Can Self-Efficacy Serve as a Mediator Variable of Hardiness to Cheating Behavior in College Students?

Sofhie Istiqomah Agustin, Cempaka Putrie Dimala, Christina R Wulandari

Abstract


Cheating behavior is nothing new nowadays. This dishonest behavior is considered normal in the world of education. If it continues, there are possibility that this dishonesty behavior will also be applied in every  social situations. This research aims to determine the role of hardiness in cheating behavior through self-efficacy. This research involved 400 college students. The Cheating Behavior measuring instrument use the Cheating Behavior Scale based on Cizek category  (2003). The Hardiness Scale modified from the Christianto and Amalia scale (2022), and the Self-Efficacy Scale were measured using a modified Indonesian version of the General Self-Efficacy Scale from Novrianto et al (2019). The approach used in this research is a quantitative approach with statistical analysis, namely regression analysis. The results showed that: (1) there is a significant direct role of hardiness on cheating behavior; (2) There is a significant direct role of hardiness on self-efficacy; (3) There is a significant direct role of self-efficacy on cheating behavior; (4) Self-efficacy can play a significant role as a mediator variable from hardiness to cheating behavior. It can be concluded that hardiness plays a role in cheating behavior through self-efficacy as a mediator variable. The role obtained from hardiness and self-efficacy towards cheating behavior together is equal to 29.3% with effective contributions of hardiness is 23.9% and self-efficacy is 5.3%. The implication of this research is the importance of hardiness as an individual personality characteristic, this affects self efficacy. Thus the possibility of individuals to do cheating behavior in academic environment will be low.

Perilaku menyontek bukanlah hal yang baru pada saat ini. perilaku tidak jujur ini sudah dianggap biasa dalam dunia pendidikan, jika terus dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan perilaku ketidakjujuran ini akan diterapkan juga dalam lingkungan sosial sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri sebagai variabel mediator dari  hardiness terhadap perilaku menyontek. Teknik sampling penelitian ini menggunakan kuota sampling dengan sampel sebanyak 400 mahasiswa di Karawang. Alat ukur Perilaku Menyontek dalam penelitian ini menggunakan Skala Perilaku Menyontek (Cheating) berdasarkan kategori Cizek (2003). Skala Hardiness yang  dimodifikasi  dari skala Christianto dan Amalia (2022), dan Skala  Efikasi diri diukur menggunakan modifikasi General Self Efficacy Scale (GSES) Versi Indonesia dari Novrianto, et al (2019). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik yaitu analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peran langsung yang signifikan dari hardiness terhadap perilaku menyontek; (2) Terdapat peran langsung yang signifikan dari hardiness terhadap efikasi diri ; (3) Terdapat peran langsung yang signifikan dari efikasi diri terhadap perilaku menyontek; (4) Efikasi diri dapat berperan signifikan sebagai variabel mediator dari hardiness terhadap perilaku menyontek. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peran hardiness terhadap perilaku menyontek melalui efikasi diri sebagai variabel mediator. Peranan yang diperoleh dari hardiness dan efikasi diri terhadap perilaku menyontek secara bersama-sama yaitu sebesar 29.3% dengan sumbangan efektif hardiness sebesar 23.9% dan efikasi diri sebesar 5.3%. Implikasi pada penelitian ini yaitu pentingnya hardiness sebagai karakteristik kepribadian individu, hal ini berpengaruh terhadap efikasi diri. Sehingga, kemungkinan individu untuk melakukan perilaku menyontek di lingkungan akademik akan rendah.


Keywords


Cheating Behavior; Hardiness; Self Efficacy

Full Text:

FULL TEXT

References


Abdullah, M. (2015). Metode penelitian kuantitatif. Aswaja Pressindo.

Adriana, I. K., & Rahmasari, D. (2018). Analisis faktor-faktor yang membentuk perilaku menyontek pada mahasiswa tingkat awal jurusan psikologi unesa. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 5(2005).

Alwisol. (2018). Psikologi kepribadian. Universitas Muhammadiyah Malang.

Amalia. (2017). Pengaruh hardiness dan efikasi diri terhadap regulasi diri. Psikoborneo, 5(4), 521–530. https://doi.org/9http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4

Anderman, E. M., & Murdock, T. B. (2007). Psychology of academic cheating (E. M. Anderman & T. B. Murdock, Ed.). Academic Press, Inc.

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi (II). Pustaka Pelajar.

Christianto, L. P., & Amalia, S. R. (2022). Penyusunan alat ukur hardiness untuk individu pada tahap perkembangan dewasa awal. Seminar Nasional Mahasiswa (SENACAM).

