Group Counseling as a Mediator of the Relationship Between Academic Stress Levels and School Well Being

Esti Damayanti, Muhammad Erwan Syah

Abstract


Students' problems in dealing with the pandemi era resulted in a low level of school well being which would have an impact on academic stress levels. This is what drives researchers to conduct research related to group counseling as a mediator of the relationship between academic stress levels and school well-being in the subject of Islamic Religious Education at SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. This research is a quantitative research with a correlational approach (looking at the relationship between variables). The data collection method used to obtain data from the three variables (Academic Stress Level, School well being and Group Counseling). The subjects of this study were 90 students of class VII in the subject of Islamic Religious Education at SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. The subjects in the study were women and men. The results of this study are that hypothesis 1 is accepted, that is, there is a relationship between academic stress levels and school well being in Islamic Religious Education subjects at SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis.

Permasalahan siswa dalam menghadapi masa era pandemi tersebut membuat rendah tingkat school well being yang akan berdampak pada tingkat stres akademik. Hal inilah yang mendorong peneliti dalam melakukan penelitian terkait konseling kelompok sebagai mediator hubungan antara tingkat stres akademik dengan school well-being pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional (melihat hubungan antar variabel). Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dari ketiga variabel (Tingkat Stres Akademik, School well being dan Konseling Kelompok). Subjek penelitian ini adalah 90 siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. Subjek dalam penelitian yaitu perempuan dan laki-laki. Hasil penelitian ini adalah bahwa hipotesis 1 diterima yaitu ada hubungan antara tingkat stres akademik dengan school well being pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.


Keywords


Group Counseling; Academic Stress; School Well Being

Full Text:

FULL TEXT

References


A’yunina, H., & Abdurrohim. (2019). Hubungan antara stres akademik dan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Psikologi, 9(2), 889-897.

Agnitori, A. (2013). Stres and Student. Hiilsborought ST: Lulu Publication.

Akanferri, A. A., Aziale, L. K., & Asampana, I. (2018). An empirical study on mobile phone usage among young adults in Ghana: From the viewpoint of university students. International Journal of Computer Applications, 98(5), 15-21.

Amalia, A. (2019). Hubungan antara Emotional Well Being dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Kebidanan. Skripsi (tidak diterbitkan).

Anggawijaya, S. (2019). Hubungan antara depresi dan prokrastinasi akademik. Jurnal Imiah Mahasiswa Surabaya, 2(2), 1-12.

Anggunani, A. R., & Purwanto, B. (2019). Hubungan antara problematic internet use dengan prokrastinasi akademik. Jurnal of Psychology, 4(1), 1-10.

Aulya, A., Lubis, H., Rasyid, M. (2022). Pengaruh Kerinduan akan Rumah dan Kelekatan Teman Sebaya terhadap Stres Akademik. Psikoborneo Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 10. No 2. 307-319.

Bakri, R.P., (2021). Pengaruh Stres Akademik dan Kecanduan Smartphone Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 9. No 3. 578-593.

Basri, A. S. H. (2017). Prokrastinasi akademik mahasiswa ditinjau dari religiutas. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwa Islam, 14(2), 54-77.

Beard, K. W., & Wolf, E. M. (2021). Modification in the Proposed Diagnostic Criteria for Internet Addiction. Cyberpsychology & Behavior, 4(3), 377-383.

Cahyaningsih, A. A., Nurul, U. A., & Agus, Z. A. (2019). Gadget dan mahasiswa. Jurnal Respon Publik. 13(3), 21- 29.

Chiu, S. (2020). The relationship between life stress and smartphone addiction on taiwanese university student: A meditation model of learning self efficacy and social efficacy. Computers in Human Behavior, 34(2), 49-57.

Fatmawati. (2018). Hubungan antara kejenuhan belajar dengan stres akademik. Psikoborneo, 6(4), 462–467.

Febriyani, A., & Putra, D. P. (2022). Pengaruh layanan konseling kelompok menggunakan teknik adaptive terhadap kedisiplinan remaja di Lubuk Basung. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(3), 211–218.

Hadjam, N.R. 2015. Asertivitas terhadap Pemenuhan Informed Consent dan Toleransi Stres Pasien. GAMA SAINS, Jurnal Lembaga Penelitian UGM, Vol. V. No. 3.

https://id.wikipedia.org/wiki/. (2020). Pandemi_COVID-19_di_Indonesia. diunduh tanggal 28 Januari.

Jatira, Y., & Neviyarni. (2021). Fenomena stres dan pembiasaan belajar daring di masa pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35–43.

