Psikodrama: Budaya Kalimantan Timur Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Pada Gen Milenial

Ayunda Ramadhani, Yolanda Sonia Cindy Putri, Aditya Ramadhan, Sarah Maulida, Muhliansyah Muhliansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan tingkat literasi budaya pada mahasiswa psikologi Universitas Mulawarman. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa psikologi angkatan 2017 Universitas Mulawarman dengan jumlah sampel 32 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang didapat dianalisis dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan tingkat literasi budaya setelah diberikan perlakuan psikodrama dengan t hitung = -5,762 < t tabel = 2,042 dan 𝑝 = 0,000 (𝑝 > 0.05). (2) tidak ada perbedaan tingkat literasi budaya pada post test dan follow up setelah diberikan perlakuan berupa psikodrama dengan t hitung = 1,017 < t tabel =2,042 dan 𝑝 = 0,325 (𝑝 > 0.05). (3) ada perbedaan tingkat literasi budaya setelah diberikan perlakuan berupa mendengarkan rekaman suara psikodrama dengan t hitung = 4,267 > t tabel = 2,042 dan 𝑝 = 0,000 (𝑝 > 0.05). (4) ada perbedaan tingkat literasi budaya post test dan follow up diberikan perlakuan berupa mendengarkan rekaman suara t hitung = -0,328 < t tabel =2,042 dan 𝑝 = -0,188 (𝑝 < 0.05). (5) tidak ada perbedaan tingkat literasi budaya pada post test antara perlakuan berupa psikodrama dan mendengarkan rekaman suara dengan t hitung = 1,230 < t tabel = 2,042 dan 𝑝 = 0,228 (𝑝 > 0.05). (6) tidak ada perbedaan tingkat literasi budaya pada post test antara perlakuan berupa psikodrama dan mendengarkan rekaman suara dengan t hitung = 1,119 < t tabel = 2,042 dan 𝑝 = 0,272 (𝑝 > 0.05).

Keywords


psikodrama, literasi budaya

Full Text:

PDF

References


Acharya. A. S. 2013. Sampling: Why and How of it? Indian Journal of Medical Specialities. 4(2): 330-333.

Agustin, D.S.Y. 2011. Penurunan Rasa Cinta Budaya Dan Nasionalisme Generasi Muda Akibat Glob-alisasi. Jurnal Sosial Humaniora. 4(2): 177-185.

Ali. M, dan Asrori. M. 2006. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta. Jakarta: Bumi Aksara.

Alwisol. 2012. Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: Umm Press.

Anwar, A. 2009. Statistika Untuk Penelitian Pendidi-kan. Kediri: IAIT Press.

Azizah. 2013. Kebahagiaan dan Permasalahan di Usia Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Is-lam. 4(2): 295-316.

Azwar, S. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, S. 2015. Reliabilitas dan Validitas. Yogya-karta: Pustaka Pelajar.

Baim. C dan Chimera. C. 2010. Introduction to Psy-chodrama. Cambridge, England: Workshop for IASA Conference. Bungin, B. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Ja-karta: Kencana.

Chaplin. 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Damanik. A. S. K. 2015. Psikodrama Untuk Menurunkan Tingkat Stres Pada Siswa Aksel-erasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 3(2): 325-342.

Desmita, R. 2008. Psikologi Perkembangan. Ban-dung: PT. Remaja Rosdakarya.

Efendi, A. 2014. Implementasi Kearifan Budaya Lo-kal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Se-bagai Sumber Pembelajaran Ips. Jurnal Sosio Didaktia. 1(2): 211-218.

Gustini, N. 2016. Budaya Literasi: Model Pengem-bangan Budaya Baca Tulis Berbasis Kecerdasan Majemuk Melalui Tutor Sebaya. Yogyakarta: Deepublish.

Hadi, S. 2000. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Harefa, A.O. 2013. Penerapan Teori Pembelajaran Ausubel Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa. Edisi 36: 43-55.

Hindaryatiningsih, N. 2016. Model Proses Pewarisan Nilai-Nilai Budaya Lokal Dalam Tradisi Masyarakat Buton. Jurnal Sosiohumaniora. 18(2): 108-115.

Hurlock. E. B. 2012. Developmental Psychology A. Life-Span Approach. Diterjemahkan: Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Jonaidi, A. 2012. Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi. 1(1): 140-164.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Lit-erasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta.

Kipper, D., dan Roosevelt, U. 2003. The Effective-ness of Psychodramatic Techniques: A Meta-Analysis. Jurnal of Group Dynamics: Theory, Research, and Practice. 7(1): 13-25.

Krori. S. D. 2011. Developmental Psychology. Ho-meopathic Journal. 4(3): 420. Latipun. 2006. Psikologi Eksperimen. Malang: Uni-versitas Muhammadiyah Malang Press.

Mappiare, A. 2006. Kamus Istilah Konseling dan Ter-api. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mubah, A.S. 2011. Strategi Meningkatkan Daya Ta-han Budaya Lokal dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Jurnal Masyarakat Kebudayaan dan Politik. 24(4): 302-308. Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nahar, N.I. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavior-istik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial). Vol. 1: 64-74.

Putro. K. Z. 2017. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. 17(1): 25-32.

Paramitasari, R dan Alfian, I.N. 2012. Hubungan An-tara Kematangan Emosi Dengan Kecenderungan Memaafkan Pada Remaja Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 1(2): 1-7

Riwidikdo. H. 2008. Statistik Kesehatan. Yogya-karta: Mitra Cendikia.

Romlah. T. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Ke-lompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Safitri, M., Respati, W. N dan Luthfi, A. 2017. Model Konseling Psikodrama dan Hipnoterapi Untuk Meningkatkan Potensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Widya Eksakta. 1(1): 48-55.

Santoso, S. 2015. SPSS 20 Pengolahan Data Statistik Era Informasi. Jakarta: PT. Alex Media Kompu-tindo.

Sarwono. S. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Ra-jagrafindo Persada.

Slavin, R.E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Siagian, Dergibson, dan Sugiarto. 2002. Metode Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Siregar. T. S. 2015. Efektivitas Metode Psikodrama Dalam Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 STABAT. Jurnal Edukasi Kultura. 2(2): 115-126.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhari. Y. 2008. Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 13(2): 140-146.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Sumarni. 2015. Strategi Promosi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Da-lam Mensosialisasikan Program Visit East Kali-mantan 2014. Jurnal Ilmu Komunikasi. 3(3): 322-331.

Suragangga, I. M. N. 2017. Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penja-minan Mutu. 3(2): 154-163.

Syam, H.M. 2015. Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi. 3(1): 54-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v7i1.2394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Β 

Indexing by :

Β  Β  Β  Β  Β 

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal PsikologiΒ PublishedΒ by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan andΒ This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Β _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id