EVALUASI STRUKTUR GEDUNG KPKNL BONTANG DAN METODE PERBAIKANNYA

Yudi Pranoto

Abstract


Kondisi tanah rawa yang ada di sebagian wilayah Kalimantan Timur, membuat perencana harus memperhitungkan dengan matang pondasi yang  akan dipergunakan. Kesalahan dalam merencanakan sebuah pondasi dapat menyebabkan kerusukan yang disebabkan karena penurunan gedung. Gedung KPKNL Bontang merupakan salah satu gedung yang mengalami kerusakan akibat adanya penurunan gedung. Sebagian gedung mengalami kerusakan, baik kerusakan struktur maupun kerusakan arsitektural. Penelitian ini bertujuan untuk  melakukan analisa penyebab utama kerusakan gedung, menentukan keamanan pemanfaatan gedung dan mendapatkan solusi metode perbaikannya.  
 
Penelitian ini dilakukan melalui evaluasi kerusakan struktur eksisting bangunan gedung yang di awali dengan survey lapangan dan pengujian pada gedung KPKNL Bontang untuk mendapatkan kekuatan tekan beton aktual dan jumlah tulangan yang terpasang dalam elemen struktur di  lapangan. Dari data yang didapatkan di lapangan kemudian
dilakukan permodelan 3 dimensi menggunakan software SAP V .14. dan analisa struktur untuk mementukan tingkan keamanan gedung dan menentukan metode perbaikan yang akan dipergunakan. Dalam penilaian ini, gedung Cipta dievaluasi berdasarkan persyaratan struktur rangka pemikul momen khusus (SRPMK).  
 
Hasil analisis menunjukkan bahwa gedung KPKNL Bontang telah mengalami penurunan yang disebabkan karena kesalahan dalam perencanaan pondasi dalam, sehingga perlu dilakukan perkuatan pada pondasi untuk mencegah penurunan lebih dalam. Sedangkan untuk struktur atasnya masih mampu untuk menahan beban rencana.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/ts.v3i2.3727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Teknologi Sipil