Klasifikasi Emosi Untuk Mengetahui Pengalaman Emosional Melalui Sinyal EEG Menggunakan Algoritma Artificial Neural Network

Adelia Fitriawati Zakiyyah

Abstract


Emosi seseorang di kontrol oleh bagian otak yang disebut sistem limbik. Sistem limbik adalah sekelompok struktur yang saling berhubungan yang terletak jauh di dalam otak. Salah satu pendekatan yang paling efektif untuk klasifikasi emosi manusia adalah dengan analisis dan interpretasi sinyal EEG. Dalam jurnal ini, penulis akan membangun sistem yang akan mengklasifikasikan pengalaman emosional berdasarkan data gelombang otak EEG. Ikat kepala MUSE EEG komersial digunakan dengan resolusi empat elektroda (TP9, AF7, AF8, TP10). Keadaan emosional positif dan negatif dipicu/dipanggil menggunakan klip film dengan valensi yang berbeda, kemudian data gelombang otak netral juga direkam tanpa rangsangan lain yang terlibat. Penulisan jurnal ini mengeksplorasi mengenai penerapan metode klasifikasi ANN dengan tujuan untuk mengetahui apakah kita bisa mengetahui emosi seseorang menggunakan data gelombang otak. Dengan menguji pengalaman emosi positif dan negatif yang ditangkap otak saat melihat klip film yang berbeda Dari hasil uji coba yang dilakukan menggunakan klasifikasi artificial neural network didapatkan nilai akurasi sebesar 46.73

Keywords


Klasifikasi; EEG; Emosi; ANN

Full Text:

PDF

References


J. J. Bird, L. J. Manso, E. P. Ribiero, A. Ekart, and D. R. Faria, “A study on mental state classification using eeg-based brain-machine interface,”in 9th International Conference on Intelligent Systems, IEEE, 2018.

J. J. Bird, A. Ekart, C. D. Buckingham, and D. R. Faria, “Mental emotional sentiment classification with an eeg-based brain-machine interface,” in The International Conference on Digital Image and Signal Processing (DISP’19), Springer, 2019.

Jianting Cao, Zhe Chen, “Advanced EEG Signal Processing in Brain Death Diagnosis”, Signal Processing Techniques for Knowledge Extraction and Information Fusion pp 275-298, Springer, 2008.

O. Ortolani, A. Conti, A. Di Filippo, C. Adembri, E. Moraldi, A. Evangelisti, M. Maggini, S. J. Roberts O. Ortolani, A. Conti, A. Di Filippo, C. Adembri, E. Moraldi, A. Evangelisti, M. Maggini, S. J. Roberts, “EEG signal processing in anaesthesia. Use of a neural network technique for monitoring depth of anaesthesia” British journal of anaesthesia 88 (5): 644-8, British Journal of Anaesthesia, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jsakti.v3i2.4444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

2nd Floor, Faculty of Computer Science and Information Technology
Jl. Panajam Kampus Gn. Kelua Universitas Mulawarman Samarinda-Kalimantan Timur 75123
Phone: +62 813 31112002 (Haviluddin) +62 811 8207777 (Reza)
E-Mail: jurnal.sakti.fkti@gmail.com; sakti@unmul.ac.id

Creative Commons License
Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jsakti eISSN: 2684-8473 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.