Analisis Penerapan Metode Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Traffic Website Berbayar dan Tidak Berbayar

Ahmad Arifin, Nataniel Dengen, Hario Jati Setyadi, Anton Prafanto, Gubtha Mahendra Putra

Abstract


Kepopuleran sebuah situs dapat diukur dari jumlah trafik yang masuk ke situs tersebut. Hal tersebut terjadi karena trafik adalah penentu kelangsungan hidup sebuah situs di internet. Penelitian ini bertujuan untuk menempatkan situs pada urutan teratas halaman pertaman Google SERP (Search Engine Result Page) dengan memaksimalkan kinerja penerapan metode SEO Onpage dan SEO Offpage pada website, untuk mengetahui perbandingan antara website berbayar dan tidak berbayar dalam metode Search Engine Optimization (SEO). Hasil penelitian menunjukkan bahwa situs yang menggunankan metode Search Engine Optimization (SEO) bisa lebih dikenali oleh mesin pencari dan akan meningkatkan volume trafik suatu website. Dan situs dengan layanan berbayar memiliki jumlah trafik yang tinggi dibandingkan dengan situs yang tidak berbayar, walaupun keduanya menerapkan metode SEO..


Keywords


trafik, situs, search engine optimization

Full Text:

PDF

References


Cahyono, N. T., Triyono, J., & Raharjo, S. (2013). Penarapan Teknik SEO (Search Engine Optimization) Pada Blog. TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA, 6(1).

Endra, R. Y., & Prasetya, D. (2017). Analisis Perbandingan Teknik SEO Antara Google Webmaster Dan Bing Master Menggunakan Gap Analisis. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, 8.

Hayaty, M., & Meylasari, D. (2018). Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi. JURNAL INFORMATIKA, 5(2), 295-300.

Himawan, Arisantoso, & Saefullah, A. (2017). Search Engine Optimization (SEO) Menggunakan Metode White Hat SEO untuk Meningkatkan Peringkat dan Trafik Kunjungan Webiste. Prosiding SNATIF.

Ledford, J. L. (2016). Search Engine Optimization Bible (Second Edition). Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Madasari, A. T. (2010). Analisis Pemanfaatan Metode SEO Untuk Peningkatan Volume Traffic Situs.

Rahman, S. (2015). Kitab Sakti SEO. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ridho, M. R. (2015). PEMANFAATAN GOOGLE ANALYTICS UNTUK MENINGKATKAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION WEBSITE. CBIS Journal, 3(1).

Sirovich, J., & Darie, C. (2007). Professional Search Engine Optimization with PHP. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Varndell, D. (2015). Learn Search Engine Optimization. EZ Website Promotion.

Vise, D. A., & Malseed, M. (2005). The Google Story. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.