PENERAPAN TEKNOLOGI BERSIH DAN MINIMASI LIMBAH PADA INDUSTRI RUMAHAN AMPLANG KOTA PONTIANAK

Dhea Herdeasni, Dinda Aura Rahma, Isna Apriani

Abstract


Industri amplang merupakan industri rumahan yang menghasilkan amplang dengan menggunakan bahan baku ikan tenggiri yang popular di Kota Samarinda, namun telah banyak industri amplang yang bermunculan di berbagai daerah di Indonesia, tidak terkecuali di Kota Pontianak. Problematika yang sering dijumpai dari industri rumahan ini ialah kurangnya kesadaran serta minimnya pengetahuan dari para pengusaha   Penerapan teknologi bersih dan minimasi limbah merupakan konsep pengelolaan lingkungan yang dapat digunakan pada berbagai jenis industri dalam rangka pengelolaan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis alternatif penerapan produksi bersih dalam rangka mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan meningkatkan efisiensi produksi. Metode penelitian yang digunakan ialah analisis deskriptif untuk menentukan alternatif produksi besih yang dapat diterapkan pada industri amplang di Jalan Pak Benceng, Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak Kalimantan Barat, terhadap data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa ada beberapa langkah yang dapat dilakukan yaitu good housekeeping, penerapan teknologi, reuse, reduce dan recycle limbah yang di hasilkan dari proses produksi. Langkah-langkah ini akan membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan meningkatkan efisiensi produksi industri amplang di Jalan Pak Benceng, Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak Kalimantan Barat


Keywords


Amplang; Industri Rumahan; Minimasi Limbah; Teknologi Bersih

Full Text:

PDF

References


W. K. Sari, N. I. Sari, dan T. Leksono, “Pengaruh Penambahan Tepung Rumput Laut T (Eucheuma sp.) Terhadap Mutu dan Karakteristik Amplang Ikan Tongkol (Euthynnus affinis),” JTIP: Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia, vol. 13, no. 1, 2021.

M. Fachmi, F. Diba, dan S. Arman, “Hubungan Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Dan Perilaku Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak,” Jurnal Borneo Akcaya, vol. 5, no. 2, 2019.

United Nation Environment Programme (UNEP), Cleaner Production Assessment in Industries, 2003.

W. D. Nugraha dan I. Susanti, “Studi Penerapan Produksi Bersih (Studi Kasus pada Perusahaan Pulp and Paper Serang),” Jurnal Presipitasi, vol. 1, no. 1, pp. 43-48, 2006.

F. Salman, S. Suratman, B. Hendri, dan R. Emantis, “Pengolahan Limbah Ikan Untuk Pakan Ternak di Desa Gebang, Kabupaten Pesawaran, Lampung,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Tabikpun, vol. 4, no. 2, 2023.

K. Dewi, H. A. Y. Abdul, dan O. Shenny, “Pemanfaatan Limbah Olahan Ikan Menjadi Pupuk Organik Cair di Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat,” dalam Prosiding Semnas Pertanian 2019, 2019.

N. N. A. J. Lestari dan I. G. N. W. H. Saputra, “Pengolahan Limbah Cangkang Telur Menjadi Pupuk Organik di Desa Kerobokan,” JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), vol. 7, no. 1, pp/ 183-188, 2023.

S. Hasibuan, M. R. Nugraha, A. Kevin, N. Rumbata, S. Syahkila, S. A. Dhewanty dkk., “Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur sebagai Pupuk Organik Cair di Kecamatan Rumbai Bukit,” PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, vol. 5, no. 2, pp. 154-160, 2021.

A. Ula dan Z. M. Mizani, “Pemanfaatan Limbah Kulit Bawang Putih Menjadi Biopestisida Alami pada Kelompok Tani di Desa Klorogan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun,” Jurnal Tadris IPA Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 111-120, 2022.

R. D. Kusumaningtyas, N. Qudus, R. D. A. Putri, dan R. Kusumawardani, “Penerapan Teknologi Pengolahan Limbah Minyak Goreng Bekas Menjadi Sabun Cuci Piring untuk Pengendalian Pencemaran dan Pemberdayaan Masyarakat,” Jurnal Abdimas, vol. 22, no. 2, pp. 201-208, 2018.

N. Arlofa, B. S. Budi, M. Abdillah, dan W. Firmansyah, “Pembuata Sabun Mandi Padat Dari Minyak Jelantah,”. Jurnal Chematch: Teknik Kimia Universitas Serang Jaya, vol. 7, no. 1, 2021.

R. D. Kusumaningtyas, D. Widjanarko, W. H. Cahyati, R. Wulansarie, M. Maksiola, D. Meysanti dkk., “Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci Tangan sebagai Upaya Konservasi Lingkungan dan Pencegahan Penularan Virus Covid-19,” Jurnal Abdimas, vol. 26, no. 2, pp. 110-121, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtlunmul.v7i2.13446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Lingkungan UNMUL





Program Studi Teknik Lingkungan
Fakultas Teknik
Universitas Mulawarman
Jl. Sambaliung No 9, Kampus Gunung Kelua, Samarinda, Indonesia