Implementation of Skinner's Behavioristic Learning Theory in Mathematics Learning in Increasing the Learning Interest of Grade 4 Elementary School Students
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi teori belajar behavioristik skinner dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas 4 SD. Sampel penelitian melibatkan 27 siswa, dan analisis data dilakukan dengan fokus pada perubahan minat belajar siswa setelah intervensi. Karakteristik sampel, implementasi teori behavioristik, dan data minat belajar siswa sebelum dan sesudah intervensi dianalisis secara deskriptif. Uji statistik inferensial, seperti uji-t, digunakan untuk menentukan signifikansi perubahan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat belajar siswa setelah penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner. Uji t berpasangan menghasilkan nilai t = [nilai t], p = [nilai p] < 0,05, yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test. Temuan ini menegaskan bahwa penguatan positif dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa, menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, serta menjadi landasan bagi pengembangan strategi pembelajaran matematika yang lebih efektif di tingkat sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Addaeroby, Muhammad Fahdin, and Erma Febriani. 2024. “Application Of Skinner’s Behaviorist Learning Theory In Learning Arabic Speaking Proficiency/ Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner Dalam Pembelajaran Maharah Kalam.” Jurnal Bahasa Arab 1(1):33–42. doi: 10.69988/mx5kzs45.
Afifah, Nur, Otang Kurniaman, and Eddy Noviana. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1(1):33–42. doi: 10.33578/kpd.v1i1.24.
Amelia, Sila, Agus Wedi, and Arafah Husna. 2022. “PENGEMBANGAN MODUL BERBANTUAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN PUZZLE PADA MATERI BANGUN RUANG.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 5(1):62–71. doi: 10.17977/um038v5i12022p062.
Amrain, Sri Delsya, Ana Anggriana Nasibu, Farha Abud, Nur Annisa, Apriun Pou, and Winda Anggriyani Uno. 2022. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 13 Tilamuta.” Journal of Education and Teaching Learning 1(2):53–57. doi: 10.59211/mjpjetl.v1i2.36.
Anggraini, Anisah Septia. 2018. “Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru IPS Dan Iklim Kelas Dengan Motivasi Belajar.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 6(3):393–402. doi: 10.30872/psikoborneo.v6i3.4655.
Ansya, Yusron Abda’u. 2023. “Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning).” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN) 3(1):43–52. doi: 10.30872/jimpian.v3i1.2225.
Aprilianto, Andika, and Alfin Fatikh. 2024. “Implikasi Teori Operant Conditioning Terhadap Perundungan Di Sekolah.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 13(1):77–88. doi: 10.54437/urwatulwutsqo.v13i1.1332.
Aprilita, Thesa Dwi, and Rhomiy Handican. 2023. “Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika.” Griya Journal of Mathematics Education and Application 3(3):546–60. doi: 10.29303/griya.v3i3.353.
Aprizal, R. 2022. “Aprizal, R. (2022). Penerapan Teori Behavioristik Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa SD Negeri 126 Seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6), 2022. Http://Studentjournal.Iaincurup.Ac.Id/Index.Php/G.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2(6):2022.
Ardiyanti, Bela, Choirudin Choirudin, and Eka Fitria Ningsih. 2024. “Etnomatematika Bangunan Pionering Pramuka Terhadap Minat Dan Kreativitas Siswa.” Jurnal Penelitian Tindakan Kelas 1(3):156–61. doi: 10.61650/jptk.v1i3.509.
Ariyani, Ni Komang Ayu, and Ni Nyoman Ganing. 2021. “Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Siklus Air Muatan IPA Sekolah Dasar.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5(2):263. doi: 10.23887/jipp.v5i2.33684.
Audina, Yasmin, Sarah Syifanita, Fadhilah Umaira Alfahis, and Naomi Soetikno. 2023. “Teen Anger Management and Education: Anger Management for Adolescent Perpetrators of Violence in Special Child Development Institutions Class II Jakarta.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologilogi 11(3):338–47. doi: 10.30872/psikoborneo.v11i3.11418.
Al Ayyubi, Ibnu Imam, Ai Faridatul Hayati, Elsa Nurul Azizah, Risman Herdiansyah, and Ucu Mirayanti. 2024. “PENDIDIKAN HUMANIS PAULO FREIRE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MI.” Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1(1):1–15. doi: 10.55656/wjp.v1i1.178.
Bu’ulolo, Yanida. 2021. “MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH.” Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) 3(1):16–23. doi: 10.34012/bip.v3i1.1536.
Cahyono, Dedi Dwi, Muhammad Khusnul Hamda, and Eka Danik Prahastiwi. 2022. “PIMIKIRAN ABRAHAM MASLOW TENTANG MOTIVASI DALAM BELAJAR.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 6(1):37–48. doi: 10.52266/tadjid.v6i1.767.