Cizek, G. J. (1999). Cheating on Tests. Lawrence ’Elbraum Associates. https://doi.org/10.4324/9781410601520

Cizek, G. J. (2003). Detecting and preventing classroom cheating. Corwin Press, Inc.

Fadillah, A. (2019). Hubungan antara efikasi diri dengan perilaku menyontek pada mahasiswa. Psikoborneo, 7(4), 657–664.

Fitri, M., Dahliana, & Nurdin, S. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku menyontek pada siswa sma negeri dalam wilayah kota takengon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 2(1), 19–30.

Fitria, Y. (2019). Perilaku menyontek : Persepsi terhadap iklim sekolah dengan ketidakjujuran akademik. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 07(01), 1–131. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.7833.

Hafizha, R. (2021). Pentingnya integritas akademik. JECO: Journal of Education and Counseling, 1(2), 115–124.

Hamidayati, & Hidayat, S. (2020). Pendidikan Karakter; Fenomena perilaku mencontek pada siswa di sekolah dasar. Pedadidaktika: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar, 7(4), 175–185. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.25403

Herdian. (2017). Ketidakjujuran akademik pada saat unbk tahun 2017. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 1–9.

Herlina, & Diputra, T. T. (2018). Implementasi rumus sobel pada web dengan topik regresi linier menggunakan variabel intervening. Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi, 1(1), 19–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v1i1.1106

Hidayat, W. K., & Damaianti, L. F. (2018). Efek hardiness terhadap perilaku mencontek. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/insight.v2i2.14169

Indriati, F., & Muti’ah, T. (2015). Hubungan antara hardiness dengan self-efficacy pada lansia masih bekerja di banguntapan bantul. Jurnal SPIRITS, 5(2). https://doi.org/http://doi.org/10.30738/spirits.v5i2.1064

Kurnia, A., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh hardiness dan dukungan sosial terhadap stres akademik mahasiswa. Psikoborneo, 9(3), 657–666. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Medan Area. (2021). Penelitian korelasi: Definisi jenis-jenis dengan contohnya. Diakses pada 18 Juni 2023, dari https://lp2m.uma.ac.id.2021/12/13/penelitian-korelasi-definisi-jenis-jenis-dengan-contohnya.

Maddi, S. R. (2013). Hardiness: Turning Stressful Circumstances Into Resilient Growth. Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-007-5222-1.

Masada, C. H. T., & Dachmiati, S. (2016). Faktor pemengaruh perilaku siswa dan mahasiswa menyontek. Sosio-E-Kons, 8(3), 227–233.

Miranda, C. A., Uyun, M., Studi, P., Islam, P., & Psikologi, F. (2023). Impact academic pressure and academic ability against academic. Psikoborneo, 11(1), 117–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i1.

Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas konstruk instrumen general self efficacy scale versi indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 1. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6943

Periantalo, J. (2015). Penelitian kuantitatif untuk psikologi. Pustaka Pelajar.

Pratiwi, I. W. (2021). Efikasi diri dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Jurnal, 7(12), 15–23.

Preacher, K. J ., & Leonardelli, G. J. (2010). Calculation for the sobel test. Diakses pada 18 Juni 2023, dari http://quantpsy.org/sobel/sobel.htm

Rujoiu, O., & Rujoiu, V. (2015). Academic dishonesty and workplace dishonesty . An overview. PROCEEDINGS OF THE 8th INTERNATIONAL MANAGEMENT CONFERENCE.

Shara, S. (2016). Hubungan self-efficacy dan perilaku fakultas psikologi universitas x relationship between self efficacy and cheating behavior in student at faculty of psychology universitas x. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 42–49.

Shinde, S., Verma, V., & Patki, A. (2016). The relationship between self efficacy , hardiness and perceived stress amongst professional dancers. Indian Journal of Mental Health, 3(4), 419–425.

Sukmadinata, N. S. (2016). Landasan psikologi proses pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Tindaoan, E. D. M., & Rusmawati, D. (2018). Hubungan antara hardiness dengan efikasi diri keputusan karir pada siswa kelas xii smk negeri 11 kota semarang. Jurnal Empati, 7(3), 224–229.

Wahyudiati, N. P. (2015). Hubungan antara tingkat self-efficacy dengan perilaku menyontek pada mahasiswa di universitas muhammadiyah gresik. Jurnal Psikosains, 10(1). https://doi.org/http://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/229.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i2.11767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id