SISTEM PENCARI ANJUNGAN TUNAI MANDIRI TERDEKAT DENGAN METODE KARTESIUS DAN RUTE TERPENDEK DENGAN ALGORITMA DIJKSTRA BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM

Ragil Satra Wicaksana, Addy Suyatno, Indah Fitri Astuti

Abstract


Automatic Teller Machine (ATM) atau dalam bahasa Indonesia disebut Anjungan Tunai Mandiri diciptakan untuk mempermudah transaksi perbankan. ATM biasanya diletakkan di tempat-tempat yang strategis dan banyak terjadi transaksi uang seperti pusat perkantoran, pusat hiburan, pusat bisnis dan mall. Luas kota Samarinda yang mencapai 717,4 km² membuat letak ATM tersebar di banyak tempat, sedangkan informasi tentang lokasi ATM di samarinda masih terbatas. Pemanfaatan sistem pencari Lokasi ATM yang berbasis Geographic Information System (GIS) digunakan dapat untuk mempermudah dalam pencarian lokasi ATM. Sistem dikembangkan dengan metode Kartesius untuk pencarian lokasi terdekat dan Algoritma Dijkstra untuk pencarian rute terpendek. Input pada sistem ini berupa koordinat lokasi user yang kemudian diproses dengan metode Kartesius untuk menentukan tiga rekomendasi ATM terdekat. Rekomendasi yang dipilih kemudian diproses dengan algoritma Dijkstra untuk mencari rute terpendek menuju ke ATM tersebut. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem pencarian yang berbasis GIS yang dapat menentukan lokasi ATM terdekat menggunakan metode Kartesius dan rute terpendek menggunakan algoritma Dijkstra.

Full Text:

PDF

References


Bernadus, 2012. Buat Sendiri Petamu Menggunakan Codeigniter dan Google Maps API. Yogyakarta : Andi.

Fauzi, I. 2011. Penggunaan Algoritma Dijkstra Dalam Pencarian Rute Tercepat dan Rute Terpendek (Studi Kasus Pada Jalan Raya antara Wilayah Blok M dan Kota). Skripsi Fakultas Sains dan Teknologi. Program Studi Teknik Informatika. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

M. Aldous, Joan dan J. Wilson, Robin. 2000. Graphs and Application an Introductory Approach. Britania Raya: Universitas Terbuka.

Pradana, B.A.. 2009. Studi Implementasi Persoalan Lintasan Terpendek Suatu Graf dengan Algoritma Dijkstra dan Algoritma Bellman-Ford.

Prahasta, E. 2009. Sistem Informasi Georgafis Konsep Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Bandung: Informatika Bandung.

Satyananda, D. 2012. Struktur Data. Modul tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Susani, I.M. 2012. Perbandingan Algoritma Dijkstra, Bellman-Ford, dan Floyd-Warsall Untuk Mencari Rute Terpendek (The Shortest Path Problem). Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi. Program Studi Matematika. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Proceeding Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)