Diana, Hafsah Adha, and Veni Saputri. 2021. “Model Project Based Learning Terintegrasi Steam Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Soal Numerasi.” Numeracy 8(2):113–27. doi: 10.46244/numeracy.v8i2.1609.
Ety, Ety, and Riandi Riandi. 2021. “Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013.” VARIASI: Majalah Ilmiah Universitas Almuslim 13(2):67–72. doi: doi.org/10.51179/vrs.v14i3.
Hanaris, Fitria. 2023. “PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA: STRATEGI DAN PENDEKATAN YANG EFEKTIF.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi 1(1):1–11. doi: 10.61397/jkpp.v1i1.9.
Iskandar, Mochammad Fahmi, Dinie Anggraeni Dewi, and Rizky Saeful Hayat. 2024. “Pentingnya Literasi Budaya Dalam Pendidikan Anak SD: Sebuah Kajian Literatur.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5(1):785–94. doi: 10.54373/imeij.v5i1.723.
Islamiati, Ade. 2024. “MEMAHAMI TEORI BEHAVIORISME DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DAN EFEKTIVITAS DI SEKOLAH DASAR PERFEKTIF PENGGUNAAN STIMULUS DAN RESPON.” Attadib: Journal of Elementary Education 8(2). doi: 10.32507/attadib.v8i2.2212.
Jainuddin, Jainuddin, and Tiffany Celdifa Andilolo. 2024. “Pengimplementasian Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Di UPT SPF SD Inpres Tello Baru II Kota Makassar.” Bosowa Journal of Education 4(2):254–58. doi: 10.35965/bje.v4i2.4555.
Junaedi, Ifan. 2019. “Proses Pembelajaran Yang Efektif.” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 3(2):19–25.
Kartika Dwi Pratiwi, and Binti Maunah. 2024. “Dasar Psikologi Pendidikan Sebagai Penentu Arah Pembelajaran.” Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 8(2):93–105. doi: 10.32585/edudikara.v8i2.341.
Kartini, Iin, Lisa Rahmadani Pohan, Putri Alawiyah A. Lubis, and Sischa Monika Lumban Toruan. 2023. “Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9(1):256–63. doi: 10.51169/ideguru.v9i1.819.
Khotimah, S. H., and M. As’ad. 2020. “Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4(3):491–98.
Kusanti, S. 2022. “Peningkatan Pemahaman Konsep Globalisasi Dengan Model Belajar Behavioristik Di Kelas VI SDN Bendogerit 2 Kota Blitar.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3:661–70.
Laksana, Dek Ngurah Laba. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa SD Kelas Rendah.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 7(1):012. doi: 10.17977/um038v7i12024p012.
Laksmitaningtyas, Aswinda. 2020. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Iklim Sekolah Dengan Perilaku Membolos.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 8(1):57–62. doi: 10.30872/psikoborneo.v8i1.
Lestari, Indah. 2015. “Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(2):115–25. doi: 10.30998/formatif.v3i2.118.
Lubis, Rahmi, Nellinda Syafitri, Risky Nurlita Maylinda, Nurin Nadhira Alyani, Riski Anda, Novi Zulfiyanti, and Ozi Zulfani Surbakti. 2023. “Pendekatan Behavioristik Untuk Anak Disabilitas Intelektual Sedang.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(2):1626–38. doi: 10.31004/obsesi.v7i2.4161.
Magdalena, Mariam. 2018. “Melatih Kepercayaan Diri Siswa Dalam Menyatakan Tanggapan Dan Saran Sederhana Melalui Penguatan Pujian Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP) 1(2):237–45. doi: 10.31539/kibasp.v1i2.282.
Mahmudi, Muhammad. 2016. “Penerapan Teori Behavioristik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian Terhadap Pemikiran Bf . Skinner).” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II 02(01):429–35.
Mahrus, Mahrus. 2021. “Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 3(1):41–80. doi: 10.35719/jieman.v3i1.59.
Mayang, Yesika. 2018. “Hubungan Dukungan Orangtua Dan Motivasi Belajar Dengan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 6(3):352–58. doi: 10.30872/psikoborneo.v6i3.4649.
Mohammad Fajar Shodiq, and Didit Darmawan. 2025. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama.” IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(1):292–307. doi: 10.59841/ihsanika.v3i1.2209.
Mytra, Prima, Andi Asrafiani, Ahmad Budi, Hardiana Hardiana, and Irmayanti Irmayanti. 2022. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Matematika.” JTMT: Journal Tadris Matematika 3(2):45–54. doi: 10.47435/jtmt.v3i2.1253.
