Analysis of the Application of Edward Thordinke's Behavioristic Theory in increasing interest in learning science for Grade 6 students
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap tantangan dan minat belajar yang rendah dari siswa kelas 6 Sekolah Dasar dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah mengatasi rendahnya minat belajar siswa kelas 6 dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan teori behavioristik oleh Edward Thorndike. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa kelas 6 dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan teori behavioristik dalam konteks pembelajaran IPA. Siswa kelas 6 dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan menggunakan Teknik Purposive Random Sampling. Data kemampuan pembelajaran IPA dikumpulkan melalui metode tes, dan analisis data dilakukan menggunakan uji T Polled Varians karena homogenitas varians data. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan pembelajaran IPA antara kelompok yang menerapkan Teori Behavioristik oleh Edward Thorndikedan kelompok kontrol. Temuan penelitian ini memiliki implikasi penting dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif di masa depan, dengan fokus pada pengembangan kurikulum dan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa. Penelitian ini juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, baik secara konseptual maupun aplikatif.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Ansya, Yusron Abda’u. 2023. “Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning).” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN) 3(1):43–52. doi: 10.30872/jimpian.v3i1.2225.
Dhori, Muhammad. 2021. “Analisis Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Belajar Mengajar Di SD Negeri 7 Kayuagung.” Heutagogia: Journal of Islamic Education 1(1):97–109.
Fatimah, Clara, Putri Meilia Asmara, Intan Mauliya, and Nicky Dwi Puspaningtyas. 2021. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing.” Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika 3(2):117–26.
Hafizh, Muhammad Rizal Al, and Fauziah Fatah. 2022. “Pengaruh Aplikasi Pembelajaran Dan Teori Behavioristik Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Jurusan Keagamaan.” Inovasi Kurikulum 19(1):54–68. doi: 10.17509/jik.v19i1.42874.
Hermansyah. 2020. “Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordike) Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran SD/MI.” Jurnal Program Studi PGMI 7(1):15–25.
Huda, Miftahul, and Ach Fawaid. 2023. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran.” Agustus 1(4):64–72.
Jannah, Dewi Rahmawati Noer, and Idam Ragil Widianto Atmojo. 2022. “Media Digital Dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(1):1064–74. doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2124.
Jaya, Asman, Kasmawati Kasmawati, Lilianti Lilianti, Rahma Rahma, and Herlian Herlian. 2024. “TRANSFORMASI PENDIDIKAN: MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI.” Edum Journal 7(1):1–15. doi: 10.31943/edumjournal.v7i1.167.
Kartini, Iin, Lisa Rahmadani Pohan, Putri Alawiyah A. Lubis, and Sischa Monika Lumban Toruan. 2023. “Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9(1):256–63. doi: 10.51169/ideguru.v9i1.819.
Kolis, Nur, and Aisyah Fajar Putri Artini. 2022. “Studi Komparatif : Teori Edward Lee Thorndike Dan Imam Al Ghazali Dalam Implementasinya Di Pembelajaran Anak Usia Dini.” Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2(1):128–41. doi: 10.32665/abata.v2i1.339.
Mahmudah, Indri, Maemonah, and Erita Rahmaniar. 2022. “Implementasi Teori Belajar Kognitif Terhadap Minat Belajar Matematika.” EDUKASI: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan 14(1):35–46.
Mayang, Yesika. 2018. “Hubungan Dukungan Orangtua Dan Motivasi Belajar Dengan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 6(3):352–58. doi: 10.30872/psikoborneo.v6i3.4649.
Miranda, Lisa Princess. 2016. “Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Dan Minat Belajar Terhadap Perilaku Menyontek.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 4(1):125–34. doi: 10.30872/psikoborneo.v4i1.3972.
Nafisah, Maulida Nuhyatin, and Irsad Roxiyul Azmi. 2021. “Islamic Cognitive Behavior Dalam Menangani Minat Belajar Rendah.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 11(1):60–77. doi: 10.29080/jbki.2021.11.1.60-77.
Nirwana, Herman. 2021. “Behavioristic Learning Theory and Its Applications in Learning.” Literasi Nusantara 2(1):441–46.
