Solusi Kemacetan Lalu Lintas Kota Bandung Melalui Pemerataan Arus Kendaraan

Erwin Harahap, Zhara Aditya, Farid Badruzzaman, Yusuf Fajar, Agnia Bastia, Syahrul Zein, Abdul Kudus

Abstract


Kemacetan lalu lintas merupakan permasalahan yang menghambat berbagai kegiatan masyarakat, khususnya di Kota Bandung. Terdapat Banyak sekali kerugian yang dialami karena kemacetan, diantaranya adalah waktu, biaya, polusi udara, pemborosan bahan bakar, dan lain-lain. Penyebab umum kemacetan adalah karena arus kendaraan berkumpul pada satu jalur tertentu. Pada artikel ini diusulkan salah satu metode untuk menurunkan tingkat kemacetan lalu lintas di Kota Bandung, yaitu melalui pemerataan arus kendaraan. Titik awal objek penelitian ini adalah Jalan Jakarta, Kota Bandung, yang merupakan salah satu jalan terpadat dengan volume kendaraan terbanyak. Setiap jam dilewati oleh rata-rata 8.565 kendaraan sedangkan kapasitas jalan hanya menampung sebanyak 5.675 kendaraan. Pemerataan arus kendaraan ditunjukkan melalui simulasi menggunakan aplikasi SimEvents MATLAB. Model aplikasi simulator disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip didalam Teori Antrian. Penerapan metode pemerataan arus kendaraan dapat menurunkan tingkat kepadatan lalu lintas hingga 80%, juga mengurangi panjang antrian, dan waktu menunggu kendaraan di dalam antrian.Kemacetan lalu lintas merupakan permasalahan yang menghambat berbagai kegiatan masyarakat, khususnya di Kota Bandung. Terdapat Banyak sekali kerugian yang dialami karena kemacetan, diantaranya adalah waktu, biaya, polusi udara, pemborosan bahan bakar, dan lain-lain. Penyebab umum kemacetan adalah karena arus kendaraan berkumpul pada satu jalur tertentu. Pada artikel ini diusulkan salah satu metode untuk menurunkan tingkat kemacetan lalu lintas di Kota Bandung, yaitu melalui pemerataan arus kendaraan. Titik awal objek penelitian ini adalah Jalan Jakarta, Kota Bandung, yang merupakan salah satu jalan terpadat dengan volume kendaraan terbanyak. Setiap jam dilewati oleh rata-rata 8.565 kendaraan sedangkan kapasitas jalan hanya menampung sebanyak 5.675 kendaraan. Pemerataan arus kendaraan ditunjukkan melalui simulasi menggunakan aplikasi SimEvents MATLAB. Model aplikasi simulator disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip didalam Teori Antrian. Penerapan metode pemerataan arus kendaraan dapat menurunkan tingkat kepadatan lalu lintas hingga 80%, juga mengurangi panjang antrian, dan waktu menunggu kendaraan di dalam antrian.

Keywords


Transportasi, Pemodelan, Simulasi, Teori Antrian, SimEvents, MATLAB, Simulink

Full Text:

PDF

References


Republika, “Kerugian Akibat Macet di Bandung Capai Rp 4,36 triliun”, http://www.republika.co.id, 2014. Diakses: 11 November 2021.

Dinas Perhubungan Kota Bandung, “Survey Lalu Lintas Kota Bandung”, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, 2012.

H. Nasser dan Timotius Witono, “Analisis Algoritma Round Robin, Least Connection, dan Ratio pada Load Balancing menggunakan Opnet Modeler”, Jurnal INFORMATIKA Vol. 12, No. 1, April 2016.

E. Harahap, “Efektifitas Load Balancing Dalam Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas”, Matematika 16 (2), h.1-6, 2017.

Mathworks. “SimEvents, Model and Simulate Discrete-Event Systems“, 2021. Link website: https://www.mathworks.com/products/simevents.html

D. Darmawan, F.H. Badruzzaman, “Simulation of Traffic T-Junction at Cibiru-Cileunyi Lane Using SimEvents MATLAB”, Journal of Physics: Conference Series, 1613 (1), pp. 012074, 2020.

