PENGGUNAAN MEDIA SARANG TAWON DAN BIOBALL PADA BIOFILTER AEROB PADA PENGOLAHAN LIMBAH CAIR LAUNDRY

Fherlita Deviana Apema, Dwi Ermawati Rahayu, Fahrizal Adnan, Waryati Waryati

Abstract


Pesatnya perkembangan usaha jasa laundry dapat memberikan andil terhadap pencemaran air yang berasal dari pembuangan limbah hasil pencucian yang tidak diolah terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kandungan TSS, COD, BOD, ammonia, MBAS, dan phosphor dari limbah laundry yang cukup tinggi. Teknologi biofilter aerob dapat dimanfaatkan dalam pengolahan limbah laundry. Pada penelitian ini, dilakukan perbandingan biofilter antara jenis media sarang tawon terhadap bioball dengan menggunakan variasi waktu. Metode yang digunakan adalah sistem batch yang dimulai dengan proses seeding dan aklimatisasi selama 14 hari. Parameter yang dianalisis adalah parameter BOD, COD, TSS, total fosfat dan pH, Variasi waktu tinggal yang digunakan adalah 4, 6, 8, 10, dan 12 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media bioball lebih efektif dalam menurunkan parameter BOD sebesar 88,72%, COD 86%, TS 78,95%S, total fosfat 69,43% dan pH dari 8,7 menjadi 7,7 pada limbah cair laundry. Adapun waktu tinggal yang paling efektif yaitu selama 12 jam. Hal ini menunjukkan bahwa semakin lama waktu tinggal, maka semakin besar zat organik yang didegradasi oleh mikroba semakin besar. Efektifitas bioball ini dimungkinkan karena luas permukaan media yang lebih besar dan bentuk bioball yeng memungkinkan bergerak di reaktor.

Keywords


Bioball, Biofilter, Limbah Laundry, Sarang Tawon

Full Text:

PDF

References


N. Rahmawati dan R. Purnamasari, “Pengolahan Air Limbah Laundry Dengan Metode Koagulasi-Flokulasi, Filtrasi dan Adsorpsi,” Tugas Akhir, Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Bandung, 2012.

S. Istighfari, D. Dermawan, dan N. E. Mayangsari, “Pemanfaatan Kayu Apu (Pistia stratiotes) untuk Menurunkan Kadar BOD, COD dan Fosfat pada Air Limbah Laundry,” dalam Conference Proceeding on Waste Treatment Technology, Des. 2018, pp. 105-1083.

D. F. Marlisa, "Potensi Fito-Biofilm Dalam Menurunkan Kadar BOD dan COD Pada Limbah Domestik Dengan Tanaman Kangkung Air (Ipomoea aquatica) Media Biofilter Sarang Tawon (Studi kasus: Perumahan Graha Mukti, Tlogosari Semarang)," Jurnal Teknik Lingkungan, vol. 1, no. 1, Oct. 2012. [Online]. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/tlingkungan/article/view/700

C. A., Stefhany, M. Sutisna, dan K. Pharmawati, “Fitoremediasi Phospat dengan menggunakan Tumbuhan Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) pada Limbah Cair Industri kecil Pencucian Pakaian (Laundry),” Reka Lingkungan: Jurnal Institut Teknologi Nasional, vol. 1, no. 1, pp. 13-23, 2013.

A. Herlambang dan M. Ruliasih, “Proses Denitrifikasi dengan Sistem Biofilter untuk Pengolahan Air Limbah yang Mengandung Nitrat,” Jurnal Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Lingkungan, vol. 4, no. 1, pp. 46-55, 2001.

M. Hadiwidodo, W. Oktiawan, A. R. Primadani, B. N. Parasmita, dan I. Gunawan, “Pengolahan Air Lindi dengan Proses Kombinasi Biofilter Anaerob-Aerob dan Wetland,” Jurnal Presipitasi, vol. 9, pp. 84-95, 2012.

N. I. Said, “Teknologi Pengolahan Air Limbah Dengan Proses Biofilm Tercelup,” Jurnal Teknologi Lingkungan, vol. 1, no. 2, pp. 101-113, 2000.

A, K. Putra, D. Dermawan, dan U. P. Astuti, “Perbandingan Efektifitas Jaring Ikan Bekas dan Botol Plastik Bekas sebagai Media Biofilter dengan Sistem Batch pada Limbah Laundry,” dalam National Conference Proceeding on Waste Treatment Technology, Des 2019, pp.65-68

N. I. Said, “Aplikasi Bio-Ball Untuk Media Biofilter Studi Kasus Pengolahan Air Limbah Pencucian Jean,” Jurnal Air Indonesia, vol. 1 no. 1, pp. 1-11, 2005.

G. Tchobanoglous, F. L. Burton, H. D. Stensel, dan Metcalf & Eddy Inc., Wastewater Engineering: Treatment, Disposal and Reuse, 4th ed, 2003, New York, USA: McGraw Hill Book Co.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2011 tentang Pengolahan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air, 02/2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtlunmul.v7i1.11809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Lingkungan UNMUL





Program Studi Teknik Lingkungan
Fakultas Teknik
Universitas Mulawarman
Jl. Sambaliung No 9, Kampus Gunung Kelua, Samarinda, Indonesia