PENGARUH KOMPOSISI KETEBALAN MEDIA DAN KECEPATAN ALIRAN PADA REAKTOR BIOSAND FILTER DALAM PENGOLAHAN AIR PERMUKAAN

Juliana Azizah Zharifah, Ika Meicahayanti, Muhammad Busyairi

Abstract


Penggunaan biosand filter dapat menjadi solusi untuk permasalahan ketersediaan air di wilayah Makroman Samarinda. Pada teknologi filter ini, air baku dialirkan melalui media pasir dengan kecepatan lambat. Komposisi media dan kecepatan aliran merupakan faktor yang mempengaruhi kinerja biosand filter, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap biosand filter yang digunakan untuk mengolah air permukaan. Terdapat dua reaktor biosand filter dengan panjang 30 cm, lebar 30 cm, tinggi 120 cm, dan ketebalan media 80 cm. Komposisi media yang digunakan pasir halus; pasir kasar; dan kerikil, yaitu 60; 10; 10 cm (Reaktor 1) dan 50; 15; 15 cm (Reaktor 2). Alat dijalankan dengan variasi kecepatan 0,1 dan 0,4 m/jam. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan waktu kontak yang dipengaruhi oleh kecepatan aliran filter, dimana pada kecepatan aliran 0,1 m/jam dilakukan setiap 8 jam, sedangkan pada kecepatan aliran 0,4 m/jam dilakukan setiap 2 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi media dan kecepatan aliran berpengaruh terhadap kinerja biosand filter. Media pasir halus yang lebih tebal memberikan hasil yang lebih baik karena semakin lambat kecepatan aliran yang terjadi sehingga proses penyaringan polutan pada media semakin lama. Biosand filter mampu menyisihkan kadar pencemar dengan penurunan optimum sebesar 97,56% pada parameter kekeruhan; 94,39% pada parameter TSS; 9,09% pada parameter TDS; dan 58,06% pada parameter zat organik (KMnO4).


Keywords


Biosand Filter, Kecepatan Aliran, Komposisi Media

Full Text:

PDF

References


Center for Affordable Water and Sanitation Technologies, Summary of Fields and Laboratory Testing for The Biofilter, Canada: Center for Affordable Water and Sanitation Technologies, 2010.

M. L. Davis, Water and Wastewater Engineering Design Principles and Practice, New York, US: McGraw Hill Inc., 2010.

Degrémont, Water Treatment Handbook, Sixth Edition, Vol 1, Paris, Perancis: Lavoisier, 1991.

T. Edwin, A. K. Satiyadi, dan Y. Dewilda, “Kinerja Biosand Filter Dalam Menyisihkan Total Coliform di Air Tanah Dangkal,” Jurnal Teknik Lingkungan UNAND, vol. 12, no. 1, pp. 17-26, 2015.

O. Berliandra, Y. L. Handayani, dan L. Darmayanti, “Aplikasi Biosand Filter Dengan Penambahan Media Karbon (Arang Kayu) Untuk Pengolahan Air Sumur Daerah Gambut,” Jom FTEKNIK, vol 2, no.1, pp. 1-7, 2015.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2017 tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, dan Pemandian Umum, No. 32/2017.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2023 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2014 tentang Kesehatan Lingkungan, No. 2/2023.

K. I. Pinem, “Pengaruh Rate Filtrasi dan Ketebalan Media Pasir Silika terhadap Penurunan Nilai Kekeruhan dan Peningkatan Nilai pH dalam Filtrasi Air Gambut,” Skripsi, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2019.

R. Ratnawati dan S. L. Ulfah, “Pengolahan Air Limbah Domestik Menggunakan Biosand Filter,” Jurnal Ilmu Lingkungan, vol. 18, no. 1, pp. 8-14, 2020.

R. Ratnawati dan M. A. Kholif, “Aplikasi Media Batu Apung pada Biofilter Anaerobik untuk Pengolahan Limbah Cair Rumah Potong Hewan,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 10, no. 1, pp. 1-14, 2018.

S. Nuradji dan S. Sampo, “Pengaruh Ketebalan Media Saringan Pasir Lambat Terhadap Penurunan Kekeruhan dan Warna Air Permukaan Menggunakan Sistem Down Flow,” Jurnal Kesehatan Lingkungan, vol. 1, no. 2, pp. 46-56, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtlunmul.v8i1.14306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Teknologi Lingkungan UNMUL





Program Studi Teknik Lingkungan
Fakultas Teknik
Universitas Mulawarman
Jl. Sambaliung No 9, Kampus Gunung Kelua, Samarinda, Indonesia