The Effectiveness of Psychoeducation Based on Problem-Based Learning to Enhance Subjective Well-Being
Abstract
Survey Work Gratitude Day tahun 2023 menunjukkan bahwa 48.9% karyawan merasa bersyukur apabila mendapatkan imbalan berupa materi, 41% merasa bersyukur apabila mendapatkan cuti tambahan, dan sisanya merasa bersyukur mendapat imbalan yang dapat dipersonalisasi (Lomas, 2024). Faktanya individu merasa bersyukur dan bahagia apabila dikaitkan dengan hal material yang umumnya dan sementara. Kebahagiaan dan kebersyukuran individu dapat dijelaskan melalui konstruk subjective well-being. Subjective well-being adalah kemampuan individu untuk melakukan evaluasi kognitif dan afektif terhadap kehidupannya (Diener, 1984). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan upaya promotif yang dapat menjadi modal individu meningkatkan kesejahteraan subjektif dalam diri. Luaran yang diharapkan yakni peningkatan pengetahuan berupa mampu menemukan cara-cara kreatif menumbuhkan kesejahteraan subjektif dalam diri. Intervensi berupa psikoedukasi yang diikuti oleh 24 orang kelompok eksperimen dan memiliki pendidikan terakhir pada jenjang strata 1. Webinar dirancang berdasarkan problem-based learning. Desain penelitian yakni kuasi-eksperimen one group pretest and posttest design. Teknik pengambilan sampel convenience sampling, dan uji hipotesis menggunakan uji statistik wilcoxon signed rank. Hasil uji analisis menunjukkan nilai signifikansi p=0,018<0,05 terjadi peningkatan signifikan pada skor sebelum diberikan intervensi psikoedukasi dan setelah diberikan intervensi psikoedukasi pada subjek. Hal tersebut menunjukkan bahwa psikoedukasi berbasis problem-based learning cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai cara-cara kreatif menumbuhkan subjective well-being dalam diri.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Chan, C. K. Y. (2014). Facilitators’ perspectives of the factors that affect the effectiveness of problem-based learning process. Innovations in Education and Teaching International, 53(1), 25–34. https://doi.org/10.1080/14703297.2014.961501
Dabuuke, B. E., Silalahi, T. M., Limbong, W. S., & Hutagaol, R. (2022). Pengaruh Psikoedukasi Orang Tua Bimbing Anak Terhadap Peningkatan Parent Tutoring Pada Orang Tua Siswa PAUD di TK YP Singosari, Deli Tua. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(2), 85–90.
Dewayani, R. D., Nurwahyunani, A., & Priyanta, E. (2024). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Kelas X melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.26877/jpgp.v2i1.836
Diener, E. (1984). Subjective well-being. Psychological Bulletin, 95(3), 542–575.
Diener, E., Suh, E., Lucas, R. E., & Smith, H. L. (1999). Subjective well-being: Three decades of progress. Psychological Bulletin, 125(2), 276–302.
Fredrickson, B. L., Tugade, M. M., Waugh, C. E., & Larkin, G. R. (2003). What good are positive emotions in a crisis? A prospective study of resilience and emotions following the terrorist attacks on the United States on September 11th, 2001. Journal of Personality and Social Psychology, 84(2).
Funa, A. A., & Prudente, M. S. (2021). Effectiveness of Problem-Based Learning on Secondary Students’ Achievement in Science: A Meta-Analysis. International Journal of Instruction, 14(4).
Gordovska, T. I., & Malimon, L. Y. (2022). Subjective well-being as an indicator of the mental health of the individual. Psychological Studies, 2(4), 21–28. https://doi.org/10.32782/psych.studies/2022.2.4
Gusniarti, U., Jaafar, J. L., & Hutagalung, F. D. (2023). Sokongan Sosial Rakan Sebaya sebagai Sumber Kesejahteraan Subjektif: Kajian dalam Kalangan Remaja Sekolah Menengah di Yogyakarta, Indonesia (Peers Social Support as a Source of Subjective Well-Being (SWB): A Study on Secondary School Teenagers in Yogyakarta, Indonesia). Jurnal Psikologi Malaysia, 37(2).
Hurlock, E. B. (2009). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Erlangga.
