BACKUP VOLUME PEKERJAAN STRUKTUR PEMBANGUNAN GEDUNG PERAWATAN PANDURATA RSUD ABDUL WAHAB SYAHRANIE

Muhammad Rafli Fadillah, Berkat Cipta Zega, Mardewi Jamal

Abstract


Backup volume merupakan rincian perhitungan volume dari semua item pekerjaan. Data backup volume merupakan suatu hal yang sangat penting dan biasanya digunakan untuk mengetahui volume semua item pekerjaan, sebagai acuan untuk menghitung anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji backup volume pekerjaan struktur pada pembangunan gedung perawatan pandurata di RSUD Abdul Wahab Syahranie. Backup volume pekerjaan struktur merujuk pada perhitungan dan perencanaan cadangan material konstruksi yang diperlukan untuk mengantisipasi risiko dan memastikan kelancaran proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi survei lapangan, analisis dokumentasi, dan wawancara dengan pihak terkait proyek konstruksi.

 

Perhitungan backup volume dilakukan menggunakan aplikasi microsoft excel dan dibantu dengan DED (Detail Engineering Design) sebagai acuan dalam menghitung volume item pekerjaan. Volume yang dihitung adalah volume balok, volume kolom, dan volume pelat lantai yang masing - masing item pekerjaan tersebut dibagi menjadi perhitungan volume beton, perhitungan volume pembesian, dan perhitungan volume bekisting dari pekerjaan struktur pembangunan gedung perawatan Pandurata RSUD Abdul Wahab Syahranie di zona A, yang dimana gedung tersebut memiliki 8 lantai dan terbagi dalam 3 zona.

 

Berdasarkan perhitungan tersebut, didapatkan hasil total keselurahan masing - masing volume yaitu, volume beton balok 1153,89 m3, volume pembesian balok 59044,85 kg, dan volume bekisting balok 5984,37 m2. Volume beton kolom 522,02 m3, volume pembesian kolom 46167,83 kg, dan volume bekisting kolom 458,93 m2. Volume beton pelat lantai 30,34 m3, volume pembesian pelat lantai 75,23 kg, dan volume bekisting pelat lantai 241,31 m2


Keywords


Volume, Struktur, Gedung

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/ts.v8i1.16026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Teknologi Sipil : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Related Issue:

https://britishcheeseweekender.com/