M.Y. Fajar, A. Kudus, “Traffic engineering simulation of campus area transportation using MATLAB SimEvents”, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 830, pp. 022078, 2020.

P. Purnamasari, et. al, “A design simulation of traffic light intersection using SimEvents MATLAB”, Journal of Physics: Conference Series 1375 (1), pp. 012042, 2019.

D. Darmawan, “LINTAS-LC 1.1: Model dan Simulasi Jalur Lingkar Cileunyi Menggunakan SimEvents MATLAB, Prosiding SISFOTEK 3 (1), h.166-170, 2019.

F.H. Badruzzaman, et. al., “LINTAS-BD 1.2: Modeling and simulation traffic of Bandung City using SimEvents MATLAB”, Journal of Physics: Conference Series, 1315 (1), pp. 012081, 2019.

A. Suryadi, D. Darmawan, R. Ceha, “LINTAS: Sistem simulasi lalu lintas menggunakan SimEvents MATLAB”, Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, 10 (1), h. 8-16, 2018.

E. Harahap, A. Nurrahman, D. Darmawan, “A Modeling Approach For Event-Based Networking Design Using MATLAB-SimEvents”, Proceedings International Multidisciplinary Conference (IMC), 1 (1), pp. 327-332, 2016.

I. Sukarsih, G. Gunawan, M.Y. Fajar, D. Darmawan, H. Nishi, “A Model-Based Simulator for Content Delivery Network using SimEvents MATLAB-Simulink”, INSIST Journal, 1 (1), pp. 30-33, 2016.

Mathworks, “Simulink”, https://www.mathworks.com/products/simulink.html accessed: 25 November, 2021.

Direktorat Bina Jalan Kota, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”, Direktorat Jenderal Bina Marga Republik Indonesia, 1997.

Sirajuddin., N. Ummi, dan P. Ferro Ferdinant, “Analisis Kebijakan Transportasi dengan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP)”, Jurnal Teknika Untirta, Vol. 10, No. 1, 2014.

Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

C.J. Khisty, dan B. Kent Lall, “Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi”, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2005.

I. Basuki, dan Siswadi, “Biaya Kemacetan Ruas Jalan Kota Yogyakarta”, Jurnal Teknik Sipil Vol. 9 No. 1, h. 71-80, Oktober 2008.

Peraturan Menteri Perhubungan, KM Nomor 14 Tahun 2006 tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas.

I.D. Suhani, “Analisis Kinerja Lalu Lintas Akibat Perubahan Tata Guna Lahan”, Skripsi Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012.

W.S. Homburger, and J.H. Kell., “Fundamentals of Traffic Engineering”, 9th Edition, University of California, 1977.

T. Welas, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan”, Yogyakarta: Galang Press, 2010.

R. Roess, S. Elena, R. William, “Traffic Engineering”, Pearson Higher Education Inc., 2011.

P. Siagian, “Penelitian Operasional”, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1987.

N. Lambok, “Analisis Antrian pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Pematang Siantar Unit Pasar Horas”, Skripsi Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara: Medan, 2008.

H. Sutarto, “Pemodelan dan Simulasi Antrian pada Persimpangan dengan Simulator Discrete Event System”, Jurnal Telematika ITHB Vol. 9 No. 2, 2014.

C. Kopparapu, “Load Balancing Servers, Firewalls, and Caches”, John Wiley & Sons, Inc., 2002.

Slameta, “Simulasi dan Analisis Unjuk Kerja Load Balancer pada Server-Cluster Menggunakan OPNET IT Guru”, Jurnal Elektran Vol. 3 No. 2, Desember, 2013.

Y.M. Teo, R. Ayani, “Comparison of Load Balancing Strategies on Cluster-based Web Servers”, SIMULATION 77:5-6, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jsakti.v4i1.6759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

2nd Floor, Faculty of Computer Science and Information Technology
Jl. Panajam Kampus Gn. Kelua Universitas Mulawarman Samarinda-Kalimantan Timur 75123
Phone: +62 813 31112002 (Haviluddin) +62 811 8207777 (Reza)
E-Mail: jurnal.sakti.fkti@gmail.com; sakti@unmul.ac.id

Creative Commons License
Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jsakti eISSN: 2684-8473 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.