Final Year Student Dynamics in the Perspective of Social Support and Academic Reciprocity

Julia Tri Rejeki Prihatin, Aulia Suhesty

Abstract


This study aims to determine the correlation between social support and academic resilience in final year students working on their undergraduate thesis. This research method uses a quantitative approach. The subjects in this study were 100 final year students working on their undergraduate thesis at the Faculty of Social and Political Sciences, Mulawarman University using a purposive sampling technique. The data collection method used is the scale of academic resilience and social support. The data analysis technique used is the Pearson Product Moment statistical correlation test. The result showed that there was a significant correlation between social support and academic resilience in final level students working on undergraduate thesis with a value of r count 0.508 > r table 0.197 and a sig value of 0.000 (p < 0.05) which indicates that there is a positive correlation. The higher social support, the higher academic resilience, otherwise the lower the social support, the lower the academic resilience in final level students working on undergraduate thesis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini 100 mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala resiliensi akademik dan dukungan sosial. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi dengan nilai r hitung 0.508 > r tabel 0.197 dan nilai sig 0.000 (p < 0.05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan dengan arah positif. Artinya semakin tinggi dukungan sosial, maka semakin tinggi resiliensi akademik, dan sebaliknya semakin rendah dukungan sosial, maka semakin rendah resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. 


Keywords


Academic Resilience; Social Support; Final Year Students

Full Text:

FULL TEXT

References


Aini, P. N. (2022). Hubungan dukungan orang tua dengan resiliensi akademik pada remaja smp negeri di kecamatan ngrambe. Quanta, 6(2), 11–19. http://orcid.org/0000-0002-6740-1904

Andari, N. D., & Nugraheni, R. (2016). Analisis pengaruh manajemen waktu, motivasi kuliah, dan aktualisasi diri terhadap prestasi akademik mahasiswa yang bekerja (Studi pada mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomika dan bisnis universitas diponegoro semarang). Diponegoro Jurnal of Management, 5(2), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13856

Andarini, S. R., & Fatma, A. (2013). Hubungan antara distress dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyusun skripsi. Jurnal Talenta Psikologi, II(2), 159–179. http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/561

Asrifa, N. D., Nurmala, M. D., & Prabowo, A. S. (2021). Hubungan dukungan orang tua dengan kecemasan pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Al-Shifa: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 39–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/alshifa.v1i2

Asrun, M., Aspin, & Silondae, D. P. (2020). Hubungan antara tingkat kecerdasan spiritual dengan tingkat stres pada mahasiswa psikologi yang menyusun skripsi di universitas halu oleo tahun akademik 2018/2019. Jurnal Sublimapsi, 1(1), 44–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i1.10732

Astuti, T. P., & Hartati, S. (2013). Dukungan sosial pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (studi fenomenologis pada mahasiswa fakultas psikologi undip). Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 69–81. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1405593&val=1286&title=DUKUNGAN SOSIAL PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI STUDI FENOMENOLOGIS PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNDIP

Cassidy, S. (2016). The academic resilience scale (ars-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7(1787), 1–11. https://doi.org/doi: 10.3389/fpsyg.2016.01787

Gayatri, R., & Isrofin, B. (2021). Hubungan peer social support dan adversity quotient dengan resiliensi akademik mahasiswa di masa pandemi. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 226–236. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1568

Hanapi, I., & Agung, I. M. (2018). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan self efficacy dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa. Jurnal Riset Aktual Psikologi, 9(1), 37–45. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/rapun.v9i1.10378

Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. (2020). Gambaran resiliensi akademik mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Al Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(2), 240–246. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8541

Hardiansyah, Putri, A. P., Wibisono, M. D., Utami, D. S., & Diana. (2020). Penyusunan alat ukur resiliensi akademik. Psikostudia, 9(3), 185–194. https://doi.org/doi: 10.30872/psikostudia

Hendriani, W. (2017). Adaptasi positif pada resiliensi akademik mahasiswa doktoral. Humanitas, 14(2), 139–149. https://smartlib.umri.ac.id/assets/uploads/files/781f6-5696-19912-1-pb.pdf

Leonard, J. (2013). Maximizing college readiness for all through parental support. School Community Journal, 23(1), 183–202. https://eric.ed.gov/?id=EJ1004338

Maharani, P. C. D., & Hartati, M. T. S. (2021). Hubungan antara self efficacy dan dukungan sosial dengan resiliensi siswa smk negeri 1 wonosegoro kabupaten boyolali tahun pelajaran 2020/2021. Empati: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 12–25. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/empati.v8i2.7979

