KAJIAN PEMANFAATAN DAN TEKNIK KONSERVASI MATA AIR DI DESA GIRIPURWO, KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Yulanda Kurnia Pradani, Puji Pratiknyo, Andi Renata Ade Yudono

Abstract


Air merupakan kebutuhan pokok makhluk hidup untuk menjalankan segala aktivitas kehidupan. Jumlah manusia yang menggunakan air semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Pada lokasi penelitian terdapat tiga mata air yang mempunyai tipe aliran perenial yang terbentuk dari rekahan batuan. Pada saat musim kemarau masyarakat sekitar kesulitan mencari air bersih untuk mencukupi kebutuhan air bersih. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik (sebaran mata air, tipe mata air, dan kualitas air), potensi mata air dalam pemenuhan kebutuhan, dan teknik konservasi yang tepat dalam pengelolaan mata air pada daerah tersebut. Parameter kesesuaian lokasi untuk bangunan tampungan air adalah kemiringan lereng, topografi, bentuklahan, dan penggunaan lahan dengan metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Hasil penelitian nilai imbangan air pada sebagian besar padukuhan di lokasi penelitian tidak kritis. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketiga mata air masih mampu mencukupi kebutuhan air bersih pada lokasi penelitian. Sehingga arahan manajemen mata air yang tepat adalah pembuatan teras individu dan pembuatan bangunan tampungan air berupa embung. Lokasi pembuatan teras individu yaitu berada di daerah hulu (recharge area) pada kemiringan lereng >40% dengan bentuklahan perbukitan dan penggunaan lahan hutan. Bangunan tampungan air berupa embung dengan volume total yang dibutuhkan 129523,8 m3 dengan kedalaman 6 m, lokasi embung berada pada daerah hilir (discharge area) kemiringan lereng 8 hingga 15% dengan bentuklahan dataran dan penggunaan lahan tegalan


Keywords


Embung; Imbangan Air; Konservasi; Mata Air; Trilinier Piper

Full Text:

PDF

References


B. Triatmodjo, Hidrologi Terapan, Yogyakarta, Indonesia: Beta Offset, 2008.

R. J. Kodoatie, Tata Ruang Air Tanah, Yogyakarta, Indonesia: ANDI Offset, 2012.

C. Asdak, Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Yogyakarta, Indonesia: UGM–Press, 1995.

B. Nuryani, “Karakteristik dan Potensi Mata Air di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istmewa Yogyakarta,” Skripsi, Fakultas Geografi, UGM, Yogyakarta, 2010.

S. Dibyosaputro, Geomorfologi Dasar, Yogyakarta, Indonesia: Pascasarjana UGM, 1997.

T. Sutrisno dan E. Suciastuti, Teknologi Penyedian Air Bersih, Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta, 2002.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan tentang Persyaratan Kualitas Air Minum tahun 2010, No. 492.

N. K. Anam dan T. N. Adji, “Karakteristik Akuifer Bebas pada Sebagian Cekungan Air Tanah (CAT) Yogyakarta di Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,” Jurnal Bumi Indonesia, vol. 7, no. 2, pp. 1-10, 2018.

N. K. T. Martuti, M. Rahayuningsih, dan W. A. B. N. Sidiq, “Kajian Pemetaan Potensi Mata Air di Kota Semarang,” Jurnal Riptek, vol. 15, no. 2, pp. 1-7, 2021.

T. Saranya dan S. Saravanan, “Groundwater Potential Zone Mapping using Analytical Hierarchy Process (AHP) and GIS for Kancheepuram District, Tamilnadu, India,” Modeling Earth Systems and Environment, vol. 6, pp. 1105-1122, 2020.

Sudarmadji, Mata Air: Prespektif Mata Air dan Lingkungan, Yogyakarta, Indonesia: Sekolah Pascasarjana UGM, 2013.

M. Kalembiro, U. A. Rajamuddin, dan R. Zaenuddin, “Karakteristik Fisik Tanah pada Berbagai Kelerengan DAS Poboya Kota Palu,” Agrotekbis: Jurnal Ilmu Pertanian, vol. 6, no. 6, pp. 748-756, 2018.

Darmansyah, I. G. D. Atmaja, D. Rahmawati, dan A. Wijaya, “Identifikasi Kedalaman Air Tanah Menggunakan Metode Geolistrik Satu Dimensi (1D) di Dusun Rojet, Desa Bangket Parak, Kecamatan Pujuk, Kabupaten Lombok Tengah,” Jurnal Pertambangan dan Lingkungan, vol. 1, no. 1, pp. 25-29, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtlunmul.v7i2.13362

Refbacks



Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Lingkungan UNMUL





Program Studi Teknik Lingkungan
Fakultas Teknik
Universitas Mulawarman
Jl. Sambaliung No 9, Kampus Gunung Kelua, Samarinda, Indonesia