Sistem Pengendali Suhu Ruangan Berbasis Internet of Things (IoT) Menggunakan Air Conditioner (AC) Dan NodeMCU V3 ESP8266

Abizar Rachman, Zainal Arifin, Septya Maharani

Abstract


Mengendalikan suhu suatu ruangan dapat dilakukakan dengan berbagai cara, seperti penggunaan kipas angin, Air Conditioner (AC), pemanfaatan ventilasi ruangan, dan lain-lain. Salah satu alat yang mampu mengatur suhu sebuah ruangan secara efektif adalah Air Conditioner (AC). Penggunaan AC sangat dibutuhkan pada ruangan-ruangan yang membutuhkan suhu rendah secara stabil, salah satu contohnya adalah ruangan server. Kebutuhan akan pengendalian suhu ruangan menggunakan AC dari jarak jauh sangat diperlukan bagi administrator server untuk menunjang kinerja dari mesin server. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem purwarupa pengendali suhu ruangan yang dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan AC dan smartphone. Sistem ini menggunakan NodeMCU V3 ESP8266-12E sebagai mikrokontroler yang mengendalikan sensor pengukur suhu, pemancar infra merah, dan modul internet. Sensor pengukur suhu akan mendeteksi kondisi suhu ruangan dan mengirimkan data secara real-time­ ke NodeMCU V3 yang dapat dilihat dan dikendalikan oleh pengguna menggunakan Android. Hasil dari penelitian ini adalah telah dibangun sebuah sistem purwarupa pengendali suhu ruangan berbasis Internet of Things (IoT) menggunakan Air Conditioner dan NodeMCU V3 untuk memudahkan pengguna mengatur suhu ruangan

Keywords


NodeMCU, air conditioner, suhu, Internet of Things

Full Text:

PDF

References


A. Burange, Review of Internet of Things in Development of Smart Cities with Data Management & Privacy. Ghaziabad: IEEE, 2015.

P. Suresh, J. V. Daniel, and V.Parthasarathy, “A state of the art review on the Internet of Things (IoT),” Int. Conf. Sci. Eng. Manag. Res., pp. 4–5, 2014.

G. H. Cahyono, “Internet of Things (Sejarah, Teknologi dan Penerapannya),” Forum Teknol., vol. 6, no. 3, pp. 35–41, 2016.

Agus Purnama, “Pengertian Dan Kelebihan Mikrokontroler,” Elektronika Dasar, 2012. [Online]. Available: http://elektronika-dasar.web.id/pengertian-dan-kelebihan-mikrokontroler/. [Accessed: 20-Jun-2019].

L. Y. Putra, Modul Latih Mikrokontroler Arduino Uno Untuk Mengontrol Suhu Ruangan Dengan Menggunakan Sensor Suhu, Kipas dan Liquid Crystal Display. Jakarta: Universitas Mercu Buana, 2013.

A. Rajavel, “How to flash NodeMCU firmware in ESP8266,” 2016. [Online]. Available: https://www.instructables.com/id/How-to-Flash-NodeMCU-Firmware-in-ESP8266/. [Accessed: 15-Jun-2019].

A. Zainur, Rancang Bangun Alat Ukur Getaran Mesin Berbasis Arduino, no. 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2015.

H. Santoso, Panduan Praktis Arduino untuk Pemula, vol. 1. Trenggalek: Elangsakti, 2015.

Krismiaji, Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: UPP-STIM YKPN, 2010.

S. L. Keoh, S. S. Kumar, and H. Tschofenig, “Securing the internet of things: A standardization perspective,” IEEE Internet Things J., vol. 1, no. 3, pp. 2–4, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.