Konu, A. R. (2013). Well-being in school: A conceptual model. Health Education Research, 17, 79-87. doi: 10.1093/heapro/17.1.79.

Kurnia, A., Ramadhani, A. (2021) Pengaruh Hardiness dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Psikoborneo Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 9. No 3. 657-666.

Kurniawan, A., & Ika, Y. C. (2017). Hubungan antara academic stres dengan smartphone addiction pada mahasiswa pengguna smartphone. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 2(1), 16-21.

Mailita, M., Basyir, M. N., & Abdullah, D. (2016). Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kejenuhan Belajar Siswa di SMP Negeri Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 1(2).

Mariska, A. (2018). Pengaruh penyesuaian diri dan kematangan emosi terhadap homesickness. Jurnal Psikoborneo, 6(3), 310-316.

Maryanti, P. (2015). Analisis penerimaan auditor atas dysfunctional audit behavior: pendekatan karakteristik personal auditor. Jurnal Manajemen Akuntansi dan Sistem Informasi. Vol. 3(2).

Muflihah, F,. & Afifatus, S. (2019). Hubungan Antara kecanduan gadget dengan prokrastinasi akademik. Jurnal FKIP Bengkulu, 18(1), 83-93.

Mujahidah, A., & Mudjiran, M. (2019). Hubungan antara Ketakutan Akan Kegagalan dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Riset Psikologi, 2019(2).

Nisfian, N., & Yuni, K. (2014). Hubungan Antara Regulasi Emosi dan Penerimaan Kelompok Teman Sebaya Pada Remaja. Jurnal Psikologi. Vol. 2, No. 2, Desember, 165 - 166.

Pascoe, M. C. (2020). The impact of stress on students in secondary school and higher education. International Journal of Adolescence and Youth. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1596823.

Pertiwi, G.A. (2020). Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 8. No 4. 738-749.

Prayitno. (2016). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (dasar dan profil). Padang: Ghalia Indonesia.

Riswani, R. (2018). Kejenuhan di Kalangan Guru Bimbingan dan Konseling di SMAN Provinsi Riau. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(2), 92–104.

Steel, P., & Klingsieck, K. B. (2016). Academic procratination: Psychological antecedents revisied. Australian Psychology, 51(1), 36-46.

Sulistyowati. (2020). Konseling kelompok dengan teknik cognitive behavior therapy untuk meningkatkan kepercayaan diri. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2), 144–149.

Sun, J. D.-Y.-q. (2012). Educational Stress Scale for Adolescents: Development, Validity, and Reliabilty With Chinese Students. Journal of Psychoeducational Assessment, 29(6), 534-546.

Surijah, E., & Sia, T. (2017). Mahasiswa versus tugas : Prokrastinasi akademik dan conscientiousness. Anima, Indonesian Psychological Journal, 22(4), 352-374.

Tuckman, B. W. (2018). The development and concurrent validity of the procrastination scale. Educational and psychological measurement, 51(2), 473-480.

Tyas, W., C & Savira, S.I., (2017). Hubungan antara Coping Stres dengan Subjective Well Being pada Mahasiswa Luar Jawa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4. (2), 1-6.

Umi, C. (2017). Manfaat layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kehadiran siswa di sekolah pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kabupaten Sorong Semester II (Genap) Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan, 5(1), 12–22.

Ursia, N, R., Ide, B, S., & Nadia, S. (2019). Hubungan prokrastinasi akademik dan self-control pada mahasiswa skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Psikologi, 17(1), 1-18.

Wahyono, T. 2017. Transisi dari Dunia Pendidikan ke Dunia Kerja: Desain Sistem Pembelajaran untuk Meningkatkan Efikasi Diri terhadap Karir Siswa. Psikologika (jurnal penelitian). 12 (VI): 5-10.

Wahyuni, E. . (2017). Mengelola stres dengan pendekatan cognitive behavior modification (studi eksperimen pada mahasiswa baru Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan UIN Maliki Malang). Tadrib, 3(1), 99–117.

Wahyuni, E. D. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Tingkat Kejenuhan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Jurusan PGSD di Universitas Islam Balitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 154–162.

Wahyuningrum, J., Rachmawati, M.A. 2017. Adversity Intelligence dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Proyeksi. Vol 2. No 2.

Wiks, S. (2016). Resillience and academic stress: the moderatibg impact of social support among social work student. 9(2), 106.

Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. W. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165 Journal, 13(2), 235-239.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i1.10179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id