Mahmudi, M. H., & Suroso. (2014). Efikasi diri, dukungan sosial dan penyesuaian diri dalam belajar. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2), 183–194. https://doi.org/https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382

Moe, A. C. C. (2021). Finding a new “normail”: Factors affecting resillience of female burmese international students at a chinese university. Journal of Comparative & International Higher Education, 13(4), 85–100. https://doi.org/http://www.doi.org/10.32674/jcihe.v13i4.2867

Mufidah, A. C. (2017). Hubungan antara dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa bidikmisi dengan mediasi efikasi diri. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 68–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um023v6i12017p068

Ni’mah, A., Tadjri, I., & Kurniawan, K. (2014). Hubungan antara dukungan sosial dan self efficacy dalam menyelesaikan skripsi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 43–48. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i1.3752

Perdana, K. I., & Wijaya, H. E. (2021). Regulasi diri dalam belajar sebagai prediktor resiliensi akademik mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Psycho Idea, 19(02), 186–198. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA/article/viewFile/10711/4123

Pratiwi, Z. R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan orang tua dan resiliensi akademik pada mahasiswa. ANALITIKA: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(2), 138 – 147. https://doi.org/http://doi.org/10.31289/analitika.v13i1.5482

Putri, D. K. S., & Savira, S. I. (2013). Pengalaman menyelesaikan skripsi: Studi fenomenologis pada mahasiswa psikologi universitas negeri surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2), 1–14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/7149

Rismen, S. (2015). Analisis kesulitan mahasiswa dalam penyelesaian skripsi di prodi pendidikan matematika stkip pgri. LEMMA, 1(2), 57–62. https://doi.org/https://doi.org/10.22202/jl.2015.v1i2.538

Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan optimisme terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia 2016, 1(1), 29–37. https://www.researchgate.net/profile/Ratih-Arruum-Listiyandini/publication/318128262_Peranan_Optimisme_terhadap_Resiliensi_pada_Mahasiswa_Tingkat_Akhir_yang_Mengerjakan_Skripsi/links/595b4dbdaca272f3c0877f43/Peranan-Optimisme-terhadap-Resiliensi-pada-Maha

Rojas, F. L. (2015). Factors affecting academic resilience in middle school students: A case study. Gist Educational and Learning Research Journal, 11(11), 63–78. https://doi.org/doi: 10.26817/16925777.286

Rokhmatika, L., & Darminto, E. (2013). Hubungan antara persepsi terhadap dukungan sosial teman sebaha dan konsep diri dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas unggulan. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 01(01), 149–157. https://core.ac.uk/download/pdf/230608785.pdf

Rosa, N. N. (2020). Hubungan dukungan sosial terhadap motivasi belajar daring mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Journal of Educationel and Teaching, 1(2), 147–153. https://doi.org/https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.146

Said, A. A., Rahmawati, A., & Supraba, D. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik pada mahasiswa rantau yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Psikologi Tabularasa, 16(1), 32–44. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jpt.v16i1.7710

Sarafino, E. P., Smith, T. W., King, D. B., & DeLongis, A. (2015). Health psychology: Biopsychological Interaction. Wiley.

Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan x fakultas teknik universitas diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177–182. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14979

Satyaninrum, I. R. (2014). Pengaruh school engagement, locus of control, dan social support terhadap resiliensi akademik remaja. TAZKIYA Journal of Psychology, 2(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/tazkiya.v2i1.10749

Septiady, T., & Setyowati, R. B. (2020). Hubungan optimisme dan dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi akademik mahasiswa tahap akhir jakarta. Proceeding International E-Conference & Call For Paper KPIN, 115–124. http://repository.ubharajaya.ac.id/11000/1/Proceeding KPIN.pdf#page=124

Shinta, D., Fadilah, R., & Murad, A. (2022). Hubungan resiliensi akademik dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 fakultas psikologi universitas medan area. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1928–1941. https://doi.org/DOI: 10.34007/jehss.v4i3.978

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d). Alfabeta.

Toding, W. R. B., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa angkatan 2013 fakultas kedokteran universitas sam ratulangi. Jurnal E-Biomedik, 3(1). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.6619

Wardani, I. A., & Sugiharto, D. Y. P. (2020). Hubungan adversity quotient dan dukungan sosial denga optimisme akademik pada siswa smp negeri 1 wanadadi. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 160–178. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v4i2.7975

Wu, Q., Tsang, B., & Ming, H. (2014). Social capital, family support, resilience and educational outcomes of chinese migrant children. British Journal of Social Work, 44(3), 636–656. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/bjsw/bcs139




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i3.11757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id