (2022). PENGARUH KEGIATAN PEMBACAAN MANĀQIB SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANI TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZIL QUR’AN AL-MUQORROBIN [INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/21201/1/SKRIPSI HAYFA NEW.pdf

Hodijah, S., & Supendi, D. (2021). Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasaan Spiritual Peserta Didik Kelas X di MA Al-Huda Jatiluhur. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(02), 77–93. https://doi.org/10.52593/pdg.02.2.02

Islam, S., & Jadid, U. N. (2018). OASE SPIRITUAL PESANTREN DI NUSANTARA : STRATEGI MEMBANGUN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT ( ESQ ) SANTRI. 02(02), 245–268.

John W. Creswell. (2015). Research Design (Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Belajar.

Julianto, V., & Subandi, -. (2015). Membaca Al Fatihah Reflektif Intuitif untuk Menurunkan Depresi dan Meningkatkan Imunitas. Jurnal Psikologi, 42(1), 34. https://doi.org/10.22146/jpsi.6941

Kahija, Y. L. (2017). Penelitian Fenomenologis Jalan Memahami Pengalaman Hidup. PT Kanisius.

Lexi J. Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Meirani, Ngadri Yusro, Syaiful Bahri, A. (2020). Strategi peningkatan minat menghafal al quran santri di pondok pesantren arrahmah curup b. Didaktika: JURNAL PENDIDIKAN, 14(1), 1–17.

MUAFIAH, A. F. (2019). PENGARUH MOTIVASI DAN HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IX SMP ISLAM TERPADU FITRAH INSANI BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018. In Αγαη (Vol. 8, Issue 5).

Muhammad Aziz. (2017). Pembentukan kecerdasan spiritual pada anak melalui tahfidzul Qur’an : Studi multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Sa’adatul Khidmah dan Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi [UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/9940/

Nazaruddin. (2020). Spiritual Quotient Penghafal Al-Qur’an Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Journal of Darussalam Islamic Studies, 1(1), 20–30.

Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861

Rahmawati, U. (2016). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri: Studi terhadap Kegiatan Keagamaan di Rumah TahfizQu Deresan Putri Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 97. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1332

Rasyid, A. (2019). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Santri Tahfidz Masjid Istiqamah Balikpapan Universitas Balikpapan. Jurnal Edueco, 2(1), 67–75. https://doi.org/10.36277/edueco.v2i1.36

Raya, moch khafid zfuad. (2019). Kajian Psikologis Tahfiz Al-Qur’an. Pendidikan Islam, 9(1), 1–11.

Sari, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Anak untuk Mengikuti Pendidikan Tahfiẓ al-Qur’an. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(2), 335–346. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v3i2.211

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Alfabet.

Supriono, I. A., & Rusdiani, A. (2019). Implementasi Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di Lptq Kabupaten Siak. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5281

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) SISWA SEKOLAH DASAR SD NEGERI 4 BILOKKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS DIRI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 11–29. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.325

Toyibah, S. A., & Sulianti, A. (2017). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 191–204. https://jpi.api-himpsi.org/index.php/jpi/article/view/49

Wulandari, S., Setyowani, N., & Mugiarso, H. (2012). Upaya Meningkatkan Empati Dalam Berinteraksi Sosial Melalui Dinamika Kelompok Pendekatan Experiential Learning. Indonesian Journal of Guidance and Counseling - Theory and Application, 1(2), 40–46.

Yusron Masduki. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an. 66, 37–39. https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i3.11976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id