Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawatan Saluran Akar Dengan Kepatuhan Pasien Saat Menjalani Perawatan Berulang

Dela Puspita Sari, Listiyawati Listiyawati, Novelin Yohana Ompusunggu

Abstract


Latar Belakang: perawatan saluran akar merupakan perawatan untuk meredakan rasa nyeri serta mengembalikan fungsi dan estetika gigi. Perawatan saluran akar secara garis besar terdiri dari tiga tahap yaitu preparasi biomekanis, sterilisasi dan pengisian sehingga dilakukan dalam beberapa kali kunjungan. Berdasarkan studi pendahuluan dibeberapa rumah sakit di Samarinda, ditemukan permasalahan banyaknya pasien yang tidak patuh untuk menyelesaikan perawatan saluran akar hingga tuntas. Salah satu faktor yang memengaruhi ketidakpatuhan adalah kurangnya pengetahuan pasien tentang perawatan yang sedang dijalani sehingga cenderung menghentikan perawatan setelah pasien merasa pengobatannya sudah cukup dan keluhannya sudah hilang. Adanya tingkat pengetahuan yang tinggi dapat meningkatkan keyakinan diri pasien mengenai manfaat yang akan diperoleh jika mengikuti masa perawatan secara rutin dan teratur Tujuan: untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan perawatan saluran akar dengan kepatuhan pasien saat menjalani perawatan berulang. Metode: penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional pada 68 responden yang merupakan pasien yang sedang menjalani perawatan saluran akar di RSUD. Inche Abdoel Moeis, RS Dirgahayu dan RS Pupuk Siaga Ramania. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, kartu kontrol dan checklist kepatuhan. Data diolah dan dianalisis dengan uji Kendall Tau b. Hasil: hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan responden termasuk kategori tinggi sebesar 51,5% dan kepatuhan responden termasuk kategori tinggi sebesar 42,6%. Korelasi tingkat pengetahuan dengan kepatuhan menunjukkan p=0,0000 (p<0,05); r=0,879. Kesimpulan: Disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat pengetahuan perawatan saluran akar dengan kepatuhan pasien saat menjalani perawatan berulang.


Keywords


Pengetahuan, Kepatuhan, Perawatan Saluran Akar

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 2015 Tentang Upaya Kesehatan Gigi Dan Mulut. 2015.

Kementerian Kesehatan RI. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan; 2019.

Cawson RA. Cawson’s Essentials of Oral Pathology and Oral Medicine. 9th ed. China: Elsevier; 2017.

Garg N, Garg A. Textbook of Endodontics. 4th ed. New Delhi: Jaypee Brothers Medical Publishers; 2019.

Torabinejad M, Fouad AF, Shabahang S. Endodontics Principles and Practice. 6th ed. China: Elsevier; 2021.

Kartinawanti AT, Asy’ari AK. Penyakit Pulpa Dan Perawatan Saluran Akar Satu Kali Kunjungan: Literature Review. J Ilmu Kedokt Gigi). 2021;4(2):64–72.

Gopikrishna V. Grossman’s Endodontic Practice. 14th ed. New Delhi: Wolters Kluwer; 2021.

Maulidah I, Roelianto M, Sampoerno G. Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Pasien Terhadap Kepatuhan Menjalani Perawatan Berulang. Conserv Dent J. 2018;8(1):5–10.

Rumate DEA, Wicaksono DA, Yuliana. Kepatuhan Pasien Menjalani Perawatan Saluran Akar Multi Kunjungan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Sam Ratulangi. e-GiGi. 2023;11(2):176–82.

Pakpahan M, Siregar D, Susilawaty A, Mustar T, Ramdany R, Manurung EI. Promosi Kesehatan & Perilaku Kesehatan. Medan: Yayasan Kita Menulis; 2021.

Syahbandi. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Perawatan Saluran Akar dengan Kepatuhan Kunjungan Ulang Pasien Perawatan Saluran Akar. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta; 2020.

Gautam S, Thapa A, Joshi R, Joshi B, Karmacharya A. Knowledge, Awareness and Expectations of Root Canal Treatment: Patients’ Perceptive. J Nepal Med Coll. 2022;24(4):363–8.

Dhanalakshmi M, Balaji A. Patients Knowledge and Attitude in Endodontic Treatment: A Questionnaire-Based Study. Int J Soc Rehabil. 2021;6(1):22–7.

Pratheebha C, Gayathri R, Veeraraghavan VP, Kavitha S. Knowledge, Awareness, and Perception on Root Canal Treatment among South Indian Population - A Survey. J Adv Pharm Technol Res. 2022;13(1):302–7.

Variani R, Obi AL, Ayatullah MI. Analysis of Factors of Patient Compliance with Multi-Visit Root Canal Treatment in Kupang City. J Ipteks Terap. 2022;16(4):669–79.

Tiffany AC. Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Tingkat Kepatuhan Pasien Saat Menjalani Perawatan Endodontik Multi Visit di Rumah Sakit Universitas Brawijaya Malang. Universitas Brawijaya; 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/MOLAR.v5i1.11715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mulawarman Dental Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
Owner: Juice

slot88

slot88

https://nierika.ibero.mx/

https://mktdescubre.espoch.edu.ec/

https://revistas.polinorte.edu.co/

https://nota4dplus.xyz/

https://nota4dhub.xyz/

https://journal.p2ti.com/

https://beritagenz.com

Tips Buy Feature Paling Untung di Gates of Olympus

Kisah Pemain Menang 4 Juta di Sweet Bonanza

Cara Masuk Free Spin Lebih Cepat di Mahjong Ways 2

Publikasi dari ojs.elte.hu : Jam Gacor Hari Ini di Starlight Princess

Cerita Kemenangan Konsisten di Koi Gate

Cerita Tukang Bakso di Banten WD 2 Juta dari Power of Thor — Modal Receh, Hasil Bikin Kaget

Dosen UIN Banten Bongkar Cara Meningkatkan Peluang Menang di Gates of Olympus

Dosen UIN Banten Bongkar Rahasia Main Bigger Bass Bonanza, Pemula Auto Paham

Tukang Tambal Ban Asal Banten Ini WD 4 Juta Bermodal 25K di Mahjong Ways 2, Bikin Heboh Warga

Cerita Mahasiswa UIN Banten Dapat 3 Juta dari Sweet Bonanza Modal Cuma 20K

Dalam 1 Jam, Pedagang Asal Banten Kantongi 5 Juta dari Wild West Gold — Begini Ceritanya

Kuli Bangunan WD 5 Juta Bermodal 25K di Gates of Olympus Awalnya Cuma Iseng Saat Istirahat

Tukang Bakso Asal Banten WD 6 Juta Bermodal 30K di Wild West Gold

Penjual Gorengan di Banten Cerita Momen Tak Terlupa Saat Menang 6 Juta di Sweet Bonanza