Nisa Maghfiroh, Alifia, Muhammad Ferelian El Hilaly Daksana, and Siti Nikhlatus Salma. 2024. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Griya Journal of Mathematics Education and Application 4(1):55–64. doi: 10.29303/griya.v4i1.429.
Nornadia, Muh. Fajaruddin Atsnan, Resi Juliantina Ony, Wanda Hamidah, Raudah, Muslihah, Badilah, Muhamad Sabirin, and Rahmita Yuliana Gazali. 2024. “PERAN GURU DALAM MEMAKSIMALKAN POTENSI SISWA TUNAGRAHITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SLB NEGERI KOTA BANJARBARU.” Differential: Journal on Mathematics Education 2(1):43–53. doi: 10.32502/differential.v2i1.166.
Oktavia, Lusi, and Maemonah Maemonah. 2022. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik B.F Skinner Dalam Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar.” Instructional Development Journal 5(1):53. doi: 10.24014/idj.v5i1.19285.
Pandiangan, Winner Macson, Sahat Siagian, and Harun Sitompul. 2018. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) 11(1):86. doi: 10.24114/jtp.v11i1.11199.
Pettasolong, Najamudin. 2017. “Implementasi Budaya Kompetisi Melalui Pemberian Reward and Punishment Dalam Pembelajaran.” TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(2):38–52.
Puspitasari, Ripka Yuspin, and Gamaliel Septian Airlanda. 2021. “Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(2):1094–1103. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.878.
Rismawati, Thamrin Tayeb, Fitriani Nur, Sri Sulasteri, and Lisnasari Andi Mattoliang. 2024. “Efektivitas Penerapan Model Environmental Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik.” Al Asma : Journal of Islamic Education 6(2):193–201. doi: 10.24252/asma.v6i2.52179.
Ritonga, Dian, and Safrida Napitupulu. 2024. “Implementasi Metode Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Education & Learning 4(1):38–45. doi: 10.57251/el.v4i1.1292.
Riyani, Siti Rosidah, and Veryliana Purnamasari. 2024. “Analisis Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Di SD Negeri Gemah.” ISLAMIKA 6(4):1793–1807. doi: 10.36088/islamika.v6i4.5342.
Robithotul Khoir, Nova, and Afiful Ikhwan. 2022. “Pembelajaran Behavioristik Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Ibadah Siswa.” Jurnal Pendidikan Nusantara 1(3):175–85. doi: 10.55080/jpn.v1i3.36.
Rosyadi, Alfiani Athma Putri. 2021. “ANALISIS BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTROVERSIAL MATEMATIKA.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 9(1):1. doi: 10.20527/edumat.v9i1.9988.
Salsa Bila, Aisyah, Novia Aullani Rohmah, Khotimah Nur Indah Sari, Lailatul Arifah, and Jauhara Dian Nurul Iffah. 2023. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Matematika.” Phi: Jurnal Pendidikan Matematika 7(1):1–10. doi: 10.33087/phi.v7i1.252.
Shahbana, Elvia Baby, Fiqh Kautsar farizqi, and Rachmat Satria. 2020. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9(1):24–33. doi: 10.37755/jsap.v9i1.249.
Shodiq, Sadam Fajar. 2021. “Pengaruh Kepekaan Sosial Terhadap Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat.” Jurnal Basicedu 5(6):5648–59.
Shofiyani, Amrini, Aufia Aisa, and Siti Sulaikho. 2022. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Di MI Al-Asyari’ah Jombang.” Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, Dan Kajian Linguistik Arab 5(2):22–31. doi: 10.32764/al-lahjah.v5i2.2890.
Sidaruruk, Donna Irawati dkk. 2023. “Penerapan Teori Belajar Melalui Pendekatan Behavioristik.” Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2(2):11576–84.
Sinaga, Janes, and Juita Sinambela. 2023. “Strategi Pembelajaran Efektif Melalui Permainan: Pengaruh Permainan Lego Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Kepandaian Pada Anak-Anak.” JIMAD : Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan 1(1):49–59. doi: 10.61404/jimad.v1i1.63.
Sirait, Erlando Doni. 2016. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(1):35–43. doi: 10.30998/formatif.v6i1.750.
Sudarti, Dwi Okti. 2019. “KAJIAN TEORI BEHAVIORISTIK STIMULUS DAN RESPON DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA.” Jurnal Tarbawi 16(2):56–72.
Sukanadi, Ni Wayan Sri, Ni Ketut Suarni, and I. Gede Margunayasa. 2024. “Penerapan Teori Behavioristik Classical Conditioning Oleh I.P Pavlov Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 24(3):2575. doi: 10.33087/jiubj.v24i3.4784.
