SISTEM EVALUASI KINERJA ASISTEN LABORATORIUM MENGGUNAKAN METODE K-MEANS

Tomy Nur Hermawan, Muh Ugiarto, Novianti Puspitasari

Abstract


Universitas Mulawarman Samarinda merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang didalamnya terdapat 14 fakultas dan 12 program studi, didalam sebuah proses pembelajaran fakultas yang terdapat di Universitas Mulawarman tidak hanya menerapkan metode secara teori namun juga praktikum khususnya pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Laboratorium merupakan tempat yang dilengkapi dengan peralatan dan percobaan belajar mengajar. Namun pada saat ini FKTI belum memiliki informasi mengenai kinerja pengajar asisten laboratorium. maka dari itu diperlukan evaluasi mengajar asisten laboratorium di FKTI sehingga pihak laboratorium dapat mengetahui kinerja asisten laboratorium dengan menggunakan metode KMeans. Metode ini dianggap tepat karena untuk mengelompokkan data berdasarkan titik pusat klaster terdekat dengan data. Dari hasil perhitungan 32 sampel data terdapat 12 asisten berada pada cluster “Sangat Bagus”, 14 asisten berada pada cluster “Bagus” dan 6 asisten berada pada cluster “Kurang Bagus”. Sistem dapat menampilkan hasil evaluasi kinerja asisten kepada pihak laboratorium. Sehingga pihak laboratorium dapat mengetahui kualitas kinerja asisten terhadap proses belajar memgajar. maka hasil tersebut dapat menjadi tolak ukur untuk menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pengajaran kepada para Asisten.

Keywords


K-Means; Evaluasi; Asisten; Laboratorium

Full Text:

PDF

References


Asroni, Ronald Adrian. 2015. "Penerapan Metode K-Means Untuk Clustering Mahasiswa Berdasarkan Nilai Akademik Dengan Weka Interface Studi Kasus Pada Jurusan Teknik Informatika UMM Magelang." Jurnal Ilmiah Semesta Teknika Vol. 18, No. 1, 76-82,.

Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5

Kusumadewi, Tedy Rismawan dan Sri. 2008. "Aplikasi K-Means Untuk Pengelompokan Mahasiswa Berdasarkan Nilai Body Mass Index (BMI) dan Ukuran Kerangka ." Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.

Linra, Afrilia. 2015. Aplikasi Pengolahan Data Legalisir Pada Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang: Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya.

Mujib Ridwan, Hadi Suyono, dan M. Sarosa. 2013. "Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier." Jurnal EECCIS Vol.7, No. 1.

Mulyani, Hani. 2012. "Pembuatan Aplikasi Perhitungan Honor dan Kinerja Asisten Praktikum Pada Fakultas Ilmu Terapan."

Nazrul, Achmad. 2012. "Rancangan Website Dan Profil Usaha Advertising Menggunakan PHP dan MySQL."

Novianti Puspitasari, Haviluddin. 2015. "Penerapan Metode K-Means Dalam Pengelompokan Curah Hujan Di Kalimantan Timur ."

Purnawansyah & Haviluddin. 2016. K-Means Clustering Implementation in Network Traffic Activities. International Conference on Computational Intelligence and Cybernetics 2016 (CYBERNETICSCOM), 22-24 November 2016, Makassar - Indonesia.

Purnawansyah, Haviluddin, Achmad Fanany Onnilita Gafar, Imam Tahyudin. 2017. Comparison between KMeans and Fuzzy C-Means Clustering in Network Traffic Activities. The 11th International Conference on Management Science and Engineering Management (ICMSEM), Jul.28-Aug.2, 2017 in Kanazawa, Japan. SpringerLink LNMUINEN

Rouf, Abdul. 2014. "Pengujian Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Metode White Box Dan Black Box ."

Tressilia, Helgha Wido Wural. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Asisten Laboratorium Praktikum Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Malang : Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Yudi Agusta, PhD. 2007. "K-Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait." Jurnal Sistem dan Informatika Vol. 3 47-60


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.