Application of Cognitive Theory in Science Independent Learning for Grade 5 Students of SDN 1 Sukasada
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap permasalahan kurangnya fokus siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 1 Sukasada dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan teori kognitif dalam pembelajaran mandiri IPA. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 5 yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, menggunakan teknik purposive random sampling. Data mengenai kemampuan pembelajaran IPA dikumpulkan melalui metode tes, dan analisis data dilakukan menggunakan uji T Polled Varians untuk menguji homogenitas varians data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori kognitif dalam pembelajaran mandiri IPA secara signifikan meningkatkan pemahaman dan fokus belajar siswa dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menegaskan efektivitas teori kognitif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa serta memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih optimal, baik dalam penyusunan kurikulum maupun penerapan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Atikah, A., Puspawati, F., & Sativa, D. (2006). Konstrual diri di kalangan mahasiswa. Jurnal Psikologi Andalas, 8(2), 89-99
Abdillah, Rahman, Adhityo Kuncoro, Fajar Erlangga, and Vickry Ramdhan. 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! Dan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 2(01):92–102. doi: 10.47709/jpsk.v2i01.1363.
Anidar, Jum. 2017. “Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami 3(2):8–16. doi: 10.15548/atj.v3i2.528.
Ansya, Yusron Abda’u. 2023. “Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning).” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN) 3(1):43–52. doi: 10.30872/jimpian.v3i1.2225.
Armanza, Risky, and Beni Asyhar. 2020. “Pemahaman Konseptual Dan Prosedural Siswa SMA/MA Dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Tipe Kepribadian.” Jurnal Tadris Matematika 3(2):163–76. doi: 10.21274/jtm.2020.3.2.163-176.
Aryani, Ni Wayan, and Didith Pramunditya Ambara. 2021. “Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 9(2):252. doi: 10.23887/paud.v9i2.36043.
Asiah, Siti, and Mintohari. 2017. “Penerapan Metode Out Door Activity Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya 2(3):1–11.
Badi’ah, Z. 2021. “Implikasi Teori Belajar Kognitif J. Piaget Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Audiolongual.” Attractive: Innovative Education Journal 3(1):76.
Bonita Sari, Fetra, and M. Risda Amini. 2020. “Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Daring Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom.” Jurnal Basicedu 5(5):3(2), 524–32.
Daroini, Ahmad Faizun, and Herlia Alfiana. 2022. “Kesulitan Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi: Kebutuhan Akan Modul Untuk Belajar Mandiri.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 6(1):1. doi: 10.33603/jnpm.v6i1.4604.
Fatimah, Clara, Putri Meilia Asmara, Intan Mauliya, and Nicky Dwi Puspaningtyas. 2021. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing.” Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika 3(2):117–26.
Firdaus, Fery Muhamad, Nirmala Arum Pratiwi, Sri Riyani, and Jatmiko Utomo. 2021. “Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Menggunakan Model SOLE Saat Pandemi Covid-19.” Foundasia 12(1):1–8. doi: 10.21831/foundasia.v12i1.37786.
Hanaris, Fitria. 2023. “PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA: STRATEGI DAN PENDEKATAN YANG EFEKTIF.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi 1(1):1–11. doi: 10.61397/jkpp.v1i1.9.
Hanim Ahida Suci, Sayyidah, Rusijono, and M. Jacky. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Motivasi Dan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Tematik 11(3):54–61.
Hascan, Muhammad Alpin, and Suyadi Suyadi. 2021. “Penerapan Teori Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran PAI Tingkat SMP Di SIT Bina Insan Batang Kuis.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5(2):138–46. doi: 10.33487/edumaspul.v5i2.1548.
Imamah, Hanna. 2017. “Pelaksanaan Belajar Mandiri Di Kelas IV SD Salman Al Farisi 1 Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6(8):769–77.
Inah, Ety Nur, Marlina Ghazali, and Edo Santoso. 2017. “Hubungan Belajar Mandiri Dengan Prestasi Belajar PAI Di MTsN 1 Konawe Selatan.” Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 10(2):19–36.