Sultan, Universitas, Ageng Tirtayasa, Jl Raya, and Jakarta Km. 2021. “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPETENSI ABAD 21 Sumiyati, Nurul Anriani, Yani Setiani.” Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 3(1):43–53.
Suputra, P. Indra Murthi. 2023. “Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi (JPST) 2(2):332–36.
Susilo Wardhani, Hanifah, and Cicih Wiarsih. 2024. “KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS 1 DITINJAU DARI PENGALAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH DAN PERAN ORANG TUA.” Consilium: Education and Counseling Journal 4(2):172. doi: 10.36841/consilium.v4i2.4686.
Suswandari, Meidawati. 2021. “Peran Guru Menstimulus Respon Anak Melalui Teori Belajar Behavioristik The Role of the Teacher in Stimulating Children’s Responses through Behavioristic Learning Theory.” Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development Available 1(1):47–55.
Syafri, Fatrima Santri, Feity Aisya, and Dela Nupita Ramadanniya. 2024. “Lokakarya Pembuatan Buku Cerita Tema Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar.” Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(3):416–23. doi: 10.37478/abdika.v4i3.4149.
Tafonao, Talizaro, and Mohd Kasturi Nor Abd Aziz. 2025. “Pendekatan Behavioristik Dalam Analisis Dan Intervensi Perilaku.” Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan 2(1):66–80. doi: 10.62282/je.v2i1.66-80.
Tahirah, Ilmi, Tasrif Akib, Intisari Intisari, Sitti Nurhidayah Ilyas, Usman Usman, and Fadhilah Fadhilah. 2024. “Peningkatan Konsep Bilangan Melalui Video Pembelajaran Interaktif Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Ahrissa Syadina Takalar.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 6(2):70–83. doi: 10.33387/cahayapd.v6i2.7608.
Tua Siregar, Muammar Sahala, Nofran Purba, Elma Christin Sinaga, and Sio Oktaviana Siahaan. 2024. “ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SD NEGERI 167102 RAMBUTAN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA.” JGK (Jurnal Guru Kita) 8(2):223. doi: 10.24114/jgk.v8i2.53823.
Ulya, Vita Fitriatul. 2023. “IMPLICATIONS OF BEHAVIORISTIC LEARNING THEORY IN PRIMARY SCHOOL LEVEL STUDENT LEARNING.” Journal of Islamic Elementary Education 1(2):12–32. doi: 10.35896/jiee.v1i2.212.
Umam, Hilman Imadul, and Salma Hikmatul Jiddiyyah. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21.” Jurnal Basicedu 5(1):350–56.
Utik Kuntariati, Putu Dian Yuliani Paramitha, and Ni Made Rinayanthi. 2024. “STRATEGI PENGAJARAN BAHASA ASING DALAM KONTEKS MULTIKULTURAL: PENDEKATAN INOVATIF DAN TANTANGANNYA.” Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni 12(2):217–30. doi: 10.59672/stilistika.v12i2.3608.
Viola, Firdha Okta, and Atri Waldi. 2022. “Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Model Problem Based Learning ( PBL ) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN Gugus Gunung Tungga Dharmasraya.” 5(2).
Violeta, Fajar Mustika, and Andi Prastowo. 2024. “Penerapan Pembelajaran Behaviorisme Melalui Program Tahfidz, Pembacaan Al-Qur’an & Literasi (TaPAL) Peserta Didik Di SMPN.” Journal of Education Research 5(4):5610–19. doi: 10.37985/jer.v5i4.1857.
WIDIASTARI, NI GUSTI AYU PUTU, and RYAN DWI PUSPITA. 2024. “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES 2 NAMBARU.” ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 4(4):215–22. doi: 10.51878/elementary.v4i4.3519.
Windasari, Windasari, Viojezsha Valibra Vrachmadhani, and Bella Adinda Risky. 2024. “Analisis Kinerja Manajemen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Di SDN Lontar II Surabaya.” MASALIQ 4(3):600–620. doi: 10.58578/masaliq.v4i3.2895.
Windayani, Ni Luh Ika, Ni Wayan Risna Dewi, Bestari Laia, I. Putu Sriartha, and Wayan Mudana. 2024. “MEMBANGUN KESADARAN MULTIKULTURAL MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 11(2):383–96. doi: 10.38048/jipcb.v11i2.2889.
Wulandari, Diana Ayu, Yaya Sukjaya Kusumah, and Nanang Priatna. 2022. “Eksplorasi Nilai Filosofis Dan Konseptual Matematis Pada Bangunan Keraton Kasepuhan Cirebon Ditinjau Dari Aspek Etnomatematika.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6(3):2536–51. doi: 10.31004/cendekia.v6i3.1421.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v14i1.14411
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Anak Agung Istri Ari Krisna, Ni Ketut Suarni, I Gede Margunayasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id