Nirwana, Sarif, Mira Azizah, and Hartati Hartati. 2024. “Analisis Penerapan Problem Based Learning Berbantu Quizizz Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(1):155–64. doi: 10.54371/jiepp.v4i1.396.
Nurusiah, Nurusiah, Idawati Idawati, and Jamaluddin Arifin. 2024. “Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Menggunakan Media Pop Up Book Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Kota Makassar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4(2):806–19. doi: 10.53299/jppi.v4i2.592.
Oktavia, Lusi, and Maemonah Maemonah. 2022. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik B.F Skinner Dalam Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar.” Instructional Development Journal 5(1):53. doi: 10.24014/idj.v5i1.19285.
Putra, Arianto, Tua Halomoan Harahap, Ellis Mardiana Panggabean, Muhammadiyah Sumatera Utara, and Article Info. 2023. “Kelebihan Dan Kekurangan Teori Belajar Behavioristik Dalam Penerapan Pembelajaran.” Khasanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan 17(1):1–8. doi: 10.30595/jkp.v17i2.17835.
Putra, Wahyu Permadi, and I. Gusti Agung Oka Negara. 2021. “Pengembangan Multimedia Sistem Tata Surya Pada Muatan IPA.” Mimbar Ilmu 26(1):108. doi: 10.23887/mi.v26i1.32183.
Radiyah, Isna. 2024. “Revitalisasi Pendidikan Islam Di Indonesia Menggapai Generasi Emas.” Journal of Instructional and Development Researches 4(5):391–401. doi: 10.53621/jider.v4i5.385.
Rahmi, Imelda, Nurmalina Nurmalina, and Moh Fauziddin. 2020. “Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Journal on Teacher Education 2(1):197–206. doi: 10.31004/jote.v2i1.1164.
Ratnasari, Ika Wanda. 2017. “Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi 5(2). doi: 10.30872/psikoborneo.v5i2.4377.
Riwahyudin, Arvi. 2015. “Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau.” Jurnal Pendidikan Dasar 6(1):11. doi: 10.21009/jpd.061.02.
Shahbana, Elvia Baby, Fiqh Kautsar farizqi, and Rachmat Satria. 2020. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9(1):24–33. doi: 10.37755/jsap.v9i1.249.
Sukanadi, Ni Wayan Sri, Ni Ketut Suarni, and I. Gede Margunayasa. 2024. “Penerapan Teori Behavioristik Classical Conditioning Oleh I.P Pavlov Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 24(3):2575. doi: 10.33087/jiubj.v24i3.4784.
Sunami, Mayang Ayu, and Aslam Aslam. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(4):1940–45.
Suswandari, Meidawati. 2021. “Peran Guru Menstimulus Respon Anak Melalui Teori Belajar Behavioristik The Role of the Teacher in Stimulating Children’s Responses through Behavioristic Learning Theory.” Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development Available 1(1):47–55.
Sutama, Gede Agus, Kadek Suranata, and Ketut Dharsana. 2014. “Penerapan Teori Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja.” E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling 2(1):1–11.
Suwahyu, Muhammad. 2017. “Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PPL) Dengan Minat Belajar Siswa.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 5(2):224–31. doi: 10.30872/psikoborneo.v5i2.4367.
Tayibu, Nur Qalbi, and Andi Nurul Faizah. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10(1):117–28. doi: 10.31980/mosharafa.v10i1.728.
Tua Siregar, Muammar Sahala, Nofran Purba, Elma Christin Sinaga, and Sio Oktaviana Siahaan. 2024. “ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SD NEGERI 167102 RAMBUTAN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA.” JGK (Jurnal Guru Kita) 8(2):223. doi: 10.24114/jgk.v8i2.53823.
Ulya, Vita Fitriatul. 2023. “IMPLICATIONS OF BEHAVIORISTIC LEARNING THEORY IN PRIMARY SCHOOL LEVEL STUDENT LEARNING.” Journal of Islamic Elementary Education 1(2):12–32. doi: 10.35896/jiee.v1i2.212.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v14i1.14416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Maharani Ayu Ningrum, Ni Ketut Suarni, I Gede Margunayasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id