Pengaruh Membaca Cepat (Fast Reading) Terhadap Minat Baca Mahasiswa
Diah Rahayu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan membaca cepat terhadap minat baca mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan pengumpulan data menggunakan skala minat baca. Subjek penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa program studi psikologi yang terdiri atas 15 orang mahasiswa peremuan dan 5 orang mahasiswa laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh membaca cepat terhadap minat baca mahasiswa dengan nilai nilai t hitung < t tabel (-3,184 < 1,73) dan p = 0.050.
Nunan, D. 1999. Second Language Teaching and Learning. Massachusettts: Heinle & Heinle Publishers.
Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif: Teori dan Latihan. Bandung: C.V. Sinar Baru
Soedarso. 2001. Speed Reading. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT. Gramedia.
Sulaeman, D. 1988. Teknologi/Metodologi Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Syafi’ie, I. 1999. Pembelajaran Membaca di Kelas-kelas Awal SD, Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pengajaran Bahasa dan Seni. Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang pada 7 Desember 1999. Malang: Universitas Negeri malang.
Tarigan, H.G. (1980). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pikiran rakyat, 2004. Ketrampilan Membaca dan Daya Saing. Artikel
Department of Psychology Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411 Phone: +62 813 35350368 E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id