Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Kakao Menggunakan Metode Teorema Bayes

Nurul Umayah, Indah Fitri Astuti, Septya Maharani

Abstract


Penyakit tanaman kakao merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan luas lahan perkebunan dan produktivitas kebun kakao di Kalimantan Timur. Kurangnya pemahaman masyarakat dalam penanggulangan penyakit tanaman kakao menyebabkan hasil panen berkurang dan kualitas kakao kurang baik, sehingga perlu adanya media
membantu berupa aplikasi yang dapat memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan enam penyakit yang dapat di diagnosa, yaitu Penyakit Vascular Streak Dieback (VSD), Penyakit Busuk Buah, Penyakit Kanker Batang, Penyakit Antraknose, Penyakit Jamur Akar dan Penyakit Jamur Upas. Gejala penyakit tanaman kakao yang digunakan ada 24 gejala. Penelitian ini menggunakan metode Teorema Bayes yang merupakan salah satu metode ketidakpastian karena dapat memberikan hasil diagnosa dengan nilai probabilitas kemuculan setiap penyakit dengan menghitung nilai probabilitas setiap gejala di semua penyakit tanaman kakao, sehingga jenis penyakit yang di diagnosa akan sesuai dengan gejala tanaman kakao yang terserang. Sistem pakar ini menggunakan framework PHP yaitu laravel. Hasil penelitian ini adalah sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit tanaman kakao sebanyak enam penyakit serta penanggulangan. Hasil nilai akurasi yang dilakukan oleh narasumber dengan sistem sebesar 90 %.

Keywords


sistem pakar; teorema bayes; kakao;

Full Text:

PDF

References


Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur. (2013). “Musuh

Alami, Hama dan Penyakit Tanaman Kakao”. Samarinda

Hatta, Rahmania H. dkk (2017) . Web-Expert System For The

Detection Of Early Symptoms Of The Disorder Of Pregnancy Using A Forward Chaining And Bayesian Method. Journal of Theoretical and Applied Information Technology. Vol. 95 No. 11, 15 Juni 2017.

Listiyono, H. 2008. Merancang dan Membuat Sistem Pakar. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. Volume XIII, N0. 2, Juli 2008:115-124. Semarang.

Rahayu, S. (2013). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Gagal Ginjal dengan Menggunakan Metode Bayes. Jurnal Pelita

Informatika Budi Darma. Vol. IV No. 3 Agustus. 2013

Risadi, M., Awang Harsa K., & Indah Fitri A., (2013). Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Tomat Dengan Metode Bayes. Jurnal Intelejensia. Vol. 2 No.2 Edisi Desember 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.