Resolving Career Dilemmas: An Individual Assessment Approach to Career Planning
Abstract
Pengelolaan dana kapitasi dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memerlukan individu yang kompeten untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas keuangan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Bendahara JKN memegang peran strategis dalam perencanaan, penyaluran, dan pelaporan dana, sehingga proses seleksi dan asesmen kompetensi harus dilakukan secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi calon Bendahara JKN berdasarkan aspek kemampuan analitis, perencanaan, ketelitian, komunikasi, dan tanggung jawab kerja guna memastikan efektivitas pengelolaan dana kapitasi. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang calon bendahara dengan inisial AS. Metode penelitian menggunakan pendekatan asesmen multi-instrumen yang terdiri dari Struktur Tes Intelijensi (IST), DISC, Kraepelin, Papikostik, wawancara terstruktur, serta tes DAP (Draw-A-Person) dan Holland Self Inventory yang digunakan untuk memahami aspek kepribadian dan minat kerja individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek memiliki potensi intelektual yang baik serta kecenderungan kepribadian yang sesuai dengan karakteristik pekerjaan administratif berdasarkan teori Holland. Namun demikian, aspek tanggung jawab kerja dan perencanaan tugas masih perlu ditingkatkan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya asesmen berbasis kompetensi yang adaptif serta perlunya program pengembangan berkelanjutan. Sebagai tindak lanjut, dilakukan pemantauan selama minimal tiga bulan untuk mengamati efektivitas implementasi rekomendasi asesmen dan memastikan peningkatan kinerja subjek secara nyata di lapangan.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Abadi, C. (2020). Peran guru BK dalam perencanaan arah karier siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 27–50.
Adiputra, S. (2015). Penggunaan teknik modeling terhadap perencanaan karir siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1), 45–56.
Agnia, H., & Dasalinda, D. (2022). Hubungan efikasi diri dengan pengambilan keputusan karir siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sukakarya. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 1–10.
Aisah, F., Wibowo, M., Purwanto, E., & Sibyan, M. (2017). Pengembangan model konseling kelompok teknik self-management untuk meningkatkan konsep diri siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 147–153.
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(1), 179–211.
Alfaiz, D., & Daharnis, S. (2013). Kontribusi efikasi diri dan konsep diri terhadap kesiapan arah karir mahasiswa. Konselor, 2(1), 231–240.
Atmaja, T. (2014). Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul. Jurnal Psikopedagogia, 3(2), 123–130.
Ayu, M., Widarnandana, I., & Retnoningtias, D. (2022). Pentingnya perencanaan karier terhadap pengambilan keputusan karier. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 11(3), 341.
Bergambar, U. (2016). Pengembangan media kartu bergambar perencanaan karier pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Proppo Pamekasan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(1), 53–59.
Dewi, P., & Agungbudiprabowo. (2022). Peran layanan bimbingan dan konseling dalam mewujudkan karakter pelajar Pancasila di SMKN 1 Depok. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 626–633.
Gati, I., Krausz, M., & Osipow, S. (1996). A taxonomy of difficulties in career decision making. Journal of Counseling Psychology, 43(4), 510.
Gati, I., Landman, S., Davidovitch, S., Asulin-Peretz, L., & Gadassi, R. (2010). From career decision-making styles to career decision-making profiles: A multidimensional approac. Journal of Vocational Behavior, 76(2), 277–291.
Gozali, A. (2020). Layanan bimbingan dan konseling berbasis teknologi informasi pada masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Coution: Journal of Counseling and Education, 1(2), 36–45.
Hidayati, R. (2015). Layanan informasi karir membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman karir. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 15–22.
Ilfana, A., & Herdi, H. (2022). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah: Problematika dan solusinya. Jurnal Paedagogy, 9(2), 241–250.
Kahfi, R., & Adiyati, R. (2023). Career & Work Aspirations: Assessment of Work Competencies and Interests as a Basis for Employee Career Planning. Psikostudia Jurnal Psikologi, 12(2), 155–161.
Kasegar, R. (2013). Pengembangan karir dan self efficacy terhadap kinerja karyawan pada PT. Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal EMBA, 1(1), 906–916.
Komara, I. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karier siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33–42.
Kulcsár, V., Dobrean, A., & Gati, I. (2020). Challenges and difficulties in career decision making: Their causes, and their effects on the process and the decision. Journal of Vocational Behavio, 1(1), 116.
Madisa, D., Supriatna, M., & Saripah, I. (2022). Program bimbingan karir dalam mengembangkan perencanaan karir siswa. Psychocentrum Review, 4(3), 320–332.
Maharani, I., Fridani, L., & Akbar, Z. (2019). Efektivitas penggunaan media film bertema pendidikan dalam layanan informasi bimbingan klasikal. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 135–146.
Nisa, D., & Budiningsih, T. (2019). Perlukah perencanaan karier pada siswa SMA? Studi korelasi konsep diri dan perencanaan karier siswa SMA Negeri 1 Sulang. Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(3), 245–252.
Nurhaeni, A., & Muallimah. (2021). Profil perencanaan karier siswa di era pandemi COVID-19 dan implikasinya bagi program bimbingan karier. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 157–169.
Olla, Y., & Abdullah, S. (2021). Peran orientasi karier dan dukungan sosial keluarga terhadap career decision making siswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(2), 143–152.
Pranoto, H. (2016). Upaya meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1), 100–111.
Puluhulawa, M., Djibran, M., & Pautina, M. (2017). Layanan bimbingan kelompok dan pengaruhnya terhadap self-esteem siswa. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah, 1(1), 301–310.
Puspita, D. (2018). enerapan mind mapping untuk meningkatkan kemandirian pemilihan karier siswa dalam bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMAN 1 Kota Mojokerto. Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 26–34.
Rijal, F. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Sari, K., & Istiqoma, V. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan perencanaan karier melalui bimbingan karier media mind mapping. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 20–29.
Silitonga, T., Dahlan, S., & Utaminingsih, D. (2017). Korelasi konsep diri dan rencana pilihan karier siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(5), 121–133.
Sitompul, D. (2015). Pengaruh penerapan layanan bimbingan kelompok teknik role-playing terhadap perilaku solidaritas siswa dalam menolong teman di SMA Negeri 1 Rantau Utara T.A 2014/2015. Jurnal EduTech, 1(1), 1–12.
Sumita, W., Wicaksono, L., & Yuline. (2018). Analisis pemahaman perencanaan karir siswa di kelas XII SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Pendidikan, 1(2), 106–113.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v14i2.19251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ratna Devy Winayanti., dkk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id