Kirkpatrick, J. D., & Kirkpatrick, W. K. (2016). Kirkpatrick’s Four Levels of Training Evaluation. ATD Press.
Langitasari, I., Rogayah, T., & Solfarina, S. (2021). Problem Based Learning (PBL) pada Topik Struktur Atom: Keaktifan, Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2). https://doi.org/Doi: 10.15294/Jipk.V15i2.24866
Lee, H., Desai, S., & Choi, Y. N. (2024). Improvements in Quality of Life and Readiness for Change After Participating in an Eating Disorder Psychoeducation Group: A Pilot Study. International Journal of Group Psychotherapy, 74(3), 268–303. https://doi.org/10.1080/00207284.2024.2341293
Lomas, T. (2024). Exploring associations between income and wellbeing: New global insights from the Gallup World Poll. The Journal of Positive Psychology, 19(4), 629–646.
Lyubomirsky, S., King, L., & Diener, E. (2005). The benefits of frequent positive affect: Does happiness lead to success? Psychological Bulletin, 131(6), 803–855.
Mirza, R., Marpaung, W., Perangin-angin, N. S., El-Akmal, M., Mentari, S., Putra, A. I. D., & Tarigan, B. A. (2024). Psikoedukasi Pada Siswa Sekolah Dasar: Cara Berkomunikasi Yang Baik Dengan Orang Sekitar. Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 3(2), 51–56.
Mutmainnah, I. L., Utami, D. A. N., Azzahra, K., & Ismail, I. (2024). Psikoedukasi Terkait Well Being Pada karyawan SIT Darul Fikri Makassar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 170–176. https://doi.org/10.69930/scitech.v1i3.61
Ndayiragije, F. (2021). Enhancing Mental Well-being through Psychological Education: The Role of Emotional Intelligence Development. Interdisciplinary Journal Papier Human Review, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.47667/ijphr.v2i2.219
Neuman, W. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Pearson.
Ni’mah, A., Arianti, E. S., Suyanto, S., Putera, S. H. P., & Nashrudin, A. (2024). Problem-Based Learning (PBL) Methods Within An Independent Curriculum (A Literature Review). Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(4), 165–174. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i4.859
Padni, S. P. D., Perdana, I. P. A., Renda, G. R. B., & Chandra, R. (2024). BERANI: Bersyukur Atas Kehidupan Ini sebagai Upaya Peningkatan Subjective Well Being pada Lansia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 910–915.
Pepper, C. (2014). Problem-Based Learning (PBL). In Encyclopedia of Science Education. Springer, Dordrecht.
Rahman, R. A. (2023, September 14). Fokus pada Pertumbuhan Ekonomi melalui Pengembangan Ekosistem Digital [Artikel ekonomi digital]. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika/Ekonomi Digital. https://aptika.kominfo.go.id/2023/09/hub-id-2023-fokus-pada-pertumbuhan-ekonomi-melalui-pengembangan-ekosistem-digital/
Ruata, S. N. C., Andrias, J. W. C., & Sensanen, E. A. (2024). Kecerdasan Spiritual, Subjective Well-Being Dan Tingkat Pendidikan Sebagai Prediktor Kesadaran Lingkungan Pada Masyarakat Di Sekitar Danau Tondano. PADAMARA: Jurnal Psikologi Dan Sosial Budaya, 1(1), 1–9.
Shadish, W. R., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2002). Experimental and quasi-experimental designs for generalized causal inference. Mifflin and Company.
Sheskin. (2003). Handbook of parametric and nonparametric statistical procedures (3rd ed.). CRC Press.
Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan calistung dan motivasi belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239.
Tov, W., & Diener, E. (2013). Subjective well-being: The Science of Subjective Well-Being. Guilford Press.
Wondie, A., Yigzaw, T., & Worku, S. (2020). Effectiveness and Key Success Factors for Implementation of Problem-Based Learning in Debre Tabor University: A Mixed Methods Study. Ethiopian Journal of Health Sciences, 30(5). https://doi.org/10.4314/ejhs.v30i5.21
Wulandari, B., Sholihah, K. U., Nabila, T., & Kaloeti, D. V. S. (2021). Subjective Well-Being in Working Mothers During the COVID-19 Pandemic: A Systematic Literature Review. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v14i1.16872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Kadek Fitriyanti, Nono Hery Yoenanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id