Karina, Rizky Meuthia, Alfiati Syafrina, and Sy. Habibah. 2017. “Hubungan Antara Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA.” Jurnal Ilmiah Pendiidkan Guru Sekolah Dasar 2(1):61–77.
Meidawati, Sobron A. N. Bayu, Rani,. 2019. “Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa.” SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 1(2):30–38. doi: 10.37680/scaffolding.v1i2.117.
Mohamad Miftah. 2022. “Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1(3):237–43. doi: 10.54259/diajar.v1i3.900.
Nur, A. Muafiah, Nasrah Nasrah, and Amri Amal. 2022. “Blended Learning: Penerapan Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi PGSD.” Jurnal Basicedu 6(1):1263–76. doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2189.
Perdana, Indra, Rinda Eria Solina Saragi, and Eric Kunto Aribowo. 2020. “PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 8(2):290. doi: 10.31800/jtp.kw.v8n2.p290--306.
Priyayi, Desy Fajar, Deppy Eka Nurani, and Susanti Pudji Hastuti Hastuti. 2017. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 PABELAN MELALUI PENERAPAN Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017 Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017.” Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 179–86.
Putra, Wahyu Permadi, and I. Gusti Agung Oka Negara. 2021. “Pengembangan Multimedia Sistem Tata Surya Pada Muatan IPA.” Mimbar Ilmu 26(1):108. doi: 10.23887/mi.v26i1.32183.
Ratnasari, Ika Wanda. 2017. “Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi 5(2). doi: 10.30872/psikoborneo.v5i2.4377.
Septiana, Anisa. 2015. “Hubungan Gaya Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi 3(3). doi: 10.30872/psikoborneo.v3i3.3783.
Siagian, Heltaria, Jontra Jusat Pangaribuan, and Patri Janson Silaban. 2020. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(4):1363–69. doi: 10.31004/basicedu.v4i4.528.
Sigala, Lisa. 2016. “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Cara Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Yang Pernah Mengikuti Remedial.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 4(3):310–15. doi: 10.30872/psikoborneo.v4i3.4088.
Siswati, Bea Hana, Slamet Hariyadi, and Aloysius Duran Corebima. 2021. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RQAAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF MAHASISWA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI.” Jurnal Pendidikan Biologi 12(2):129. doi: 10.17977/um052v12i2p129-135.
Siti Rodi’ah, Isatul Hasanah. 2021. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar.” Continuous Education: Journal of Science and Research 2(2):23–35. doi: 10.51178/ce.v2i2.225.
Sumitra, Dani Alfa, and Universitas Negeri Medan. 2023. “IMPLEMENTASI KURIKULUM BELAJAR MANDIRI MATA PELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BERINGIN.” 2(7):2085–90.
Tafonao, Talizaro, and Mohd Kasturi Nor Abd Aziz. 2025. “Pendekatan Behavioristik Dalam Analisis Dan Intervensi Perilaku.” Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan 2(1):66–80. doi: 10.62282/je.v2i1.66-80.
Tayibu, Nur Qalbi, and Andi Nurul Faizah. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10(1):117–28. doi: 10.31980/mosharafa.v10i1.728.
Widyantari, Ni Kadek Sri, I. Nyoman Suardana, and Ni Luh Pande Latria Devi. 2019. “Pengaruh Strategi Belajar Kognitif, Metakognitif Dan Sosial Afektif Terhadap Hasil Belajar Ipa.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 2(2):151. doi: 10.23887/jppsi.v2i2.19384.
Wisman, Yossita. 2020. “Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang 11(1):209–15. doi: 10.37304/jikt.v11i1.88.
Yuliya, Yuliya. 2019. “Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 7(2):250–56. doi: 10.30872/psikoborneo.v7i2.4780.
Yunita, Alfi, Ratulani Juwita, and Suci Elma Kartika. 2020. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(1):23–34. doi: 10.31980/mosharafa.v9i1.589.
Zakiah, N. E. 2017. “Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 2(2). doi: 10.30605/pedagogy.v2i2.700.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v14i1.14414
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Made Diah Prabaswari Putri, Ni Ketut Suarni, I Gede Margunayasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id