Pengujian Kesesuaian Fungsional Augmented Reality Pola Batik Dayak Kenyah

Muhammad Bambang Firdaus, Anton Prafanto, Joan Angelina Widians, Andi Tejawati, Renol Sulle, Zainal Arifin

Abstract


Batik Indonesia telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009. Saat ini, pengenalan media mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Salah satunya adalah pengenalan media melalui pemanfaatan teknologi AR. Kami menghadirkan motif batik Dayak Kalimantan Timur menggunakan teknologi augmented reality dan diharapkan dapat menjadi media alternatif yang lebih interaktif untuk menampilkan budaya Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur. Pengujian black-box dan usability diperlukan untuk mengetahui seberapa baik kinerja sistem saat digunakan sebagai bahan baku kerajinan di Kalimantan Timur. dimana hasil pengujian black box merupakan hasil pengujian yang baik untuk 6 fungsi dan standar. Dengan hasil klasifikasi yang baik, usability mencapai 76%

Keywords


Pengujian Fungsional; Augmented Reality; Pola Batik; Dayak Kenyah

Full Text:

PDF

References


Asry, A. I. (2019). Penerapan Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking pada maket rumah virtual. Ainet : Jurnal Informatika, 1(2), 52–58. https://doi.org/10.26618/ainet.v1i2.2294

Elmqaddem, N. (2019). Augmented Reality and Virtual Reality in education. Myth or reality? International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(3), 234–242. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i03.9289

Feoh, G., & Wiryadikara, R. P. (2019). Pengujian Functional Suitability Pada Implementasi. 203–212.

Fernando, M. (2013). Membuat Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. 2. https://doi.org/10.1016/j.jns.2003.09.014

Firdaus, M. B., Arifin, Z., & Priatna, R. W. (2021). Testing the Augmented Reality Functional Suitability of Wood as Raw Materials for Typical Crafts of East Borneo. 04(03), 109–115.

Haeruddin, Johan, H., Hairah, U., & Budiman, E. (2017). Ethnobotany database: Exploring diversity medicinal plants of dayak tribe borneo. International Conference on Electrical Engineering, Computer Science and Informatics (EECSI), 4(September), 120–125. https://doi.org/10.11591/eecsi.4.1001

Huang, K. T., Ball, C., Francis, J., Ratan, R., Boumis, J., & Fordham, J. (2019). Augmented versus virtual reality in education: An exploratory study examining science knowledge retention when using augmented reality/virtual reality mobile applications. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 22(2), 105–110. https://doi.org/10.1089/cyber.2018.0150

Kim, H. J., Jeong, S. H., Seo, J. H., Park, I. S., Ko, H., & Moon, S. Y. (2019). Augmented reality for botulinum toxin injection. Concurrency Computation , July, 1–7. https://doi.org/10.1002/cpe.5526

Tzima, S., Styliaras, G., & Bassounas, A. (2019). Augmented reality applications in education: Teachers point of view. Education Sciences, 9(2). https://doi.org/10.3390/educsci9020099

Widiaty, I., Ana, A., Kuswardhana, D., Achdiani, Y., & Rifqi Mubaroq, S. (2021). Development of Augmented Reality Technology in Vocational School. In Journal of Engineering Science and Technology (Vol. 16, Issue 4).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jsakti.v4i2.8737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

2nd Floor, Faculty of Computer Science and Information Technology
Jl. Panajam Kampus Gn. Kelua Universitas Mulawarman Samarinda-Kalimantan Timur 75123
Phone: +62 813 31112002 (Haviluddin) +62 811 8207777 (Reza)
E-Mail: jurnal.sakti.fkti@gmail.com; sakti@unmul.ac.id

Creative Commons License
Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jsakti eISSN: 2684-8473 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.