Penerapan Metode Forward Chaining untuk Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Rabies Pada Manusia

Desi Puspita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit rabies pada manusia. Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kasus gigitan anjing yang diduga menderita rabies di Kecamatan Jarai. Rabies adalah suatu penyakit infeksi akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini bersifat zoonotik yaitu penyakit dapat ditularkan dari hewan ke manusia melalui gigitan hewan penular rabies. Dengan adanya sistem pakar, masyarakat tidak perlu menemui seorang pakar untuk mendiagnosa penyakit rabies apabila mereka terkena gigitan hewan penyebab rabies. Sehingga masyarakat dapat melakukan penanganan dini apabila terdiagnosa menderita penyakit rabies. Metode pengembangan sistem pada penelitian  ini mengikuti model waterfall yang dimulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan tahap pendukung (support). Metode sistem pakar yang digunakan adalah forward chaining atau teknik pelacakan ke depan yang dimulai dengan informasi yang ada dan penggabungan rule untuk menghasilkan suatu kesimpulan, dari hasil pengujian black box testing didapat fungsi suatu sistem berjalan sesuai kebutuhan, sehingga di dapat hasil penelitian berupa sistem pakar diagnosa penyakit rabies pada manusia.


Keywords


Forward Chaining, Sistem Pakar, Waterfall

Full Text:

PDF

References


Christoffel Joman Kelung, A. S. (2017). Sistem Pakar Pengenalam dan Penanganan Awal Penyakit pada Anjing di Mando. Jurnal Teknik Informatika.

Cucu Suhery, D. M. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Rabies Pada Anjing. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2018.

Cucu Suhery, D. M. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Rabies Pada Anjing. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2018. Yogyakarta.

Handoko, A. R. (2019). Perancangan Sistem Pakar Analisa Transaksi Keuangan. SIMETRIS.

Haryadi, H. (2015). Sistem Pakar Penyelesaian Kasus Menentukan Minat Baca, Kecendrungan, dan Karakter Siswa dengan Metode Forward Chaining. Yogyakarta: Deepublisher.

M.Shalahuddin, R. A. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Rosnelly, R. (2012). Sistem Pakar Konsep dan Teori. Yogyakarta: Penerbit Andi. Yogyakarta: Andi.

Siti Rofiqoh, D. K. (2020). Sistem Pakar Menggunakan Metode Forward Chaining. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 01(01), 54-60. doi:10.30659/safrj.1.1

Tanzil, K. (2014). Penyakit Rabies dan Penatalaksanaannya. E-Journal Widya Kesehatan dan Lingkungan. E-Journal WIDYA Kesehatan Dan Lingkungan, 61-67.

Zulfian Azmi, V. Y. (2017). Pengantar Sistem Pakar dan Metode. Bogor: Mitra Wacana Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jsakti.v3i2.5142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

2nd Floor, Faculty of Computer Science and Information Technology
Jl. Panajam Kampus Gn. Kelua Universitas Mulawarman Samarinda-Kalimantan Timur 75123
Phone: +62 813 31112002 (Haviluddin) +62 811 8207777 (Reza)
E-Mail: jurnal.sakti.fkti@gmail.com; sakti@unmul.ac.id

Creative Commons License
Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jsakti eISSN: 2684-8473 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.