IMPLEMENTASI METODE NAIVE BAYES PADA PENYELEKSIAN NARASUMBER PROGRAM ACARA TALKSHOW PENDIDIKAN (Studi Kasus TVRI Stasiun Kaltim)

Rusmawardani Rusmawardani, Dyna Marisa Khairina, Jundro Daud H

Abstract


Sebagai sebuah stasiun penyiaran pertelevisian, TVRI harus selalu menjaga kualitas dari sajian acaranya. Tidak terkecuali pada program acara talkshow pendidikan yang dimiliki TVRI yang membutuhkan seorang narasumber sebagai pembicara. Penyeleksian narasumber selama ini dilakukan oleh staff penyeleksi dari seksi program TVRI tanpa bantuan sebuah sistem. Untuk mengatasi hal ini, dibuatlah sebuah sistem pendukung keputusan penyeleksian narasumber program acara talkshow pendidikan dengan pertimbangan beberapa kriteria yaitu pendidikan terakhir, profesi, umur, pengalaman kerja, dan kompetensi yang dimiliki calon narasumber. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem proses penyeleksian narasumber program acara talkshow pendidikan dengan menerapkan metode naive bayes pengklasifikasian sederhana melalui training sejumlah data secara efisien untuk meningkatkan efisiensi kerja dengan proses seleksi yang lebih cepat dan tepat. Hasil penelitian ini berupa sebuah sistem guna mempermudah dan mempercepat proses penyeleksian dan menghasilkan narasumber terpilih berdasarkan nilai tertinggi penyeleksian sesuai kriteria.


Full Text:

PDF

References


Daihani, D, U. 2001. Komputerisasi Pengambilan Keputusan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kosasi, S. 2002. Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System). Pontianak.

Suryadi, K. Dan Ramadhani, M. A.1998. Sistem Pendukung Keputusan: Suatu Wancana Struktural Idealisasi dan Implementasi Pengambilan Keputusan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Hadiyani. Eka Pratiwi. 2013. "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Anggota Terbaik AIESEC Surabaya Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes". Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Airlangga.

Tan, Pan-Ning., Steinbach, Michael., dan Kumar, Vipin. 2006. Introduction to Data Mining. Pearson Education. Boston.

Natalius, Samuel. 2010. MetodaNaïve Bayes Classifier dan Penggunaannya pada Klasifikasi Dokumen. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Aminudin, Mohammad, 2011. Peramalan Cuaca Kota Surabaya Tahun 2011 Menggunakan Metode Moving Average dan Klasifikasi Naive bayes. Teknik Informatika. Institut Sepuluh Nopember Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Proceeding Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)